Movies

REKOMENDASI HALLOWEEN PARTY BUAT LO DATENGIN DI JAKARTA

Akhir bulan ini, banyak orang di luar negeri mulai ngerayain yang namanya Halloween Civs. Mungkin lo yang ada di Indonesia juga pengen icip-icip gimana serunya budaya ini? Nah, lo bisa dateng ke beberapa acara yang gue rekomendasiin ini.

title

FROYONION.COM - Biasanya orang-orang yang berada di luar negeri bakal ngerayain setiap tanggal 31 Oktober sebagai Hari Halloween. Perayaan ini lazim dilakukan oleh mereka di budaya Barat.

Dalam momen ini, banyak orang dari semua kalangan bakal berpakaian untuk menggambarkan karakter tertentu. Biasanya mereka menggunakan kostum yang menyeramkan seperti hantu, ataupun monster. 

Dari berbagai sumber informasi yang gue baca, hari Halloween itu berawal dari festival Samhain atau yang dirayakan sama suku Celtic Kuno. Momen ini biasanya untuk menyambut tahun baru versi mereka, yakni setiap 1 November.

Nah, dari kepercayaan suku Celtic ini biasanya di malam sebelum pergantian tahun baru itu batas kehidupan dan kematian menjadi kabur. Walhasil, mereka meyakini kalau hantu itu bakal kembali ke bumi untuk merayakan festival bersama mereka.

Awalnya momen perayaan Halloween nggak begitu populer di Amerika. Tapi, setelah peradaban makin maju dan kebiasaan kelompok orang Eropa dan Amerika mulai menyatu, maka kegiatan ini jadi ajang tradisi yang dilakukan di negara adidaya tersebut. 

Tradisi ini juga dikenal dengan trick or treat. Biasanya, anak-anak yang menggunakan kostum akan meminta coklat atau permen dari rumah ke rumah. Mereka bisa jadi jahil kalau pemilik rumah memilih trick. 

Di Indonesia sendiri, budaya barat kayak begini memang mulai sering dilakukan akibat arus globalisasi. Bedanya, tradisi tersebut nggak dirayakan secara mencolok dan semarak sebagaimana dilakukan mereka di luar negeri. 

Mungkin lo bakal susah nemuin anak-anak kecil yang pakai kostum horor dan bertanya trick or treat dari rumah ke rumah di Indonesia.

Biasanya, semarak tradisi ini hanya ditandai dengan atribut-atribut, atau event dan kegiatan yang bernuansa tema Halloween. Kegiatan ini bakal banyak lo temuin di mall, kelab, bar, ataupun kafe di kota-kota besar, Civs.

Nggak cuma itu, beberapa restoran mungkin bakal menyediakan aneka menu yang berkaitan dengan tema Halloween. Selain itu, bakal sering lo temuin festival kostum untuk merayakannya.

Nah, gue ada beberapa rekomendasi acara tentang Halloween kalau-kalau lo mau ikut merayakannya juga nih: 

1. Halloween Party di @america

Nah, event pertama yang mau gue rekomendasiin ini ada di cultural center tentang Amerika Serikat bernama @america yang terletak di lantai 3 Pacific Place Mall, Sudirman Central Business District, Jakarta Selatan. 

Mereka bakal ngadain perayaan Halloween di sana tanggal 29 Oktober 2022 nanti pukul 18.00-20.30 WIB. Dalam event ini nantinya pengunjung diminta untuk memakai kostum terbaik mereka sebagai semarak hari Halloween. 

Nantinya juga kegiatan itu bakal diisi sama performance band Kuburan yang pasti bakal seru banget karena dipaduin sama pesta horor di sana. Kalau lo gabut, mungkin ini bisa jadi salah satu acara yang bisa lo ikutin. 

Soalnya semua acara yang mereka gelar ini gratis alias nggak dipungut biaya cuy! Lo bisa datang langsung ke Pacific Place Mall atau ngikutin keseruannya secara online. 

2. Berseragam di Halloween Party

Halloween party kedua yang gue rekomendasiin buat lo lokasinya juga masih di Pacific Place Mall nih. Lo bisa dateng ke Billions Jakarta karena mereka ngadain pesta musik dan kostum dengan teman "Work Hard Play Hard".

Nggak tanggung-tanggung, mereka bakal nampilin beberapa musisi paling asik di Indonesia buat tiga hari berturut-turut dari tanggal 28, 29, dan 30 Oktober. 

Nah, di hari pertama bakal ada penampilan DJ Yasmin, kemudian tanggal 29 Oktober bakal diisi sama Bleu Clair, dan terakhir pada 39 Oktober akan ada penampilan dari Shanky Town dan Six Pratama. 

Buat ngikutin Halloween night ini, lo harus pakai kostum tentang pekerjaan yang punya seragam. Saatnya lo nunjukin ide-ide kreatif dan gokil lo buat ekspresiin diri nantinya. 

Mungkin bisa pakai baju seragam yang pernah lo cita-citain dulu waktu masih kecil, Civs. 

3. Cek Peruntungan Sambil Makan Cantik

Rekomendasi berikutnya dari gue lo bisa makan-makan cantik di Penn Jakarta tanggal 28-29 Oktober nanti. Mereka bakal ngadain costume dinner party  yang menunya sudah diset ciamik sesuai tema. 

Kalau dari set menu yang sudah mereka rilis, nantinya lo bisa menikmati beragam makanan mulai dari seafood, beef, ataupun daging ayam. Ditambah, minuman cocktail yang mereka sediain juga bakal bernuansa Halloween.

Misalnya kayak Bloody Deetz yang merupakan campuran dari Sambal Bloody Mary Cocktail dengan Gherkins, Salami dan Smoked Cherry Tomato. Atau nggak, lo bisa nanti cobain Finis Everglot yang pakai minuman based-nya Gin dicampur Orange Liqueur dan Elderflower Syrup.

Buat yang belum tahu, restoran ini ada di Jalan Wolter Monginsidi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Lo juga bisa ajak doi atau temen-temen lo di sini buat cek peruntungan lewat tarot reading. Seru-seruan di sini juga bakal makin lengkap karena ada penampilan spesial dari Colo Colo Session by Jordy Waelauruw. 

4. Scream or Dance Music Festival

Acara terakhir yang gue rekomendasiin buat lo ikutin itu Festival Music dengan tema Halloween di Jakarta Ancol Beach City International Stadium. 

Festival ini bakal digelar dua hari berturut-turut dan diikutin banyak musisi ternama. Kalau gue liat dari line-upnya, kebanyakan penampil ini bakal meriahin party dengan musik jedag-jedug ala electronic dance music (EDM)

Beberapa nama ngetop yang bakal main di festival ini kayak Weird Genius, Winky Wiryawan, Rossa, D'Masiv, Brennan Heart, Jeffrey Sutorius, dan lainnya. Lo juga bisa nikmatin lagu-lagu Clean Bandit lewat DJ Set yang mereka siapin di tanggal 29 Oktober. 

Dari informasi di instagram resmi mereka, disebutin sih kalau bakal ada aktivitas lain selain musik performance. Lo bisa nyobain eksperience masuk ke haunted house, carnaval area, wax museum, game centre, F&B Corner, beach lounge, photo booth, face painting, challenging rides, hingga laser show. 

Kalau lo mau ikut ngeramaiin budaya Halloween di Indonesia, mungkin lo bisa datang ke beberapa acara yang gue rekomendasiin itu. Anyway, mungkin lucu kali ya kalau lo dateng ke pesta Halloween pakai kostum setan-setan lokal, kayak pocong, tuyul atau kuntilanak mungkin~ (*/)

BACA JUGA: 7 CARA MENGATASI ‘HANGOVER’ ATAU BASIAN BUAT LO YANG DOYAN MINUM

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Michael Josua

Cuma mantan wartawan yang sekarang hijrah jadi pekerja kantoran, suka motret sama nulis. Udah itu aja, sih!