Music

ALBUM MASA SMA DARI THE HOURS OF SILENCE YANG BERISI 10 LAGU AKHIRNYA RAMPUNG

The Hours of Silence adalah band yang digawangi oleh Anda Perdana, Yuka, Quiddo, dan Rendi. Keempat alumni SMA Pangudi Luhur tersebut akhirnya merampungkan album yang mereka cicil sejak masa SMA.

title

FROYONION.COM - Mungkin kalian sudah familiar dengan nama Anda Perdana. Jauh sebelum dirinya yang saat ini berusia 51 tahun, Anda juga menjadi bagian dari band masa SMA bernama The Hours of Silence (THoS).

Personil THoS antara lain Anda Perdana (gitar), Yuka (vocal), Quiddo (drum), dan Rendi (bas). Mereka semua berasal dari satu angkatan yang sama dari SMA Pangudi Luhur (PL).

BACA JUGA: FEAST YANG LAMA SUDAH MATI, FEAST YANG BARU RILIS ‘MEMBANGUN DAN MENGHANCURKAN’

Album yang baru mereka rampungkan berjudul Late Bloomers (2024). THoS pun mengadakan event screening pada Jumat (6/9) di BATI Group Jakarta, dan memutar video klip dari 10 lagu yang terdapat di album barunya.

Screening session tersebut berhasil bikin pendengar jadi merasa lebih dekat dengan musisi dan karyanya. Lagu "Middle-Aged Man" jadi nomor favorit karena terasa bagus dari banyak segi, misalnya dari segi lirik dan kualitas video klip.

JALAN PANJANG MENUNTASKAN ALBUM PERDANA

Sebelum utuh menjadi album penuh, THoS sempat merilis E.P dalam format kaset dan kerap diundang menjadi bintang tamu di beragam acara lantaran musiknya yang terbilang unik.

“Kami mulai rekaman album ini pada 2021. Single “Silence Remain” jadi yang pertama direkam,” terang Yuka dalam press conference.

“Setelah itu kami melewati perdebatan antara rilis single dulu atau langsung album. Akhirnya kami sepakat untuk gas pol bikin album,” tambahnya.

BACA JUGA: DICK DALE DAN SELAYANG PANDANG PERJALANANNYA DALAM DUNIA ROCK

Lagu yang mereka tulis dan berusia paling tua salah satunya adalah “Across the Sky”. Lagu tersebut mulai ditulis pada 1990, lalu disempurnakan pada 2023 kemarin.

Upaya THoS dalam merampungkan album Late Bloomers rasanya patut untuk diapresiasi atas jerih payahnya dalam menyelesaikan yang mereka mulai.

THoS berharap semoga yang mereka lakukan bisa jadi trigger untuk band yang seangkatan dengan mereka untuk terus berkarya lewat musik.

PENGGARAPAN ALBUM YANG SERIUS

Keseriusan penggarapan album Late Bloomers oleh THoS terbukti dari banyak upaya mereka yang tampak, salah satunya adalah melibatkan musisi yang usianya lebih muda sebagai kolaborator, sekaligus rekan diskusi. 

Beberapa musisi yang terlibat dalam pengerjaan album ini antara lain Endah Widiastuti (Endah n Rhesa), Leonardo Ringo (Zeke and the Popo),  Stella Gareth (Scaller), Stephanus Adjie (Down For Life), Raissa Faranda (Noon Radar), dan Ami Yokoyama. 

BACA JUGA: TABRAKLARI LEPAS 21 LAGU LIAR DALAM ALBUM ‘KELUAR TUMBUH LIAR’

Berawal dari kebiasaan Anda dan Yuka yang suka bermain gitar di kelas ketika jeda pelajaran. Musik ternyata membawa mereka lebih jauh hingga perilisan album Late Bloomers di usia mereka yang sudah tidak muda lagi.

THoS bekerja sama dengan Berita Angkasa untuk proses kreatif di luar dapur rekaman yang masih berkaitan dengan materi album. Video klip lagu "Middle-Aged Man" oleh THoS yang menampilkan Tora Sudiro pun sudah bisa kalian saksikan di YouTube mulai Rabu, 11 September.

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung