Music

5 REKOMENDASI FESTIVAL MUSIK DI YOGYAKARTA YANG LAYAK DISAMBANGI DI TAHUN 2023

Berikut adalah rekomendasi festival musik yang bisa dan layak kalian hadiri di Yogyakarta pada Juni – Oktober mendatang.

title

FROYONION.COM - Tahun ini animo untuk mengadakan dan menyaksikan konser musik di Indonesia terbilang masih sangat tinggi. Pihak promotor di berbagai kota maupun daerah masih bersemangat untuk mengadakan festival musik, salah satunya di Yogyakarta. Bisa diklaim bahwa daerah ini menjadi salah satu penyumbang acara musik terbanyak di Indonesia, baik yang sifatnya rutin diadakan setiap tahunnya maupun acara musik yang baru menunjukan geliat eksistensinya. 

Pun bagi kita yang mendambakan banyak musisi/band favorit dalam satu panggung, menghadiri festival musik adalah jawabannya. Nah berikut ini adalah 5 festival musik yang bisa kalian hadiri di Yogyakarta pada Juni – Oktober 2023. 

1.     IRAMA GEMBIRA 

Temu Creative sepertinya sedang gencar-gencarnya dalam membuat acara musik di Yogyakarta. Seperti acara yang sukses diadakan sebelumnya ada Honestly Concert dan Bonafide Project. Dan kini mereka membuat festival musik lagi dengan mengusung nama Irama Gembira yang akan diadakan pada 17-18 Juni 2023 di Lapangan Parkir Mandala Krida, Yogyakarta. 

Para penampil yang akan memeriahkan festival ini antara lain ada The Changcuters, Hivi!, Juicy Luicy, The Panturas, Perunggu, Coldiac, Good Morning Everyone, Rfrnds, Kiarakelana. Dari poster acara, masih ada satu penampil lagi yang belum tuntas untuk diumumkan, siapakah dia dan detail informasi lainnya bisa kalian pantengin akun Instagram @iramagembira.

2.     PRAMBANAN JAZZ FESTIVAL 

2023 menjadi tahun ke sembilan bagi acara yang rutin diadakan di kompleks Candi Prambanan. Acara yang kental dengan nuansa Jazz-nya ini juga terbilang selalu mencuri perhatian bagi siapa saja yang turut menghadirinya. Bagaimana tidak, Prambanan Jazz dari tahun ke tahun acap menghadirkan penampil-penampil yang namanya tidak asing bagi khalayak ramai dan kerap membawa kesan nostalgia bagi yang menghadirinya. 

Untuk tahun ini acara yang dipromotori oleh Rajawali Indonesia akan menghadirkan puluhan penampil papan atas dari skala lokal maupun internasional. Sebut saja para penampil lintas negara ada Bond, Lucky Chops, Gemini, Seafret dan lain sebagainya. Lalu dari kalangan musisi Indonesia antara lain Kahitna, Kla Project, Nadin Amizah dan masih banyak lagi. Bahkan ada juga penampilan kolaborasi seperti Dewa 19 feat Ari Lasso, Virzha, Ello, Arsy Widianto feat Tiara Andini, dan beberapa kolaborasi lainnya. 

Pun tidak main-main, puluhan penampil itu akan memeriahkan Prambanan Jazz 2023 yang bertemakan “The Magical Experience” selama 6 hari. Dari Minggu pertama di tanggal 07, 08, 09 Juli 2023. Lalu di pekan kedua dari tanggal 14, 15, 16 Juli 2023. Untuk keterangan tiket dan detail lainnya silahkan meluncur ke akun Instagram @prambananjazz.  

3.     CROWDLAND FEST 

Kalau kalian penyuka musik dengan genre keras yang membuat ingin surfing, moshing, stage diving, CrowdLand Fest 2023 sangat cocok untuk dihadiri. Lantaran memang pihak penyelenggara yakni Sunshine Creative akan menghadirkan band-band yang membuat para penonton bisa melupakan hari esok. 

Acara ini akan diadakan pada 29-30 Juli 2023 di Mandala Krida, Yogyakarta dengan deretan penampil yang tidak main-main . Seperti ada Morfem, Barasuara, The Dare, Stars and Rabbits, Skandal, The Sigit, Kelompok Penerbang Roket bersama Eka Annash, FSTVLST, Perunggu, dan Danilla. Dari pamflet acara, terlihat masih akan ada tambahan penampil lain yang siap meramaikan festival tersebut. 

Harga tiket CrowdLand Fest 2023 ini dari kategori early bird dipatok Rp. 160.000 kategori 2 day pass, presale 1 Rp. 250.000 dan pre-sale 2 Rp. 150.000 untuk daily pass dan Rp 250.000 untuk 2 day pass. Untuk selengkapnya bisa cek akun Instagram @crowdlandfest.

4.     CHERRYPOP FESTIVAL 

Setelah sukses mengadakan Cherrypop Festival yang pertama, tepatya pada 25 Juni 2022 lalu,  pihak penyelenggara yakni iKonser akan mengadakannya kembali pada 19-20 Agustus 2023 di Asram Edupark, Yogyakarta.  Dan untuk kali ini Cherrypop berkolaborasi dengan media ternama asal Jogja, yakni Mojok.co. 

Festival yang mengusung tema “Swasembada Musik” ini akan menyuguhkan puluhan penampil yang memiliki ciri khas sebagai sub kultur anak muda. Bahkan ada beberapa penampil dengan label “band mitos”, hingga penampil yang membuat publik geleng-geleng kepala. 

Seperti ada Jenny, lalu Southern Beach Terror, band surf rock pertama di Indonesia dan baru baru selama 2 kali semenjak berdiri pada 2005 silam, dari kalangan band mitos seperti Seek Six Sick dan Majelis Lidah Berduri. Di luar semua itu masih banyak band lain yang bisa disaksikan di Cherrypop 2023 seperti Efek RUMAH Kaca, Lomba Sihir dan puluhan lainnya. 

Tidak kalah penting juga, khalayak yang hadir di Cherrypop 2023 bisa menikmati berbagai suguhan di luar pentas musik. Suguhan-suguhan itu antara lain Pemutaran dokumenter musik, pameran seni rupa, Kelas Menyambal, Putcast Live, Stand Up Comedy dan lain sebagainya. 

Untuk tiketnya sendiri Cherrypop Festival 2023 mematok harga yang relatif aman di kantong. Sesuai lah sama UMP Yogyakarta. Tiketnya ini dibanderol dari mulai 150 ribu untuk early birdday pass. Tapi tiket itu sudah habis terjual, walau demikian masih ada pre-sale 2 dengan harga 250 ribu dan 150 ribu untuk harian. Masih amanlah untuk karcis di suatu festival musik. 

5.     CRSL CONCERT 

Bisa dibilang promotor musik Indonesia yang memiliki latar belakang sebagai brand terbilang jarang. Tapi sedikitnya itu, ada salah satu brand yang memilih jalan untuk mengadakan festival musik. Adalah CRSL yang akan mengadakan festival musik dengan tajuk CRSL Concert. Festival ini akan diadakan pada 15 Oktober 2023 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta. Pemilihan tempat indoor menjadi solusi konkret bagi para penonton yang mengkhawatirkan acara musik “kacau” karena hujan. Jadi kalau pun ada hujan para penonton masih bisa menikmati acara musik itu dengan riang gembira. 

Adapun para penampil di CRSL Concert berasal dari 1 artis internasional dan 7 artis nasional. Namun hingga saat ini semua penampil belum ditunjukan. Baru ada Nadin Amizah yang sudah pasti akan mengisi acara musik tersebut. Bagi yang penasaran, informasi tiket dan lengkap lainnya bisa kepoin Instagram @crsl.concert.

Itulah 5 rekomendasi festival musik di tahun 2023 yang akan digelar di Yogyakarta. Tentu masih banyak lagi acara-acara musik di Yogyakarta baik skala gigs maupun festival yang belum sempat dituliskan. Tapi terlepas itu, kita semua tentu berharap bahwa acara-acara musik tersebut bisa berjalan dengan lancar, pun lebih bagusnya lagi ketika acara musik itu bisa memberi kesan yang menempel di hati dan benak yang menyaksikannya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Khoirul Atfifudin

Masih berkuliah di Universitas Mercu Buana, Yogyakarta. Saat ini sedang memiliki ketertarikan pada dunia musik dan tulis-menulis.