Music

25 ISTILAH SKENA MUSIK YANG SERING MUNCUL DI TAHUN 2023

Istilah-istilah musik ini bisa jadi sering kamu dengar atau bahkan sebutkan, namun apakah kamu tahu maksudnya?

title

FROYONION.COMSkena musik memiliki bahasanya sendiri. Terkadang istilahnya sering kita sebutkan atau dengar tapi kita sendiri bingung dengan maksudnya. Begitupun dengan singkatan-singkatan yang berhubungan dengan skena musik yang sering kita pakai, tapi kita bingung kepanjangannya apa?

Pada artikel ini menyusun istilah-istilah dunia skena musik yang sering kali muncul. Semoga bisa membantumu sebagai referensi dalam menambah pengetahuanmu. 

1. ALBUM

Kumpulan lagu yang rilis secara bersamaan dengan nama yang unik. Bentuknya bisa CD maupun vinyl. Namun, di era sekarang album sudah dapat diakses secara digital di berbagai layanan musik.

2. BANDCAMP

Website yang ramah bagi musisi baru yang memungkinkan artis dan label membuat toko independen untuk menjual karya mereka. Tanpa bekerja bersama label dan layanan distribusi besar.

3. BROADCAST

Pemutaran ulang lagu kepada para penggemar melalui berbagai media seperti radio dan TV, serta dalam sebagai musik latar seperti di bar atau toko buku.

4. KATALOG

Kumpulan karya dari satu atau sekelompok artis. Pemilik katalog musik memiliki hak cipta atas karya-karya tersebut, yang berarti mereka memiliki hak eksklusif untuk memproduksi, mendistribusikan, dan membuat karya turunan berdasarkan komposisi. 

5. COMPILATION ALBUM

Kompilasi album yang berisi rekaman yang menampilkan berbagai artis atau lagu-lagu terbaik dari satu artis. Misalnya ‘Elvis Golden Records’ berisi lagu-lagu terbaik Elvis Presley.

BACA JUGA: TERNATE BUKAN HANYA REMPAH, ADA SKENA MUSIK ALTERNATIF JUGA

6. COPYRIGHT

Hak cipta yang memberikan perlindungan untuk karya-karya original dari penjiplakan. Artis pemegang hak cipta dapat mengontrol lagunya didistribusikan atau digunakan oleh pihak lain. 

7. COVER

Cover dapat bermaksud untuk rekaman dari seseorang yang bukan penulis asli lagunya. Misalnya "Si A" menyanyikan lagu dari The Beatles "Yesterday". "Si A" sedang melakukan cover. 

8. DEMO

Sampel rekaman dari artis atau band yang masih terdengar mentah atau kurang enak didengar karena masih versi awal “lagu yang sedang dikerjakan.”

9. EP

Singkatan dari “extended play”. EP biasa disebut sebagai mini album karena hanya berisi sekitar tiga sampai 6 lagu. Artis atau band pendatang baru biasanya merilis EP dulu baru membuat Album kemudian.

10. EPK

“Electronic Press Kit” merupakan aset promosi digital yang biasanya dikirim oleh tim humas dari sang artis atau band ke jurnalis, radio atau label rekaman. Untuk diberikan ringkasan karir dan karya terbaru artis tersebut. EPK biasanya terdiri dari rilis pers, gambar promosi dan link media sosial. 

BACA JUGA: PAKAI KAOS BAND TAPI GA TAU LAGUNYA? HATI-HATI KENA 'TILANG' POLISI SKENA

11. E/EXPLICIT

Biasanya menjumpainya dengan simbol “E” di berbagai platform streaming musik. Eksplisit menjadi tanda bahwa lagu mengandung kata-kata umpatan, bahasa yang secara umum dianggap tak pantas. 

12. INDIE/INDEPENDENT

Indie memiliki beragam arti untuk merujuk pada label rekaman, penerbitan, gaya bermusik, yang independen. Umumnya label ‘indie’ diklasifikasikan untuk produk yang dipegang oleh distributor yang tidak dimiliki oleh perusahaan besar.

13. MAXI SINGLE

Tipe single musik yang berisi lebih banyak lagu daripada single biasa. Maxi single sering kali menyertakan remix atau versi alternatif dari sebuah lagu, membuatnya lebih panjang. 

14. MERCHANDISE

Foto, stiker, baju, CD, vinyl, poster, atau desain eksklusif lain milik artis atau band untuk dijual kepada penggemar baik lewat online  atau membuka booth saat sedang ada konser.  

15. PLAYLISTS

Koleksi lagu dari satu atau beragam artis yang telah dikumpulkan menjadi karena konsep tertentu. Misalnya di platform Spotify yang mengelompokkan lagu berdasarkan suasana hati atau bahkan hanya sebuah tema lirik tertentu. 

BACA JUGA: 5 REKOMENDASI TEMPAT BELI KAOS BAND LUAR DAN LOKAL

16. RIDERS

Sering banget istilah dijumpai di sosial media. Riders adalah bagian dari kontrak yang menetapkan tambahan-tambahan dari artis yang harus disediakan promotor. Hal ini biasanya berupa makanan atau minuman khusus, tapi riders bisa lebih luas dari itu tergantung situasi dan request dari sang artis atau band tersebut. 

17. RETRO

Meniru gaya musik masa lalu, namun rekaman dibuat baru agar menambah kualitas rekaman. Retro bertujuan untuk membangkitkan nostalgia.  

18. RECORD

Media apa pun yang digunakan untuk mentransfer suara yang direkam. Istilah ini biasanya digunakan pada vinyl dengan rekaman suara di dalamnya. 

19. RECORD LABEL

Label rekaman adalah perusahaan untuk memproduksi, mendistribusikan, dan mempromosikan lagu musisi yang berada di bawah payung mereka. 

20. RIFF/REFF

Reff-nya enak banget, nih lagu”. Bagian dari lagu yang diulang-ulang, menjadi bagian paling menarik pada sebuah lagu yang memberikan struktur dan karakter pada sebuah lagu. 

21. ROYALTI

Biaya yang dibayarkan kepada pemilik hak lagu (label rekaman, komposer, dan artis) bagi yang menggunakan karya mereka. Ketika lagu digunakan pihak lain, musisi otomatis akan mendapatkan komisi akan hal tersebut.

22. SET/SETLIST

Jumlah lagu yang dimainkan saat tampil di atas panggung. Biasanya dicetak pada secarik kertas, kemudian bisa diberikan kepada penggemar ketika selesai manggung. 

23. SINGLE

Jenis rilisan lagu yang paling pendek waktu pemutarannya dibanding album, EP, dan maxi single. Single gampangnya bisa disebut "satu lagu." 

24. VINTAGE

Vintage rekaman antik untuk periode waktu, yang berarti waktu rekaman tersebut diciptakan dan direkam. Misalnya kamu menemukan rekaman asli  John Lennon – Imagine tahun 1971. Rekaman tersebut dapat disebut sebagai vintage

25. VENUE

Tempat konser diselenggarakan. Misalnya Coldplay menyelenggarakan konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), maka SUGBK tersebut yang disebut sebagai venue.(*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Pasthiko Pramudhito

Sedang belajar jadi Content Writer. Penggemar sepakbola dan pop culture.