Music

KEMBALINYA KEGEMBIRAAN LAGU ANAK LEWAT ALBUM ‘RAN FOR YOUR KIDS’

Trio RAN merilis album ‘RAN For Your Kids’, bertepatan dengan Hari Anak Nasional. Mereka hadirkan kembali kegembiraan masa kecil melalui lagu-lagu yang dinyanyikan dalam bahasa Indonesia.

title

FROYONION.COM - Tanggal 23 Juli 2024 menjadi momen istimewa bagi Trio Rayi, Asta, dan Nino yang tergabung dalam RAN. Bertepatan dengan Hari Anak Nasional, mereka merilis album anak berjudul "RAN For Your Kids". 

Album ini lahir dari kepedulian RAN terhadap anak-anak Indonesia yang kini banyak mengonsumsi lagu-lagu dewasa dan lagu berbahasa asing. 

Mereka merasa memiliki tanggung jawab moral untuk memberikan pengalaman yang sama seperti yang mereka alami saat kecil, yakni merayakan kegembiraan melalui lagu yang memiliki nilai-nilai positif, memotivasi, dan dinyanyikan dalam bahasa Indonesia.

Asta Andoko, salah satu personel RAN, mengenang masa kecilnya yang penuh warna dengan lagu anak. 

"Dulu sangat mendengarkan lagu-lagu anak. Banyak memori yang melekat dengan lagu anak. Keceriaan di masa kecil terasa lengkap, seperti saat berangkat sekolah sambil mendengarkan lagu anak yang membuat suasana hati jadi cerah,” ungkap Asta.

Bahkan, saat liburan, mendengarkan kaset lagu-lagu anak menambah keceriaan. Intinya, masa kecil kami jadi lebih menyenangkan," tambahnya. Kenangan akan lagu "Si Lumba Lumba" begitu membekas di hati Asta dan memperkaya musikalitasnya.

BACA JUGA: 

ZEKE AND THE POPO BAWAKAN UNRELEASED SINGLE DI PANGGUNG WE THE FEST 2024

Rayi, yang pernah menjadi penari latar dalam video musik lagu anak "Aku Cinta Rupiah" oleh Cindy Cenora pada tahun 1998, dan Nino, yang selalu terkenang menyanyikan lagu anak Indonesia bersama teman-temannya saat ulang tahun, keduanya merasakan dampak positif lagu anak dalam hidup mereka. 

Pengalaman sentimental ini mendorong mereka untuk menghadirkan kembali semarak lagu anak yang mungkin jarang dinikmati oleh anak-anak Indonesia saat ini di tengah gempuran gawai.

MENGHADIRKAN KENANGAN MELALUI KOLABORASI

RAN berpikir keras tentang cara menghadirkan kembali kenangan masa kecil mereka. Salah satu langkah yang diambil adalah berkolaborasi dengan Kak Seto dan menghadirkan kembali sosok Si Komo. 

"Kami yakin, sebenarnya lagu anak sekarang itu banyak, tetapi tidak terlalu relate dengan orang tuanya. Padahal, pintu masuk ke anak-anak itu pasti melalui orang tua," jelas Nino. Kolaborasi ini diharapkan dapat menjadi jembatan antara anak-anak dan orang tua zaman sekarang.

Album "RAN For Your Kids" berisi delapan lagu, termasuk tiga lagu RAN yaitu “Selamat Pagi,” “Sepeda,” dan “Dekat di Hati,” serta satu lagu anak ikonik dari era 90-an yang digubah sesuai zaman, “Macet Lagi (Si Komo naik MRT)”. 

BACA JUGA: REALITY CLUB RILIS ‘SUNNY DAYS’, PERPADUAN LAGU POP DAN RAP YANG MENGHIBUR

Selain itu, terdapat empat voice over naratif dari Kak Seto tentang universe RAN For Your Kids. Dalam album ini, RAN melibatkan Alvin Witarsa sebagai ko-produser.

"Lagu 'Dekat di Hati' menyampaikan pesan cinta yang bersifat universal, relevan untuk hubungan keluarga maupun persahabatan,” kata Rayi.

Selain itu, lagu 'Macet Lagi' diubah konteksnya untuk mengajak anak-anak menyadari pentingnya menggunakan transportasi publik yang ramah lingkungan," lanjutnya.

MELIBATKAN TALENTA ANAK

Menariknya, RAN juga melibatkan talenta anak seperti Velyn Elsa, Khayla Khay, dan Achmad Barakha. 

Semangat kolaborasi ini mengukuhkan visi RAN dalam mendukung bakat anak Indonesia di bidang musik dengan memberi kesempatan untuk berkarya. 

Ketiga talenta anak ini dipilih melalui proses seleksi yang diikuti ratusan peserta dari seluruh Indonesia.

RAN berkomitmen untuk menghidupkan kembali semangat lagu anak dengan pendekatan yang relevan dan menyenangkan. 

BACA JUGA: LAHIR DARI RASA KHAWATIR DALAM HUBUNGAN, PAMUNGKAS RILIS SINGLE ‘PUTUS’

Album "RAN For Your Kids" dirilis melalui platform streaming digital agar mudah diakses oleh keluarga di seluruh Indonesia. Selain itu, RAN juga melibatkan talenta anak secara langsung, menunjukkan dukungan mereka terhadap bakat-bakat muda di bidang musik. 

Melalui seleksi yang ketat, tiga anak berbakat, yaitu Velyn Elsa, Khayla Khay, dan Achmad Barakha, turut berpartisipasi dalam proyek ini, memberikan warna dan suara yang segar pada lagu-lagu dalam album.

Perilisan album "RAN For Your Kids" dirayakan dengan aktivitas ramah anak di Urban Forest Cipete pada 23 Juli 2024. Sebagai bagian dari perayaan, RAN bekerja sama dengan Bruule untuk merilis mini brownies yang diberi nama “Selamat Fudgy.” 

Mini brownies ini dibuat berdasarkan karakteristik masing-masing personel RAN dan memberi pengalaman utuh dalam menikmati konten "RAN For Your Kids."

Proyek "RAN For Your Kids" ini merupakan bagian dari kampanye yang berkelanjutan untuk membangkitkan kembali semarak lagu anak melalui program-program di sekolah-sekolah. 

RAN berharap inisiatif ini mampu menanamkan kembali semangat lagu anak Indonesia di hati baik anak-anak maupun orang tua. 

Dengan "RAN For Your Kids", trio Rayi, Asta, dan Nino berharap dapat membawa kembali kenangan indah masa kecil melalui lagu-lagu anak yang penuh nilai positif dan kebahagiaan. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhammad Nur Faizi

Reporter LPM Metamorfosa dan menjadi Junior editor di Berita Sleman.