Music

6 KISAH HOROR WAWAK DARI NADIA OMARA YANG LAYAK DIANGKAT KE LAYAR LEBAR

Belakangan, lagi tren mengangkat kisah horor viral di media sosial ke layar lebar. Tinggal nunggu kapan Kisah Horor Wawak dari YouTuber Nadia Omara dapet giliran, nih!

title

FROYONION.COM - Kalian yang gemar nonton film horor, pasti nggak akan ketinggalan untuk menyaksikan KKN di Desa Penari dan Di Ambang Kematian di bioskop terdekat. Dua film horor ini cukup menarik atensi publik, terutama karena keduanya berawal dari kisah nyata yang viral di internet.  

KKN di Desa Penari awalnya merupakan utas pengalaman nyata sekelompok mahasiswa yang tengah menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di suatu desa di Pulau Jawa pada tahun 1998. Utas tersebut diceritakan dari dua sudut pandang berbeda dan cukup bikin geger pada masanya.  

Dibagikan pertama kali oleh pengguna Twitter dengan nama SimpleMan, utas  yang diposting pada 2019 ini berhasil mengumpulkan 200.000 Likes dan 74.000 Retweet. Filmnya sendiri tayang pada 2022 lalu dan sukses menjadi salah satu film paling laris di Indonesia.  

BACA JUGA: ‘HELLO GHOST’: HOROR KOMEDI BERBALUT KISAH PILU DAN HARU!

Sementara film horor Di Ambang Kematian juga berasal dari utas viral. Dibagikan oleh pengguna Twitter JeroPoint pada 15 April 2022, kisah tumbal pesugihan ini mengumpulkan 32.000 Retweet dan 118.000 Likes.  

Melihat tren film horor yang didasarkan pada kisah nyata viral di media sosial, sepertinya nggak berlebihan untuk berharap kalau suatu hari nanti salah satu Kisah Horor Wawak dari akun YouTube Nadia Omara juga turut difilmkan.  

Nggak familiar dengan nama Nadia Omara? Dia ini seorang konten kreator  yang gemar membagikan cerita-cerita kriminal, sejarah, kisah Nabi hingga kisah horor di kanal YouTubenya. Segmen mistis yang diberinya nama Kisah Horor Wawak merupakan kiriman kisah nyata dari para pengikutnya yang diceritakan kembali dalam bentuk video. 

Kenapa diberi nama Kisah Horor Wawak? Karena Nadia Omara menggunakan nama panggilan “wak” tiap kali tengah bercerita. Segmen ini sendiri terbukti jadi yang paling ditunggu dengan jumlah penonton rata-rata mencapai 1 juta tayangan per video.  

Bukan hanya karena gaya bercerita Nadia Omara yang menyenangkan untuk diikuti, Kisah Horor Wawak juga menyajikan beragam kisah misteri yang bikin merinding sekaligus penasaran dengan endingnya. Ada beberapa KHW yang sepertinya akan sangat seru kalau benar-benar diangkat ke layar lebar.  

BACA JUGA:

JARANG BISA DIBUKTIKAN, TAPI KENAPA KONTEN HOROR SELALU PUNYA BANYAK PEMINAT?

1. KHW 47 

Tayang pada bulan Ramadhan 2022, KHW part 47 ini menceritakan kisah Dinda dan 13 rekan kerjanya. Kala itu, mereka menempati sebuah rumah yang direnovasi sebagai kantor. Teror mistis terus berdatangan selama mereka menempati bangunan tersebut.  

Video berdurasi lebih dari 1 jam ini menceritakan kembali dengan intens apa saja gangguan mistis yang dialami Dinda dan  teman-temannya. Nggak hanya itu, dikisahkan pula sosok apa sebenarnya yang jadi biang kerok di kantor tersebut dan hal apa yang melatarbelakanginya menghantui rumah itu. 

KHW 47 juga pernah dibahas kembali oleh Om Hao di kanal Kisah Tanah Jawa. Melalui video berjudul Teror di Kantor Paling Horor ft Nadia Omara, Om Hao menjelaskan asal-usul pemilik rumah itu dulunya dan apa saja yang sudah dilakukannya di masa lalu sampai rumah tersebut benar-benar berhantu. 

Hingga saat ini, KHW 47 telah mengumpulkan 8.7 juta penayangan dan menjadi video terpopuler nomor 2 di kanal Nadia Omara. Akan sangat menarik menyaksikan kisah ini di layar lebar kalau ada PH yang berniat memfilmkannya. 

2. AKU & LYNN 

Akun Instagram @bioskop sempat membagikan rumor kalau kisah Aku & Lynn dari video YouTube Nadia Omara akan diangkat ke layar lebar. Memang masih simpang siur, tapi patut dinanti kalau ini benar-benar terjadi.  

Kisah horor ini nggak berisi hantu-hantu menakutkan, melainkan bercerita mengenai persahabatan seorang wanita dengan hantu perempuan Belanda. Keduanya bahkan bisa berkomunikasi layaknya dua orang manusia dan sudah menjalin pertemanan selama bertahun-tahun.  

Video Aku & Lynn sendiri telah mengumpulkan hingga 7.1 juta tayangan sampai saat ini. Menarik menunggu bagaimana visualisasinya di layar lebar, apalagi idenya terbilang fresh karena nggak memperlihatkan hantu-hantu menakutkan seperti film horor pada umumnya.  

3. SIAPA NENEK KAMI SEBENARNYA - KHW PART 59 

Sama seperti kisah Lynn, KHW part 59 ini juga nggak berisi hantu-hantu dengan tampilan menakutkan. Kisahnya seputar sosok pelindung yang turun temurun dalam satu keluarga mulai dari nenek buyut sampai cicitnya.  

Apa yang menjadikannya menarik bukan hanya sosok pelindung itu, tapi juga unsur budaya yang melekat di dalamnya. Menyaksikan kepercayaan orang zaman dulu dan hubungan mereka dengan kekuatan dari alam lain bakal jadi nilai plus kalau KHW ini difilmkan. 

Video berdurasi 38 menit ini sendiri sudah mengumpulkan 3.6 juta penayangan.  

BACA JUGA:

5 REKOMENDASI YOUTUBE HOROR SERU UNTUK DIDENGARKAN SAMBIL MENULIS 

4. POCONG RENTENIR - KHW BANGKA BELITUNG PART 131 

Belakangan, Nadia Omara sedang mengerjakan proyek KHW Nusantara. Sekali seminggu dalam 38 minggu ke depan, ia akan mengangkat satu kisah horor dari 38 provinsi di Indonesia. Nah, part 131 lalu adalah bagian Provinsi Bangka Belitung.  

Kisah horor yang diceritakannya pada video itu adalah tentang sesosok pocong yang meneror desa tempat tinggalnya. Konon, semasa hidup pocong itu adalah seorang rentenir dan kini ia dihidupkan kembali oleh anggota keluarganya guna menagih hutang pada orang-orang yang belum sempat membayar hutang hingga kematiannya.  

Akan sangat cocok kalau KHW ini diangkat menjadi film dengan genre horor komedi. Ada bagian serem-seremnya, ada bagian lucu-lucunya, bahkan ada plot twist-nya juga. Videonya sendiri sudah mengumpulkan 3 juta penayangan hingga saat ini. 

5. DARI ALAM MIMPI, KELUAR KE KEHIDUPAN NYATA 

Satu lagi kisah tentang persahabatan dengan makhluk halus, tapi kali ini hantunya laki-laki. KHW ini mengisahkan sesosok gaib yang bersahabat hingga akhirnya jatuh cinta dengan Tiara, narasumber ceritanya.  

Bahkan, hubungan mereka sampai menghasilkan seorang anak di kehidupan nyata. Bikin baper sekaligus merinding ngeri, videonya sudah mengumpulkan 6.5 juta penayangan di YouTube.  

6. WARUNG BU LELI - KHW PART 100 

Durasinya sejam lebih sebagai perayaan KHW yang sudah mencapai bagian ke-100. Kisahnya sendiri tentang seorang pegawai di sebuah warung makan yang cukup terkenal di kotanya. Ternyata, selama ini pemilik warung menggunakan bantuan jin sebagai penglaris dan turut meminta tumbal.  

Video yang sudah mengumpulkan 8.6 juta penayangan dan jadi video terpopuler ketiga di kanal YouTube Nadia Omara ini sukses menghadirkan kengerian dari awal sampai akhir. Kisahnya terjadi dalam kurun waktu bertahun-tahun lamanya, cukup panjang kalau mau dibuat jadi film. 

Itu dia beberapa KHW yang dijamin seru kalau diangkat ke layar lebar. Tema kisah horornya beragam dan nggak melulu soal hantu-hantu seram. Mana yang paling menarik perhatian kalian? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read