Music

LINEUP JOYLAND FESTIVAL FASE 2 DAN HAL-HAL YANG HARUS KALIAN TAHU!

Berikut lineup musisi Joyland Festival 2024 fase ke-2. Penulis mengenalkan para penampil sehingga penonton mudah mengenal mereka, sekaligus mengucapkan terima kasih atas hadirnya Joyland.

title

FROYONION.COM - “This isn’t algorithmic, this is relationships built up through music over time. People, you guys are what makes Joyland the Festival We know and love.” Beginilah kata yang dikeluarkan oleh Ferry Dermawan setelah merilis lineup Joyland Festival fase ke-2.

Sebuah kata yang juga mungkin sangat bisa diamini oleh para penggemar setia festival musik setiap akhir tahun ini.

Joyland Festival yang telah terlebih dahulu membawakan kabar bahwa Bombay Bicycle Club, Blueboy, MONO, Real Estate dan beberapa musisi lainnya menjadi lineup pertamanya kini hadir dengan racikan lineup fase ke-2.

ALASAN JOYLAND JADI FESTIVAL FAVORIT

Sebelum masuk ke barisan musisi di fase ke-2, ada baiknya berkenalan sedikit dengan Joyland Festival dari sudut pandang impresi saya (penulis) yang telah terkagum dengan racikan Mas Ferry.

Joyland Festival merupakan festival ternyaman yang pernah saya datangi, yang memang diakui oleh tim Plainsong sendiri dirancang sebagai festival yang terukur dan tidak muluk-muluk ingin mendatangkan penonton dalam skala banyak.

Menguntungkan penonton sekaligus menguntungkan bagi hasrat si penyelenggara sendiri juga bukan? 

Bisa dibilang, beberapa tahun kedatangan saya ke Joyland Festival, event ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan. 

Menonton Cornelius dalam set—yang setidaknya untuk saya—spesial yang mereka bawa di Joyland Jakarta 2022 menjadikannya penampilan nomor 1 yang akan muncul di kepala saya waktu ditanya, “Penampilan siapa yang paling lu suka di acara musik seumur hidup lu?”.

BACA JUGA: STARS AND RABBIT SOROTI JOYLAND FESTIVAL BALI 2024 YANG RAMAH LINGKUNGAN

Lalu di tahun 2023, ada Glass Beams yang membuat ratusan orang rela hujan-hujanan menonton mereka dengan khidmat. Ditambah barisan lain seperti Interpol, Mew, dan Mildlife yang membuat terperana sepanjang set list mereka.

Konektivitas antara paragraf pembuka dengan beberapa kalimat sebelum kalimat ini semestinya menjadi pondasi yang baik untuk menggaungkan tagar #InJoylandWeTrust, walaupun sudut pandangnya terlalu tajam hanya untuk penonton YTTA (Yang Tau-Tau Aja).

Tapi semestinya Joyland bisa jadi batu loncatan yang baik untuk para penggemar musik in general mendapatkan experience baik dalam mendatangi festival musik. Trust me, it works!

LINEUP FASE KE-2 JOYLAND JAKARTA 2024

Kembali pada barisan musisi fase ke-2 Joyland Festival, mari memperkenalkannya dengan lebih familiar pada pembaca artikel ini.

Dibuka dari St. Vincent sebagai headliner, seniman multi-talenta dari Amerika yang musiknya ‘Rosyln’ hadir dalam film vampir kesayangan kita semua (The Twilight Saga: New Moon).

“Membawa St. Vincent ke Joyland Festival Jakarta adalah sebuah pencapaian bagi Joyland dan untuk saya secara pribadi! Kami mengagumi karya-karyanya yang indah dan sudah tak sabar untuk menyaksikan penampilannya beberapa bulan lagi,” kata Ferry Dermawan, Direktur Program Joyland Festival.

BACA JUGA: FERRY DERMAWAN, ORANG DI BALIK SUKSESNYA JOYLAND FESTIVAL

Menyusul headliner lain, Joyland Jakarta 2024 menghadirkan Air, duo atmospheric pop legendaris asal Perancis. Yang sudah pasti diharapkan membawakan nomor-nomornya dalam album Moon Safari yang mereka rilis tahun 1998 silam.

Dari sekitaran Asia-Australia, ada DYGL dari Jepang, kuartet indie rock asal Korea Selatan Silica Gel; dan Surprise Chef, ansambel instrumental jazz-funk dari pinggiran Melbourne, Australia.

Penampil lokal yang harus ditunggu, hadir dari set spesial Konser Rimpang: Efek Rumah Kaca dan Majelis Lidah Berduri yang mengadakan pertunjukan teatrikal dari Hujan Orang Mati set, serta Lomba Sihir bersama Hindia yang bergabung dalam Pentas Sihir.

BACA JUGA: 6 HAL YANG BIKIN JOYLAND FESTIVAL BERBEDA DARI FESTIVAL MUSIK LAINNYA

Selain itu, White Shoes & The Couples Company tahun ini selaku kurator panggung Lily Pad berhasil meyakinkan Plainsong untuk mendatangkan wishlist-nya. 

Mereka mendatangkan The 5.6.7.8’s dari Jepang yang membawakan “Woo Hoo”, soundtrack di film Kill Bill Vol.1.

Hadir juga veteran dari Korea Selatan Park Daham, dan kolaborasi DJ asal Jepang Masaya Fantasista dan Mikey Varot untuk mengguncang panggung paling intim di Joyland Festival.

Selain itu, lihat barisan musisi Joyland Festival Jakarta 2024 di sini:

Yang juga membuat Joyland Festival lebih ramah pada penonton, adalah hadirnya beberapa stage yang dikhususkan untuk irisan pop culture lain seperti Shrooms Garden dari Soleh Solihun untuk penampil stand-up comedy. 

Cinerillaz pun hadir sebagai area menghela nafas sejenak dari permusikan untuk penayangan film-film pendek.

“Enggak sabar menemukan talenta-talenta hebat masa depan perfilman Indonesia untuk Joyland Jakarta 2024,” kata Joko Anwar.

Cinerillaz juga akhirnya keluar kandang. Akan muncul di Cipete Creative District pada awal Agustus nanti menayangkan sepuluh film pendek yang pernah ditayangkan di Joyland hasil kurasi Alexander Matius, film programmer dari JAFF.

Dan tentunya, White Peacock sebagai area ramah keluarga yang tahun ini menampilkan fasilitas seperti taman bermain sensory play, area sunyi, toko merchandise anak-anak & toko piringan hitam, 

Berbagai aktivitas termasuk orkestra mini dan paduan suara, karaoke aerobik dan pertunjukan teater juga akan hadir di sana.

Menutup artikel penuh kekaguman ini, saran saya lebih cepat lebih baik mengamankan tiket Joyland Jakarta 2024 di joylandfest.com. Kini sudah dijual tiket dalam fase ke-5, ada 3 opsi yang ditawarkan yaitu early entry, regular entry, dan VIP 3-days.

Selanjutnya, selamat menikmati perayaan musiknya. Dan sampai jumpa November nanti di Joyland Festival Jakarta 2024, ya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Maha

Temukan di konter pulsa terdekat.