Movies

PENJELASAN ENDING FILM SINDEN GAIB DI NETFLIX DAN KEJELASAN NASIB TOKOH-TOKOHNYA

Sudah nonton ‘Sinden Gaib’ di Netflix? Film ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi di Trenggalek, Jawa Timur. Cek artikel berikut buat tau penjelasan ending filmnya.

title

FROYONION.COM – Jagad sinema perfilman Indonesia makin berwarna. Setelah sebelumnya ada Jagad Bumilangit dengan film-film superhero kearifan lokal seperti Gundala dan Sri Asih, kini muncul lagi Jagad Alam Gaib. 

Sesuai namanya, Jagad Alam Gaib akan berisi film-film horor. Kisahnya juga berkaitan dengan legenda urban tanah air. 

Sebagai pembuka, telah dirilis film Sinden Gaib pada Februari lalu. Akhir Juni kemarin, filmnya sudah resmi tayang di Netflix. 

BACA JUGA: FILM HOROR ‘SINDEN GAIB’ ANGKAT KISAH NYATA DARI TRENGGALEK 

Sebagai pembuka semesta film horor Indonesia, Sinden Gaib membawa kisah nyata dari Trenggalek, Jawa Timur. 

Lebih tepatnya sebuah kasus kesurupan yang pernah terjadi pada 2010 dan sempat viral pada 2019 lalu. 

SINOPSIS FILM SINDEN GAIB 

Disutradarai oleh Faozan Rizal, film produksi Starvision dan Evergreen Pictures ini memasang nama-nama pemeran seperti Sara Fajira, Dimas Aditya dan Riza Syah. 

Kisahnya berpusat pada seorang gadis remaja bernama Ayu. Ia bersama kawan-kawannya tengah membuat dokumenter terkait tarian Turonggo Yakso yang berada di Trenggalek, Jawa Timur.

BACA JUGA: PENJELASAN ENDING JOKO ANWAR’S NIGHTMARES AND DAYDREAMS, SERTA BERAGAM TEORINYA  

Syuting dilakukan di Watu Kandang, Trenggalek. Saat itu, salah seorang teman Ayu mengambil batu keramat dari lokasi dan membawanya. Apes, setelah itu peristiwa demi peristiwa aneh mulai terjadi pada Ayu. 

Ia kerap mengalami kesurupan. Usut punya usut, ternyata sosok Mbah Sarinten merasuki Ayu dan bersemayam dalam tubuhnya. Sosok ini diketahui merupakan seorang sinden atau penyanyi tembang Jawa.   

Sejumlah paranormal hingga konten kreator supranatural pernah dilibatkan guna mengatasi gangguan kesurupan yang menimpa Ayu dan orang-orang di sekitarnya. Namun hingga kini, konon sosok Mbah Sarinten masih berada dalam tubuh Ayu.

AKURAT DENGAN KISAH ASLINYA 

Film ini menghadirkan satu post-credit scene yang diletakkan di mid-credit. Setelah hampir gagal menyelamatkan tokoh Thea dari alam gaib, penonton dibawa menyaksikan adegan kondangan. 

Pada sebuah ruangan sederhana tertanggal tahun 2015, Ayu tampak menjalani akad nikah dengan Reza. Orangtua Ayu, Rara serta warga Trenggalek lain menyaksikan pernikahan itu sementara Mbah Di menjadi penghulunya. 

Suasana bahagia berubah horor saat Ayu memperlihatkan tatapan tajam sembari mengunyah bunga melati. Sementara itu, ekspresi wajah Reza tampak tegang.

Ini artinya, setelah berusaha mati-matian mengusir Sarinten yang kerap membuatnya kesurupan, Ayu akhirnya ikhlas untuk hidup berdampingan bersama sang sinden.

Bahkan, lima tahun kemudian ketika Ayu melangsungkan pernikahannya, Sarinten bisa sewaktu-waktu muncul dan merasukinya. 

BACA JUGA: AWAS SPOILER! INI PENJELASAN ENDING FILM SEHIDUP SEMATI DI NETFLIX 

Post-credit ini juga memperlihatkan bagaimana orangtua Ayu, sahabat dekatnya hingga kekasihnya sejak SMA tetap berada di sampingnya. Adegan ini konon ditambahkan guna membuat filmnya makin akurat dengan kisah aslinya. 

Momen pada post-credit ini memang nyata terjadi. Chand Parwez, produser Sinden Gaib, mengungkap bahwa adegan ekstra tersebut adalah penghormatan untuk Sarinten. 

Sementara itu, karakter Thea yang cukup membuat penonton merasa geram sepanjang cerita, hanyalah tokoh fiktif yang diciptakan oleh tim kreatif. Thea dimunculkan guna menambah konflik dan ketegangan sepanjang cerita. 

PEMBELAJARAN UNTUK SEBUAH KECEROBOHAN 

Ayu bisa dibilang merupakan korban kecerobohan orang lain. Karena temannya, Abidin, tergoda mencuri barang mistis, sosok penunggu di daerah tersebut menjadi murka. 

Alih-alih mengejar Abidin, Sarinten justru menghantui Ayu hanya karena kebetulan berada di tempat yang sama. 

Sarinten konon hanya menginginkan barang tersebut dikembalikan ke tempatnya semula. Sosok Abidin sendiri diceritakan memiliki nasib berbeda antara di dunia nyata dan di filmnya. 

Aslinya, Abidin menghilang dan tidak terdengar kabarnya sampai sekarang. Sementara dalam film, Abidin diperlihatkan berada di kamar rumah sakit di sebelah Thea. Ia juga menerima imbas dari kecerobohan yang dilakukannya. 

Hal ini kemudian jadi pembelajaran bagi semua orang agar menjaga tata krama di tempat manapun kita berada. Pasalnya, siapapun bisa jadi korban kecerobohan kita. 

Kisah Sinden Gaib sekilas mirip KKN di Desa Penari. Selain sama-sama berasal dari kisah nyata di utas viral media sosial, ceritanya juga tidak lepas dari kehadiran orang-orang dari luar daerah yang tidak menjaga tata kramanya di daerah tersebut. 

When in Rome, do as Romans do. Kepercayaan lokal harus kita hormati walau mungkin kedengarannya tidak masuk di akal. 

Selain Sinden Gaib dan KKN di Desa Penari, banyak beredar kisah-kisah serupa seputar kecerobohan di lokasi keramat yang berakhir dengan kejadian tidak diinginkan. 

Jika kebiasaan melakukan perbuatan seenaknya di luar daerah ini terus dilakukan, bukan tidak mungkin film-film serupa akan terus tayang di bioskop. 

Sinden Gaib dapat kalian saksikan melalui platform streaming Netflix. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read