Music

BAND PERUNGGU SIAP DEBUT MANGGUNG KE LIMA KOTA, JAKARTA ABSEN DI TAHUN INI?

Bareng Maul Ibrahim, Adam Adenan, dan Ildo Hasman, Perunggu bakal menyuguhkan penampilan tak terlupakan bagi penikmatnya, Merunggu, dalam tur bertajuk ‘Besok Hari Senin’.

title

FROYONION.COMBersiap mencatat sejarah baru, trio rock alternatif asal Jakarta, Perunggu akan menggelar konser ke lima kota di Indonesia dengan tajuk Besok Hari Senin Tour 2024, mulai tanggal 9 Juni 2024 hingga 4 Agustus 2024. 

Acara ini merupakan rangkaian ibadah tur perdana Perunggu yang eksis sejak 2019, terdiri dari Maul Ibrahim (gitar, vokal utama), Adam Adenan (bass, kibor, piano, vokal latar), dan Ildo Hasman (drum, vokal latar) yang kerap kali disebut sebagai ‘Band Rock Pulang Kantor’.

Perunggu akan melantunkan sejumlah hits seperti ‘Pastikan Riuh Akhiri Malammu’, ‘33x’, dan ‘Biang Lara’ spesial bagi Merunggu (istilah fanbase Perunggu). 

TUR PERUNGGU BESOK HARI SENIN
[Kiri] Adam Adenan, Maul Ibrahim dan Ildo Hasman dalam jumpa pers hari Sabtu (1/6). (Sumber: Creathink Publicist)

Uniknya, tur ini menjadi langkah promosi terakhir album ‘Memorandum’ yang tembus jutaan pendengar di platform musik daring.

“Memorandum dirasa sudah agak kolot, dimainkan dari 2019-2020, jadi ada keinginan ini promosi terakhir,” ucap Maul terkait “Besok Hari Senin Tour 2024”, 19 Mei 2024. “Setelah ini, inginnya (fokus) garap materi baru,” pungkasnya saat ditemui rekan media pada jumpa pers, Sabtu (1/6).

BACA JUGA: PERUNGGU MEMORANDUM SHOWCASE JAKARTA: SEBUAH MEMORI INDAH OLEH BAND ROCK ‘PULANG NGANTOR’

Band yang identik dengan kehadiran trio berlatar belakang sebagai pegawai kantoran ini bakal manggung di lima kota dimulai dari Semarang, Solo, Tangerang, Bogor, dan berakhir di Malang. 

Seperti apa bocoran Besok Hari Senin Tour 2024 dan mengapa Jakarta bukan termasuk wilayah tur yang mereka hadiri? Simak selengkapnya di artikel ini.

CERITA UNIK DI BALIK NAMA BESOK HARI SENIN TOUR 2024

Dari ki-ka personel Perunggu: Maul Ibrahim, Ildo Hasman, dan Adam Adenan. (Sumber: Creathink Publicist)

Bukan Perunggu jika mereka hanya melahirkan ide-ide biasa. Selain album ‘Memorandum’ dan singel ‘33x’ yang fenomenal bagi kalangan pendengar, ada kisah tersendiri di balik penamaan tur perdana mereka ini.

Maul sebagai vokalis utama menanggapi hal ini dengan menggambarkan kesibukan Perunggu yang kerap tampil di hari Minggu dan hampir dari seluruh festival yang mereka hadir dijadwalkan pada akhir pekan, tepat besoknya akan kembali bekerja.

“Itu penggalan dari lirik kami juga yang isinya cukup ikonik karena ketika kita manggung itu selalu ditanya via chat. Dan somehow juga related dengan hari weekends itu kita manggung, jadi semacam konsep hari Minggu aja manggungnya. Kita juga sering dapat jadwal festival di hari Minggu,” ujarnya.

Meski begitu, mereka merasa menikmati dan menjadikan penampilan di akhir pekan sebagai sarana menyegarkan kembali dari kepenatan sebagai pekerja kantoran yang sehari-harinya sibuk terlepas dari passion di dunia musik.

AKTIVASI MENARIK SELAIN BERDENDANG DI BESOK HARI SENIN TOUR 2024

Bocoran tentang kemeriahan yang akan datang di Besok Hari Senin Tour 2024 dimeriahkan berbagai aktivasi menarik sekaligus menghibur penonton yang telah hadir. Di antaranya tata panggung, pameran poster, dan merchandise eksklusif.

“Pertama mulai dari panggung, nanti panggungnya agak lebih unik daripada panggung lainnya. Dan kita diberikan kebebasan untuk menciptakan panggungnya seperti apa,” ucap Ildo.

“Selain itu kita juga menyediakan aktivasi menarik seperti sayembara poster yang telah terselenggara sebelumnya. Nah, poster terpilih akan kita cetak dan dipamerkan di area konser. Total ada ratusan pengirim poster kepada kami,” timpalnya.

Ratusan poster itu merupakan karya peserta sayembara poster terpilih hingga 1 Juni 2024. Poster mewakili setiap kelima kota Besok Hari Senin Tour 2024 dan pemenang mendapatkan uang tunai senilai Rp500.000, 2 tiket masuk, dan bertemu langsung dengan personel Perunggu.

JAKARTA ABSEN DI TAHUN INI HINGGA RENCANA ALBUM KEDUA?

Alih-alih memilih Jakarta sebagai urutan pertama, Perunggu menetapkan Tangerang sebagai wilayah terdekat yang akan digelar pada 16 Juni 2024. Maul mengungkapkan alasan di balik fakta mencengangkan ini.

“Ada 2 poin utama, sih. Pertama, kita memilih kota yang belum pernah didatangi. Poin kedua, kami juga survey dengan cek numbers biar bisnis juga berjalan lancar dengan promotor serta dilihat analisis jumlah pendengar baik online atau offline yang paling mendekati,” terangnya.

Kilas balik saat Perunggu tampil sebagai pembuka konser Sheila on 7 di Jakarta juga menjadi jawabannya. Ketiga sekawan ini ingin Perunggu bisa lebih dekat dengan Merunggu yang berada di wilayah atau kota lainnya.

Soal rencana merilis album berikutnya setelah ‘Memorandum’, Ildo sang drummer masih merahasiakan waktu yang tepat. Terlebih, kini mereka dihadapkan padatnya jadwal pentas dan kesibukan bekerja.

“Apakah album kedua akan ada? Sejujurnya sekarang kita lagi ngumpulin lagu dan ternyata nggak semudah itu. Berbeda dengan album ‘Memorandum’ yang rilis saat pandemi itu lebih mudah dan di next album agak lebih challenging karena kita udah commuting berangkat ke kantor,” pungkasnya.

Ibadah Besok Hari Senin Tour 2024 digarap bersama Signature Time selaku sponsor dan promotor Katarsis Live yang juga bekerja sama dengan event organizer lokal di setiap kota. Diharapkan industri kreatif semakin berkembang khususnya belantika musik lokal.

Dapatkan tiket normal festival dan bundle merchandise yang masih tersedia. Akses melalui tautan pada bio Instagram @perunggu_ atau situs tiptip.id secara terbatas. Amankan tiket kalian sekarang wahai Merunggu! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas