Music

HARMONI DI CHERRYPOP 2024, PENASARAN GIMANA LINEUP 'SELAMET BERMUSIK'?

Cherrypop 2024 kembali hadir di Yogyakarta! Nikmati dua hari penuh musik, seni, dan budaya dengan tema 'Selamet Bermusik'. Jangan lewatkan penampilan spesial dan berbagai program menarik lainnya!

title

FROYONION.COM Cherrypop, festival musik yang dinanti-nantikan, akan kembali hadir pada tanggal 10 dan 11 Agustus 2024 di Lapangan Panahan Kenari, Yogyakarta. 

Setelah sukses pada tahun 2022 dan 2023, Cherrypop kali ini mengusung tema "Selamet Bermusik". Tema ini, diambil dari bahasa Jawa 'Slamet' yang berarti 'Selamat', adalah selebrasi rasa syukur untuk para musisi dan band di Indonesia yang telah berdedikasi lebih dari satu dekade. 

Arsita Pinandita, Creative Director Cherrypop, menuturkan bahwa tema ini diharapkan menjadi perayaan yang meriah bagi semua pelaku budaya populer anak muda dari berbagai disiplin.

DERETAN PENAMPIL SPESIAL

Festival musik ini akan menghadirkan tiga panggung yang diisi oleh puluhan penampil dari berbagai genre. Mulai dari band yang baru muncul hingga band legendaris era 90-an, Cherrypop 2024 akan menampilkan berbagai pertunjukan spesial sesuai dengan tema tahun ini. 

Ahmad Sobirin, Director of Festival Cherrypop 2024, menyebutkan bahwa festival ini berusaha menyajikan band dengan genre beragam lintas generasi.

BACA JUGA: HINDIA DAN LOMBA SIHIR SIAP MERIAHKAN HCTS 2024 DI SANUR, BALI

Beberapa penampil yang sudah dipastikan tampil di Cherrypop 2024 antara lain FSTVLST dengan set spesial satu dekade album 'Hits Kitsch', The Upstairs dengan set spesial dua dekade album 'Matraman', Rabu dengan set spesial satu dekade album 'Renjana', Majelis Lidah Berduri dengan set spesial 15 tahun album 'Balada Joni dan Susi', Rumahsakit merayakan '3 Dekade Untuk Semua', dan Morfem merayakan '15 Tahun Jungkir Balik di Skena'. 

Selain itu, penampil lainnya seperti Maliq & D’Essentials, The Sigit, The Adams, Silampukau, Skandal, The Jansen, Dongker, Eleventwelft, Jirapah, The Jeblogs, Kaveh Kanes, Niskala, Reality Club, Tigapagi, Sajama Cut, Doorplant, Serigala Malam, Sukatani, The Backdoor Hours, dan masih banyak lagi lainnya akan turut serta dalam memeriahkan acara ini.

AKTIVITAS MENARIK YANG TAK KALAH ASIK

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Cherrypop 2024 tidak hanya menyuguhkan pertunjukan musik, tetapi juga menghadirkan berbagai aktivitas tambahan yang berlangsung bersamaan dengan festival.

Salah satu program menarik yang akan diadakan adalah Cherry Talk, sebuah program bincang-bincang dengan narasumber dari pelaku industri kreatif dalam skena musik. 

Diskusi ini akan meliputi topik musik, gaya hidup, fesyen, film, koleksi, hingga religi. Selain itu, ada juga Toko Rilisan Fisik, sebuah kolaborasi dengan Jogja Record Store Club. 

Toko ini berbentuk ruangan seperti record store yang menjual rilisan fisik musik dan merchandise band, serta kegiatan seperti signing session, spinning club, hingga lelang rilisan fisik.

Pasar Populer akan menjadi area layaknya pasar yang akan mewadahi 50 tenant makanan dan minuman, serta cinderamata yang berkaitan dengan ekosistem musik. 

Kolektif Corner adalah spot pertemuan antar pelaku kolektif musik dan pegiat skena dari Yogyakarta dan kota-kota sekitarnya. Di sini akan ada beberapa kegiatan seperti talkshow dan diskusi sebagai ajang bertukar pengetahuan dan jejaring. 

Bioskop Rekam Skena, spot menonton film dokumenter musik hasil produksi program Rekam Skena, tahun ini dikemas dalam bentuk pameran audio visual dengan beberapa layar monitor yang memutar dokumenter musik. 

Apresiasi Seni menjadi ruang pajang karya sekaligus praktik artistik berbagi pengetahuan kepada pengunjung festival. 

Live Sablonase, kegiatan cetak sablon langsung di tempat bagi pengunjung yang membawa kaos polos atau medium kain lainnya, juga menjadi daya tarik tersendiri. Desain sablon ini berasal dari beberapa band yang tampil di Cherrypop. 

Lokakarya juga akan diadakan, berkolaborasi dengan media musik Pop Hari Ini, dengan fokus yang selaras dengan tema besar selebrasi band-band yang telah berusia lebih dari satu dekade.

REKAM SKENA DAN PENASKENA

Tahun ini, program andalan Cherrypop, 'Rekam Skena' dan 'Penaskena', akan kembali dilaksanakan. 

Program 'Rekam Skena' mengajak para pecinta musik dan film untuk melakukan penelitian, mengelola arsip, dan memproduksi film yang berkaitan dengan skena musik. Hasil dari proyek ini akan ditayangkan di Bioskop Rekam Skena selama acara Cherrypop 2024 berlangsung.

BACA JUGA: DONGKER GELAR SHOWCASE SPEKTAKULER DENGAN PANGGUNG 360° DI BANDUNG!

'Penaskena' adalah program lokakarya bagi penulis-penulis muda untuk terjun langsung di dunia jurnalisme, khususnya musik. Tahun ini, program ini akan berkolaborasi dengan media musik Pop Hari Ini melalui program Bising Kota. 

Diharapkan program ini dapat menumbuhkan talenta baru di bidang kepenulisan dan mendorong jurnalisme musik menjadi alat untuk memajukan kebudayaan yang digerakkan oleh anak muda yang berpihak pada lokalitas.

KARYA SENI UNIK DWIKY KA

Cherrypop 2024 mengundang Dwiky KA sebagai Commision Work yang bertanggung jawab atas perwajahan visual dalam festival. Dwiky, ilustrator berlatar belakang skena bawah tanah Surabaya-Yogyakarta, dikenal dengan ciri khas objek yang 'dark', humoris, sangar namun tetap tampil ceria dengan warna-warna pop. 

Karyanya sering kali melibatkan kerja sama dengan merek-merek terkenal seperti Vans, Marvel, Google, Dropdead, dan majalah Rolling Stone Indonesia.

Hubungan Dwiky dengan Cherrypop dimulai pada tahun lalu ketika ia menghadiri pertunjukan band favoritnya, Gabber Modus Operandi dan DOM65.

Cherrypop 2024 menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan dengan beragam penampil dan aktivitas menarik. Festival ini menjadi ruang berkreasi, berkorespondensi, dan berselebrasi bagi ekosistem budaya populer anak muda. 

Dengan tema "Selamet Bermusik", Cherrypop merayakan dedikasi para musisi dan band Indonesia yang telah berkarya lebih dari satu dekade. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari perayaan ini pada tanggal 10 dan 11 Agustus 2024 di Lapangan Panahan Kenari, Yogyakarta.

Karcis Cherrypop 2024 bisa didapatkan melalui situs resmi www.cherrypop.id, serta info selanjutnya bisa kunjungi akun sosial media Instagram, Twitter, dan TikTok; @cherrypopfest dan mari berselebrasi bersama di Cherrypop 2024 – Selamet Bermusik! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Hendra Prasetya

Budak startup nyambi freelance