Movies

FILOSOFI LAGU FIRST RABBIT DARI JKT48 YANG NGENA BANGET

Ternyata filosofis banget dan mengandung nilai-nilai kehidupan. Ini makna lagu First Rabbit JKT48 yang lagi viral!

title

FROYONION.COM Lagi lagi lagu dari JKT48 berhasil membanjiri FYP TikTok. Lagu tersebut tidak lain berjudul First Rabbit yang rilis pada tahun 2016.

Bagi para Wota (fans JKT48), mungkin memang sudah familiar dengan lagu tersebut. Namun bagi normies, lagu JKT48 yang diketahui mungkin cuma Heavy Rotation, Pesawat Kertas 365 Hari, dan Fortune cookies.

Padahal, First Rabbit tergolong sebagai lagu yang sudah cukup lama, namun kenapa baru sekarang viral dan dinikmati banyak orang?

Jawabannya adalah kekuatan media sosial, terutama TikTok. Media sosial memberikan keajaiban. Lagu Fortune Cookie naik pamor dan sempat FYP selama beberapa bulan. 

Mungkin orang-orang baru menyadari dan merasakan bahwa liriknya sangat relate dengan kondisi sosial masa kini. Adapun lirik yang paling ngena dan sering dicuplik buat dijadiin konten adalah:

Penampilan itu menguntungkan

Selalu hanya gadis cantik saja

Yang 'kan dipilih menjadi nomor satu

Please, please, please, oh, baby!

Lihatlah diriku

Lagu tersebut menggambarkan bahwa beauty privilege memang nyata. Zaman sekarang, kalau nggak cantik ya nggak akan dihargai, termasuk dalam hubungan asmara.

Dikarenakan booming-nya lagu tersebut, akhirnya JKT48 kembali menjadi hits. Setelah pandemi mereda secara berangsur, idol grup tersebut kerap diundang di berbagai acara televisi, radio, podcast, channel YouTube, dan konser offline di berbagai kota.

Baiklah, mari kembali ke First Rabbit.

Baca juga: TIPS TIME MANAGEMENT ALA ZEE DAN GABY JKT48: BISA KOK JADI IDOL SEKALIGUS BERPRESTASI!

MAKNA LAGU FIRST RABBIT

Judulnya Kelinci Pertama. Awalnya, gue nggak paham arti dari kelinci pertama itu apa. Dan gue merasa liriknya sedikit absurd, tapi out of the box.

Setelah gue telaah dan riset di sana sini, ternyata maksud dari kelinci pertama itu anak kelinci yang baru lahir.

Tahu, kan? Kelinci kalau mau melahirkan suka menggali lubang di tanah yang kira-kira dalamnya dua meter. Tujuannya untuk menjaga anak-anaknya yang akan lahir agar tetap aman dan terhindar dari situasi terburuk, baik dari predator ataupun dari cuaca yang dingin.

Lalu, apa hubungannya sama lagu First Rabbit dari JKT48?

Biar nggak penasaran, yuk kita gali makna dalam lagu tersebut.

1. Hutan adalah Dunia Luar

Suatu hari di dalam hutan ditemukan

Lubang yang berlanjut t'rus entah ke mana

Di depan kegelapan, teman di sekitarku

Hanya terdiam mengintip tanpa bergerak

Dalam lirik tersebut digambarkan bahwa di dalam hutan terdapat lubang yang sangat dalam dan ujungnya tidak diketahui sampai ke mana. Tentu saja, di dalam lubang yang dalam tersebut sangat gelap karena memang tidak ada pencahayaan.

Nah, si kelinci ini menyadari kalau teman-teman atau saudaranya pada diam dan hanya terpaku pada kegelapan tersebut. Padahal, dalam hati semua kelinci itu ingin keluar dari lubang. Mereka penasaran, di luar itu ada apa, sih? 

2. Kelinci yang Menjadi Perintis

Entah mengapa dada ini berdebar

Ku 'kan menjadi yang pertama berlari

Dari lirik tersebut, bisa diketahui kalau tokoh utama kelinci ini pengen keluar dari lubang yang gelap itu. Tentu saja dia merasa gugup, takut, dan berpikiran macem-macem tentang apa yang ada di luar sana. 

Hal tersebut membuat dadanya berdebar, tapi dia memutuskan untuk menjadi yang pertama berlari. Yup, berlari dari kegelapan dan meninggalkan lubang yang selama ini jadi tempat tinggalnya.

Perumpamaannya, seorang manusia memutuskan untuk keluar dari zona nyamannya. Dia akan jadi perintis karena cuma dia yang berani memulai dan berani melangkah. Tentu saja ada rasa gugup dan takut untuk menjadi yang pertama, namun kalau nggak nyoba, ya nggak akan tahu apa yang ada di luar sana.

3. Berani Menghadapi Tantangan untuk Meraih Mimpi

Aku tidak takut pada luka dan sakit

Apa yang terjadi, ku takkan gentar

Pergi untuk mencari impian milikku

Ayo jadi kelinci yang pertama

Ini bagian reff yang menurut gue ngena banget dan berhasil bikin suara gue bergetar ketika menyanyikannya. Ini kayak semacam mantra yang afirmatif. Seakan-akan gue nge-stimulus diri gue sendiri untuk nggak takut sama luka dan sakit.

Apa yang ada di luar sana, baik itu tantangan atau cobaan nggak akan bikin gue gentar untuk terus maju meraih cita-cita.

4. Tinggalkan Masa Lalu dan Melangkah ke Depan

Daripada hanya bicara sok tahu tentang

Hal yang asing bagimu, ayo mandi lumpur

Di malam sendirian, bintang 'kan jadi teman

Tinggalkanlah jejak langkah diri sendiri

Ketika lo ada di zona nyaman, mungkin lo cuma akan menduga-duga apa yang ada di luar sana. Padahal, kita nggak benar-benar tahu sebelum kita melangkah dan melihat dengan kepala mata sendiri.

Jadi, daripada cuma berangan-angan, mending ya sekalian aja mandi lumpur (read: nyemplung ke bidang yang lo pengen).

Mungkin ketika melangkah untuk meraih mimpi, kita cenderung memilih mengambil jalan yang sunyi dan penuh kegelapan. Soalnya kita cuma punya diri sendiri yang bisa diandalkan.

Terus, maksud dari tinggalkanlah jejak langkah diri sendiri itu apa?

Maksudnya, jangan menengok ke belakang atau jangan melihat ke masa lalu. Terkadang, kaki kita berat untuk melangkah ke masa depan ya karena masa lalu itu. Ini semacam perasaan belum bisa move on.

Jadi, lebih baik tinggalkan masa lalu yang mungkin menyakiti atau membelenggu Lo untuk berlari menuju ke masa depan dengan penuh kesadaran.

Baca juga: JKT48 GELAR KONSER 11th ANNIVERSARY, INI MOMEN YANG MENCURI PERHATIAN FANS SELAMA ACARA

5. Tantangan Membuat Bertumbuh

Setiap terluka jadi makin dewasa

Air mata mengalir, dada t'rasa sakit

Meski begitu ku tetap takkan menyerah

Ayo jadi kelinci yang pertama

Meskipun pada akhirnya ketika udah sampai di luar (di bidang yang lo pengen), lo menemukan berbagai hal yang membuat sakit hati dan terluka, jangan khawatir.

Karena itu semualah yang justru akan membuat lo semakin tumbuh. Lo akan jadi pribadi yang makin dewasa dan lebih kuat. Dan ketika menemukan rintangan yang mungkin lebih sulit lagi, lo nggak akan gentar atau ragu untuk menghadapinya.

6. Sakit adalah Tanda Kehidupan

Siapa pun pastilah dapat merasakan

Bahwa dirinya hidup saat darahnya mengalir

Rachel JKT48 pernah bilang dalam channel YouTube JKT48 kalau lirik tersebut adalah lirik yang paling ngena buat dia. 

Ketika dia nggak sengaja terluka dan mengeluarkan darah dari tubuhnya, justru itulah yang membuatnya menyadari kalau dia 'hidup'.

Sakit itu tanda kehidupan, Civs. Dan sakit yang dimaksud di sini bukan cuma tentang sakit fisik, tapi juga pikiran dan emosional. Kalau sekarang lo merasakan kecewa, patah semangat, pengen nangis, marah, dan segala macam perasaan atau emosi lainnya, ya nggak apa-apa.

Itu adalah bagian dari proses hidup–proses lo berkembang menjadi manusia yang lebih baik. Karena yang namanya hidup pasti nggak bisa lepas dari rasa sakit. Tentu aja lo juga pasti bisa merasakan kebahagiaan karena nggak mungkin kehidupan isinya cuma tragedi doang. Semoga hidup lo lebih banyak bahagianya ya, Civs.

7. Sayangi Dirimu, Sayangi Nyawamu

Jangan sia-siakan nyawamu

Gue punya dua makna untuk mengartikan isi lirik ini. Pertama, jangan bunuh diri. Seperti yang kita tahu, angka bunuh diri di Jepang itu cukup tinggi. Jadi, ini pesan buat kita semua untuk mulai menyayangi diri sendiri dengan cara tidak meregang nyawa sendiri.

Makna yang kedua adalah tidak menyia-nyiakan bakat atau potensi yang ada di dalam diri kita.

Lo pernah denger nggak sih kalau manusia baru bisa dibilang 'hidup' kalau dia menghidupi mimpi-mimpinya? Dengan terus bergerak, berjuang, bekerja, dan belajar, lo akan menjalani hidup yang sesungguhnya.

Kalau cuma diam aja buat nunggu takdir atau mungkin cuma ikut arus, ya lo perlu menanyakan eksistensi lo di dunia ini. Kalau lo diam dan nggak berjuang untuk meraih atau mempertahankan apapun, itu tanda kalau lo menyia-nyiakan nyawa yang udah dikasih sama Tuhan.

Gimana, Civs? Merinding nggak lo setelah tahu arti liriknya? Gila, ya yang nyiptain lagunya jenius banget karena bisa dapet inspirasi dari sesuatu yang mungkin nggak pernah terpikirkan oleh banyak orang.

Kalau dengerin lagu yang afirmatif dan memotivasi kayak First Rabbit, lo juga akan ketularan semangat dan energi positifnya. Mulai sekarang, yuk lebih bijak lagi pilih genre musik untuk didengerin karena ini berpengaruh banget sama kesehatan mental dan mood lo. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dilla Hardina

Content writer dan Japanese pop culture entusiast