Music

HARD WORK PAYS OFF! STRAY KIDS RAIH PENGHARGAAN GLOBAL K-POP ARTIST DI GOLDEN DISC AWARDS 2024

Boy group jebolan JYP Entertainment, Stray Kids, berhasil raih dua penghargaan bergengsi di Golden Disc Awards 2024 sebagai hasil dari karya dan kerja keras mereka di tahun-tahun sebelumnya.

title

FROYONION.COM - Stray Kids, boy group yang dinaungi oleh JYP Entertainment ini, berhasil membawa pulang dua penghargaan pada pagelaran Golden Disc Awards ke-38 pada Sabtu (6/1) lalu. 

Acara penghargaan yang diselenggarakan secara megah di Jakarta International Stadium (JIS) ini bertujuan untuk memberikan berbagai penghargaan musik kepada musisi-musisi Korea Selatan yang telah membuktikan kemampuan dan popularitas mereka, baik di Korea Selatan hingga global. 

Boy group yang beranggotakan 8 orang ini–Bang Chan, Lee Know, Seo Changbin, Hwang Hyunjin, HAN, Lee Felix, Kim Seungmin, dan I.N–membawa pulang piala Golden Disc Awards untuk kategori Album of the Year dan Global K-pop Artist Award

Golden Disc Awards ke-38
(Dari kiri) HAN, Lee Know, Bang Chan, Hwang Hyunjin, Seo Changbin, Lee Felix, Kim Seungmin, dan I.N saat menerima penghargaan di Golden Disc Awards ke-38. (Foto: Dok Golden Disc Awards)

Kedua penghargaan bergengsi ini mereka raih lewat album 5 STAR yang dirilis pada Juni 2023 lalu. 

BACA JUGA: NEWJEANS JADI PEMENANG ‘SONG OF THE YEAR’ DALAM GOLDEN DISC AWARDS

ALBUM 5 STAR SEBAGAI REKAM JERIH PAYAH STRAY KIDS

Dirilis pada 2 Juni 2023, album 5 STAR oleh Stray Kids ini berhasil meraih sederet prestasi dengan keduabelas lagu yang ada di dalamnya. 

Beberapa di antaranya adalah: 

  1. Ranking 8 dalam Billboard ‘The 25 Best K-pop Albums of 2023’
  2. Ranking 5 dalam Paste ‘The 20 Best K-pop Albums of 2023’
  3. Best Group - Overseas di Asian Pop Music Awards 2023
  4. Top 20 Albums of the Year di Asian Pop Music Awards 2023
  5. Top K-pop Album di Billboard Music Awards 2023
  6. Album of the Year di Golden Music Awards ke-38 (2024)

Tak hanya prestasi, album yang semua track-nya diproduseri oleh member-nya sendiri dalam 3RACHA (Bang Chan, Seo Changbin, dan Han Jisung) ini juga berhasil menjual sebanyak lebih dari 4,93 juta copy pre-order

Stray Kids Golden Disc Awards
Stray Kids saat momen red carpet di Golden Disc Awards ke-38. (Foto: Froyonion/Grace Angel)

“Kami belum tampil, tapi kami udah keringetan,” celetuk Changbin saat menerima penghargaan sambil diikuti tawa Felix.

“Saya rasa, kami mendapat energi tambahan setelah mendapat penghargaan ini. Dan ada banyak orang, tidak hanya kami, yang terlibat di balik pembuatan album ini yang telah bekerja keras di belakang layar. Kami tidak ingin merayakan kemenangan ini sendiri, tapi bersama-sama. Kami juga sangat berterima kasih pada STAY yang selalu mencintai album kami,” sambung Changbin. 

Tak heran jika album ini mendapat penghargaan sebagai Album of the Year yang dianugerahkan Golden Disc Awards ke-38. 

BACA JUGA: TXT JADI BOY BAND FAVORIT FANS INDONESIA DALAM GOLDEN DISC AWARDS

DINOBATKAN SEBAGAI ‘GLOBAL K-POP ARTIST’ SETELAH 5 TAHUN DEBUT

Stray Kids adalah boy group yang dibentuk JYP Entertainment melalui sebuah reality show yang ditayangkan pada tahun 2017. 

Uniknya, anggota dari Stray Kids dipilih sendiri oleh Bang Chan sebagai leader. Setelah melalui serangkaian tes yang melelahkan, akhirnya mereka bisa debut di tahun yang sama, dan mengeluarkan Extended Play (EP) pertama mereka di tahun 2018 berjudul Mixtape. 

Bukanlah hal yang mudah bagi mereka kala itu untuk bertahan di industri musik Korea Selatan. 

Pasalnya, Stray Kids baru mendapatkan kemenangan pertamanya pada acara musik di TV nasional Korea Selatan pada 4 April 2019, tepatnya di M Countdown untuk lagu Miroh.

Stray Kids
Stray Kids saat menerima piala kemenangan pertama mereka di M Countdown. (Foto: Soompi)

Setelah itu, popularitas Stray Kids mulai berkembang pesat baik di Korea Selatan dan global. Hingga akhirnya pada 2022-2023, Stray Kids dapat menggelar tur dunianya yang bertajuk “Maniac”. 

Ditambah lagi dengan prestasi yang mereka raih lewat album 5 STAR. Karya satu ini membuat semakin banyak orang jadi mengetahui dan mengagumi mereka.

Hal inilah yang mendasari penghargaan Global K-pop Artist yang dianugerahkan pada Stray Kids. 

Semoga Stray Kids dapat terus berkarya dan menorehkan lebih banyak prestasi yang akan selalu membanggakan para STAY di seluruh dunia ya! (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.