Music

DABABY, LIL PUMP, LOCO, YUGYEOM, DAN SEDERET MUSISI HIP HOP LAINNYA TAMPIL DI FLAVS FESTIVAL 2023!

Empat line-up rapper internasional telah dipastikan hadir jadi penampil di FLAVS Festival 2023. Kira-kira, siapa lagi yang akan ikut tampil di festival musik Hip hop, Soul, dan R&B terbesar di Indonesia tahun ini?

title

FROYONION.COM – Festival musik Hip hop, Soul, R&B terbesar di Indonesia, yaitu FLAVS Festival 2023, siap digelar kembali. Ini adalah kali ke-2 FLAVS digelar secara offline, setelah pada tahun 2022, untuk pertama kalinya FLAVS digelar secara langsung pasca pandemi.

Bertempat di Allianz Ecopark Ancol, FLAVS mengusung tema ‘Unity’ yang tergambar dari berbagai aspek yang hadir di perjalanan kancah hip hop, soul, dan R&B, serta dengan api kolaborasi antara beragam artis Hip hop yang senantiasa mereka jaga kehangatannya selama ini.

“‘Unity’ dibuat sebagai semangat keberagaman tapi tetap satu dan juga mengangkat 30 tahun Indonesian Hip Hop yang parameternya adalah albumnya Iwa K, Ku Ingin Kembali yang dirilis di tahun 1993,” terang Yacko selaku Program Director FLAVS.

Per hari Rabu (24/05), para penampil lokal diumumkan di acara press conference FLAVS Festival 2023 di bilangan Jakarta Selatan. Sederet penampil yang akan memeriahkan Boombox StageRhyme & Grind StageBounce Stage, serta Downtown Cypher Stage adalah Cécil, DB Mandala, Endah N Rhesa, Farrel Hilal, GAC, Jakarta Tenggelam: BAP., Basboi, ENVY*, Dzulfahmi, Tacbo, Kink Yosev, dan Rai Anvio, Jesicca Janess, Jordy Waelauruw Presents Colo Colo, Kunto Aji, Laze, MALIQ & D’Essentials, Mukarakat, NDX AKA, Northsidekingz, OKAAY, Project Pop, Ramengvrl, Reikko, Salon RNB Presents: Gavendri, Madukina, Moneva, Noni, RL KLAV, Sade Susanto, Saykoji, Soul ID, Soulful, Tiara Andini, dan Yacko.

Lalu, nggak ketinggalan, akan ada penampilan spesial juga di FLAVS Festival 2023, yaitu Tribute To Glenn Fredly: The Bakuucakar Feat. Andmesh, Kaka ‘SLANK’ dan Mutia Ayu, Indonesia Rap Time Machine, FLAVS Nu Icon, hingga dua proyek spesial lainnya yang membawa nafas dari tema ‘Unity’.

Puncaknya, 4 musisi mancanegara bakal membuat ‘pecah’ panggung FLAVS tahun ini. Mulai dari DaBaby (Amerika Serikat), Lil Pump (Amerika Serikat), Loco (Korea Selatan), dan Kim Yugyeom (Korea Selatan).

“Nanti di FLAVS-nya itu sendiri, akan ada wall of history untuk Indonesian Hip hop. Jadi, penonton yang datang bisa tahu sejarah Hip hop di Indonesia,” lanjut Yacko.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian kegiatan menuju FLAVS Festival 2023 juga kembali dihadirkan. Salah satunya lewat FLAVS Nu Icon, ajang pencarian bakat yang berfokus kepada talenta-talenta muda Hip hop di Indonesia. Empat nama muda sudah dipastikan tampil, yakni Chrstpy (Papua), Owwie (Jawa Timur), Raihan (Medan), dan XJonathann (Minahasa).

Diselenggarakan secara online dan offline. Nantinya, para kontestan terpilih dari FLAVS Nu Icon akan menunjukan bakatnya pada 29 dan 30 Juli, meliputi DJ Battle, Beatbox Battle, Freestyle Rap Session, BBoy/BGirl Battle, Open Style Battle, hingga Graffiti Battle yang sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu.

Dan nggak hanya pertunjukan musik serta bentuk perayaan lainnya, FLAVS Festival 2023 juga turut menyuguhkan ‘FLAVS The Hustle’, sebuah market yang merangkum berbagai kegiatan lain kayak thrifting, workshop, trade show, hingga mempertemukan para musisi emerging dengan pihak record label untuk bertukar karya serta menjalin relasi.

Buat kalian yang penasaran sama FLAVS dan ingin nonton di bulan Juli nanti, kalian bisa cek langsung informasi lebih lengkapnya di website-nya FLAVS, ya! (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Garry

Content writer Froyonion, suka belajar hal-hal baru, gaming, dunia kreatif lah pokoknya.