Music

AXEAN FESTIVAL 2024: MERAYAKAN MUSIK DI SURGA TROPIS BALI

AXEAN Festival 2024 akan diadakan di Bali, Indonesia, pada tanggal 28-29 September, menghadirkan lebih dari 40 musisi dari 14 negara dengan latar panorama tropis yang memukau.

title

FROYONION.COM - Setelah meraih kesuksesan besar dengan menggelar acara di Singapura selama dua tahun berturut-turut (2022-2023), AXEAN Festival kembali dengan mengumumkan destinasi tropis baru yang berjarak ribuan kilometer dari basis awalnya. 

Kali ini, AXEAN Festival akan diselenggarakan di Bali, Indonesia, pada tanggal 28-29 September 2024. 

Sebagai festival musik intra-regional pertama di Asia Tenggara, AXEAN siap menggelar pertemuan di Jimbaran Hub, yang terletak di selatan pulau, menawarkan panorama alam yang hijau dan pesona matahari terbenam yang memukau.

Mengadakan festival di Bali adalah strategi yang cerdik yang diambil oleh AXEAN Festival untuk memperluas jangkauan dan menarik lebih banyak penikmat musik dari berbagai negara. 

BACA JUGA: ‘JUMPA LAGI NANTI’ JADI SINGLE PERTAMA BERBAHASA INDONESIA DARI TANJUNG

Piyapong Muenprasertdee, salah satu pendiri dan pemimpin tim AXEAN Festival, mengungkapkan visi festival ini adalah menjadikannya sebagai acara skala regional yang mengubah negara tuan rumah setiap tahun. 

Muenprasertdee mencatat bahwa sebagian besar pasar musik Asia Tenggara sangat domestik atau hanya menerima artis barat dan k-pop ketika berbicara tentang artis internasional. 

Oleh karena itu, jika AXEAN Festival dapat membantu artis lokal menembus batas wilayah, akan ada lebih banyak peluang bagi mereka untuk mengembangkan basis penggemar internasional. 

Bali, dengan pesona tropisnya dan kancah musik yang berkembang, dipilih sebagai lokasi yang sempurna untuk menggelar acara tahun ini.

AXEAN Festival 2024 akan dipusatkan untuk pelaku industri saling berjejaring di pagi hari, diikuti dengan acara puncak festival yang menampilkan lebih dari 40 musisi dari 14 negara. 

Dengan latar belakang yang indah dan suasana yang santai, festival ini menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan bagi semua peserta.

SUSUNAN ARTIS GELOMBANG PERTAMA

Edisi AXEAN Festival tahun ini menampilkan susunan artis yang beragam namun dikurasi secara strategis dari berbagai penjuru Asia Tenggara dan seluruh dunia. Susunan artis tersebut termasuk:

- At Adau (MY)

- Batavia Collective (ID)

- bird. (PH)

- Common People Like You (TH)

- COTERIE (AU)

- crwn (PH)

- Dialog Dini Hari (ID)

- Funkindustry (FR)

- Gabe Watkins (TH)

- Grrrl Gang (ID)

- HARIKUYAMAKU (JP)

- I’mdifficult (TW)

- Josh Makazo (SG)

- lightcraft (ID)

- Linying (SG)

- LUSS (TH)

- M-Fatt (KH)

- Maki (PH)

- Milledenials (ID)

- mindfreakkk (TH)

- Munimuni (PH)

- Muri (PH)

- Norith & YuuHai (KH)

- Puman (CH)

- Rangga Jones (SG)

- RuthKo (KH)

- San & The Workshop (SG)

- Skandal (ID)

- The Dinosaur's Skin (TW)

- The Hertz (HK)

- Tuimi (VN)

- Uudee's Swashbuckling Dandies (MN)

- Vanthan (KH)

- VVAS (TH)

HARAPAN AXEAN FESTIVAL DENGAN KAMP PENULISAN LAGU

Kamp penulisan lagu diharapkan akan membantu menciptakan lingkungan untuk mendorong lebih banyak kolaborasi artistik dan memperluas basis penggemar lintas batas. 

Selain beberapa artis yang tampil tahun ini, beberapa alumni, penulis lagu tamu, dan produser juga diundang untuk membuat acara ini lebih menyenangkan dan produktif. 

AXEAN Festival berharap bahwa musik baru yang keluar dari kamp ini akan membawa pengaruh besar dalam industri musik regional.

Festival ini menampilkan bakat musik dari Asia Tenggara dan sekitarnya, seraya menyediakan tempat bagi artis dan profesional industri musik dari seluruh dunia untuk terhubung melalui peluang jaringan tatap muka yang tulus. 

Edisi terbaru AXEAN Festival, yang diadakan di Goodman Arts Centre, Singapura, antara 27-29 Oktober 2023, diikuti oleh:

  • 50 artis termasuk 39 artis dari seluruh 10 negara ASEAN dan 11 artis internasional dari Prancis, Hong Kong, India, Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan.
  • 74 pembeli talenta internasional atau "delegasi" dari 16 negara yang berlokasi di Asia Tenggara, Australia, Eropa, dan Amerika Utara.
  • Lebih dari 6.000 penonton diperkirakan hadir selama dua hari acara.

AXEAN Festival terus berinovasi dan berkembang, membawa lebih banyak artis dan pecinta musik bersama dalam perayaan kreativitas dan keragaman musik Asia Tenggara. 

Dengan edisi terbarunya yang diadakan di Bali, AXEAN Festival diharapkan akan semakin memperkuat posisinya sebagai platform utama untuk pertukaran budaya dan musik di wilayah ini. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhammad Nur Faizi

Reporter LPM Metamorfosa dan menjadi Junior editor di Berita Sleman.