Music

‘HELLO GHOST’: HOROR KOMEDI BERBALUT KISAH PILU DAN HARU!

Tak semua hantu akan mengganggu hidupmu. Siapa tahu hantu-hantu itu justru orang yang paling menyayangimu dan menyelamatkan hidupmu!

title

FROYONION.COM - Korea tak henti-hentinya memberikan inspirasi positif bagi seluruh penggemarnya. Salah satunya adalah film Hello Ghost yang tayang di Korea pada tahun 2010 lalu dan disutradarai oleh Kim Young-tak.

Kesuksesan Hello Ghost di Korea memberikan ide segar bagi sutradara Indra Gunawan untuk membuat kembali film tersebut dengan judul yang sama di Indonesia. Film yang dibintangi banyak artis ternama seperti Onadio Leonardo, Enzy Storia, Indro Warkop, Tora Sudiro, Hesti Purwadinata, dan Ciara Nadine Brosnan ini sukses menyita perhatian penggemar film bergenre horor komedi keluarga.

Tak hanya bertabur bintang saja, alur cerita yang menyenangkan, penuh plot twist, dan pesan moral berhasil membuat siapa saja yang menonton film ini banjir air mata. Meski sudah bisa ditonton langsung melalui kanal video streaming, yuk kita ulas tuntas film Hello Ghost ini.

BACA JUGA: 5 REKOMENDASI TONTONAN HOROR BUAT RAYAIN HALLOWEEN

HELLO GHOST
(Sumber foto: Instagram Onadio Leonardo)

Bercerita tentang sosok laki-laki yang ingin mengakhiri hidupnya

Pada awal cerita Hello Ghost, diceritakan bahwa ada seorang laki-laki dewasa bernama Kresna yang selalu mencoba mengakhiri hidupnya dengan berbagai cara seperti gantung diri, minum racun, hingga menenggelamkan diri. Ajaibnya, setiap percobaan bunuh diri yang ia lakukan selalu saja gagal, sampai ia frustasi mengapa nyawanya tak kunjung melayang.

Kresna mengalami kesedihan mendalam karena sedari kecil ia hidup di sebuah panti asuhan tanpa tahu siapa keluarganya. Kesendirian itu semakin bertambah ketika ia kerap memandang berbagai bingkai foto yang ada di rumahnya dan tampak fotonya selalu sendiri. Itulah alasan utama mengapa ia selalu ingin mengakhiri hidupnya.

Didatangi sosok arwah yang mengganggu

Percobaan bunuh diri yang terakhir membuat Kresna terbaring lemah di ranjang sebuah rumah sakit. Ketika sadar, ia bertemu dengan Suster Linda yang cantik yang ternyata adalah tetangganya sekaligus orang yang menolongnya ketika tenggelam.

Saat sadar, Kresna merasa ada hal yang aneh karena ia didatangi oleh empat sosok yang tak bisa dilihat oleh siapapun. Hal tersebut membuatnya dicap sebagai pasien sakit jiwa yang sedang berhalusinasi.

Semakin lama Kresna sadar bahwa keempat sosok tersebut adalah sosok arwah! Alih-alih merasa takut, Kresna justru merasa terbebani dengan kehadiran empat sosok tersebut yang diketahui bernama Chika (Ciara Nadine Brosnan), Kuatno (Indro Warkop), Lita (Hesti Purwadinata), dan Bima (Tora Sudiro).

Sosok arwah tersebut rupanya punya karakteristik masing-masing dan membawa permintaan yang harus dipenuhi oleh Kresna. Kuatno (Indro Warkop) merupakan seorang kakek yang meminta Kresna untuk menemukan radio antik jadul kesukaannya.

Bima merupakan seorang laki-laki dewasa perokok berat yang ingin dipertemukan kembali dengan angkot yang pernah ia bawa dulu, lalu ingin mengajak Kresna untuk berenang di pantai. Kemudian ada Lita (Hesti Purwadinata) sosok hantu perempuan dewasa yang hatinya sangat sensitif, ia punya permintaan supaya Kresna mau menemaninya belanja di pasar dan masak. Sementara itu Chika (Ciara Nadine Brosnan) yang ingin ditemani bermain sepatu roda oleh Kresna.

Kresna mendapati dirinya tak lagi sendiri!

Kresna yang bingung terpaksa harus menuruti kemauan mereka semua karena hantu-hantu tersebut tak mau pergi dari rumahnya meski ia sudah mengusirnya. Perjalanan Kresna memenuhi semua keinginan keempat hantu tersebut justru berhasil mengubah hidupnya dan membuat jiwanya kembali terisi dengan kebahagiaan.

Kresna merasa bahagia dan menganggap para arwah adalah keluarga barunya. Seiring berjalannya waktu, semua keinginan para arwah terpenuhi dengan baik tanpa Kresna tahu apa maksud dibaliknya.

Kresna menyadari suatu hal bahwa dimanapun ia berfoto dengan para hantu, dirinya tetap tampak selalu sendiri. Kenyataan tersebut sempat mengusiknya, namun teralihkan juga karena kehadiran sosok Linda.

Para hantu menyadari kalau Linda bisa menjadi teman bagi Kresna selamanya, termasuk bisa membuat laki-laki tersebut jatuh hati. Semakin lama Kresna dan Linda semakin dekat, semakin erat juga hubungan asmara keduanya meski belum saling mengakui perasaan masing-masing.

Linda yang diketahui juga memiliki masalah yang tak kalah pelik soal keluarga dan kehadiran seorang Ayah rupanya menganggap Kresna istimewa, namun semua itu hampir sirna ketika Kresna jujur bisa melihat arwah. Menurut Linda, Kresna masih tetap berhalusinasi dan punya masalah kejiwaan.

Konflik mulai terjadi, Kresna kembali terpuruk

Konflik antara Kresna dan Linda membuat dirinya kembali ke masa-masa kelamnya. Linda kecewa dengan pernyataan Kresna saat ia bisa melihat hantu. Tak hanya itu saja, Kresna yang sempat memberi nasihat tentang hubungan Linda dan Ayahnya sempat membuat Linda kesal karena menganggap Kresna tak pernah tahu rasanya punya keluarga namun tetap tidak merasakan kehangatan di dalamnya.

Perseteruan itu membuat Linda semakin menjauhi Kresna hingga Ayah Linda meninggal dunia dan menitipkan pesan untuk Linda melalui Kresna. Pesan tersebut disampaikan oleh Kresna namun tak disangka, hal ini justru membuat Linda semakin menjauhi dirinya.

Karena hal tersebut, Kresna mulai frustasi dan marah besar. Ia pun mengusir seluruh arwah yang ada di rumahnya supaya pergi jauh dan tak lagi menjadi pengganggu dalam hidupnya. Mendengar hal tersebut, keempat arwah merasa sedih dan seketika meninggalkan Kresna sendiri. Kresna pun mulai mencoba bunuh diri lagi, namun ia sadar ini tak akan berhasil dan membuatnya lebih baik.

Kresna sadar akan sesuatu!

Momen terakhir pada film ini menayangkan sebuah scene yang mulai membuat penonton berderai air mata. Pada akhirnya Linda mengakui bahwa Kresna benar-benar bisa melihat arwah dan keduanya kembali dekat.

Suatu hari Kresna mengajak Linda makan kroket buatan bu Lita, sang hantu perempuan melankolis. Di sela-sela perbincangan dengan Linda, Kresna sadar suatu hal yang membuatnya kembali ke masa lalu.

Kresna pun mulai melihat kenyataan bahwa keempat hantu tersebut punya hubungan erat dengannya di masa lalu. Bima adalah Ayah Kresna yang punya janji mengajarinya berenang di laut lepas. Sementara itu Lita adalah Ibu Kresna yang berjanji akan selalu masak makanan kesukaan Kresna dan mengajaknya belanja setiap pagi.

Kresna juga ingat kalau Chika ternyata adalah kakak perempuan yang selalu melindungi dan mengajaknya bermain sepatu roda. Sedangkan Kuatno adalah sang kakek yang selalu suka membawa radio kesayangannya kemanapun ia pergi supaya suasana menjadi riuh bahagia.

Semuanya sirna dan tak bisa terwujud karena keluarga tersebut mengalami sebuah kecelakaan di perjalanan menuju pantai dan yang selamat hanyalah Kresna saja. Diketahui juga yang membantu Kresna tetap hidup dan selalu gagal bunuh diri adalah karena bantuan keempat arwah tersebut yang menginginkan Kresna tetap menjalani hidupnya.

Waktu berjalan, ia pun menangis pilu dan menyesal. Kresna ingin keempat arwah tersebut kembali menemaninya. Tanpa disangka hal tersebut terkabul dan membuat Kresna kembali semangat menjalani hidup. Tak lama berselang, Kresna dan Linda pun menikah hingga dikarunia anak. Kresna sadar kalau selama ini foto-foto yang dipajang tidak sendiri dan ia selalu ditemani hantu-hantu baik yang ternyata merupakan keluarganya.

Hello Ghost mengirimkan pesan moral yang sangat bermakna bagi para penontonnya bahwa bunuh diri bukan solusi akhir dari semuanya. Kalian akan tetap punya hidup yang baik dan masa depan yang cerah jika melihat makna hidup lebih dalam lagi. Tak hanya itu saja, Hello Ghost juga memberikan gambaran positif bahwa cinta keluarga akan selalu ada selamanya meski raga sudah terpisah. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Novia Luciana

Freelance writer merangkap Ibu rumah tangga sekaligus womenpreneur. Suka nulis sejak dulu kala.