Music

LINEUP PHASE 1 JOYLAND JAKARTA 2024: BOMBAY BICYCLE CLUB, BLUEBOY, HINGGA MONO!

Banyak band rock asal Inggris yang berhasil diboyong Joyland Festival Jakarta 2024. Pasti kalian sudah tidak sabar menantikan pengumuman penampil lainnya.

title

FROYONION.COMJoyland Festival Jakarta 2024 baru saja mengumumkan penampilan lineup fase 1. Deretan penyanyi kelas dunia tentunya kembali berhasil didatangkan oleh Plainsong Live sebagai promotor dari festival ini. Salah satu nama besar yang akan tampil ialah kuartet indie rock asal London, Bombay Bicycle Club

Band ini pertama kali ke Indonesia pada tahun 2011. Kini, mereka hadir dengan diskografi yang semakin besar dan siap membawa para penonton dan penikmat lagunya kembali bernostalgia dengan lagu-lagu energiknya di Joyland Festival Jakarta 2024 nanti. 

Beberapa lagu klasik yang sempat hits dan dibawakan oleh Bombay Bicycle Club, misalnya seperti: “Always Like This”, “Shuffle” dan “Luna” di samping materi dari album terbaru One Big Day termasuk “Diving” dan “Meditate”. 

Salah satu single band ini yang sangat booming pada 2019 bertajuk "Racing Stripes" juga sempat sangat populer di kalangan pencinta rock dunia. 

Musim ringan sejak lirik pertamanya ini menjadi salah satu roller coaster emosional yang dilalui oleh para personal Bombay Bicycle Club. Single tersebut yang kemudian menjadi awal dari album baru mereka bertajuk "Everything Else Has Gone Wrong". 

"Kami mengontak Bombay Bicycle Club di Januari 2024, dan mencapai kesepakatan dalam waktu singkat,” kata Ferry Dermawan, Program Director Joyland Festival dalam keterangan resmi yang diterima tim Froyonion.com, Kamis (30/5). 

Bukan cuma band itu saja, Ferry dan tim berhasil memboyong band indie pop asal Inggris, Blueboy. Grup yang sudah ada sejak tahun 90-an ini memang sempat mengumumkan hiatusnya selama beberapa waktu usai wafatnya Keith Girdler, salah satu pendiri mereka, di tahun 2007. 

Namun pada akhir 2023 kemarin, Paul Stewart – anggota pendiri yang satu lagi – mengaktifkan kembali Blueboy dan reuni dengan Gemma Townley, Mark Cousens dan Martin Rose yang pernah menjadi anggota band tersebut di era ’90-an. 

Pada 18 Mei 2024, Blueboy merilis “One”, single pertama mereka dalam 25 tahun, dan di hari yang sama mereka mengadakan pertunjukan spesial untuk merayakan ulang ke-30 album perdana mereka, Unisex.

Nah, lineup ketiga yang diumumkan Joyland juga tidak kalah menarik. Mereka juga akan membawa MONO,band rock instrumental asal Tokyo, Jepang yang sangat legendaris dan selalu berhasil memikat penggemarnya melalui setiap musik yang dibawanya. 

Band ini terhitung sudah empat kali berkunjung ke Indonesia sejak 2008 hingga 2020 lalu. Menariknya, kata Ferry, penampilan MONO di Joyland ini akan menjadi saksi dari rasa cinta band tersebut kepada penggemar mereka di Indonesia. Apakah artinya akan ada kejutan baru yang dibawa MONO di Joyland nantinya? 

Untuk diketahui, MONO terkenal dengan karya-karya ikonis seperti “Halcyon (Beautiful Days)” dan “Ashes in the Snow”. Menurut Ferry, nantinya MONO juga akan membawakan lagu-lagu dari Oath, album ke-12 mereka yang akan dirilis pada Juni mendatang dan direkam bersama legenda yang belum lama ini wafat, Steve Albini.

Daftar penampil Fase 1 di Joyland Festival Jakarta 2024 turut dilengkapi oleh Real Estate, band indie rock veteran asal New Jersey, Amerika Serikat; Automatic, trio post-punk dari Los Angeles, A.S.; Brainstory, trio psychedelic jazz asal Rialto, California, A.S.; John Carroll Kirby, pianis dan produser asal Los Angeles, A.S.; serta Balming Tiger, kolektif musik asal Seoul, Korea Selatan. Nantikan nama-nama seru lainnya dari Indonesia maupun luar negeri yang akan segera diumumkan. 

Di samping para artis di panggung-panggung utama, Joyland Festival Jakarta 2024 akan kembali menghadirkan program-program andalannya yang turut menciptakan pengalaman yang holistik: area White Peacock yang menjadi wahana bagi keluarga untuk bermain, berkreasi dan menikmati suguhan musik spesial bersama; outdoor cinema Cinerillaz yang menayangkan film-film pendek hasil kurasi; panggung Shrooms Garden yang menampilkan komika-komika berbakat; serta Joyland Village yang mendukung bisnis-bisnis makanan, minuman dan produk lokal.

Dari pengumuman lineup fase 1 itu, belum ada nama band-band Indonesia yang akan turut memeriahkan festival ini. Tapi pastinya akan jadi hal yang sangat menarik untu dinantikan kehadiran para band-band lain untuk memeriahkan Joyland nanti. 

Sebagai festival musik yang telah berlangsung meriah setiap tahunnya, penampilan band internasional yang berkualitas selalu menjadi daya tarik utama dari Joland. Lineup yang diumumkan selalu ditunggu-tunggu dan tidak jarang berisi nama-nama besar yang telah lama ditunggu penampilannya di Indonesia.

Bukan cuma itu, Joyland juga menjadi salah satu festival yang berhasil mengkombinasikan berbagai genre, mulai dari indie rock, post-punk, psychedelic jazz hingga instrumental rock dalam satu acara. Konsep acara yang mereka bawa pun selalu menarik untuk dinantikan sehingga setiap tahunnya bisa berhasil menjadi festival yang sukses. 

Kalau kita lihat dari lineup fase 1 yang diumumkan, Joyland ini juga berhasil mempertahankan pamornya sebagai festival yang kerap menjadi ruang bagi band-band internasional melakukan reuni atau kembali tampil di Indonesia setelah waktu yang lama. 

Yang nggak kalah menarik, Joyland bisa menjadi festival lengkap karena juga membawa berbagai program pendukung yang membuat pengalaman festival menjadi lebih lengkap. Ada area untuk keluarga, outdoor cinema, panggung komedi, dan area kuliner yang semuanya dirancang untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi kita semua dalam satu area. 

So, sudah nggak sabar pasti nungguin pengumuman lineup selanjutnya? 

Joyland Festival Jakarta 2024 akan berlangsung di GBK Senayan, Jakarta pada 22-24 November 2024. 

Pra-penjualan tiket Joyland Festival Jakarta 2024 kini sudah memasuki Fase 4 yang menyediakan opsi early entry tiga hari (Rp838.000,-), regular entry tiga hari (Rp938.000,-), dan VIP tiga hari (Rp1.208.000,-). Untuk pembelian tiket serta informasi lainnya, silahkan kunjungi joylandfest.com. Sampai jumpa di Joyland Festival Jakarta 2024, ya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!