Movies

5 REKOMENDASI SERIES JADUL BUAT DITONTON MARATON, DARI ‘FRIENDS’ SAMPAI ‘LOST’

Butuh tontonan series lawas yang sudah tamat dan tetap asyik buat ditonton ulang? Simak rekomendasinya di artikel ini. Genrenya lengkap mulai dari komedi sampai sains fiksi.

title

FROYONION.COM – Marathon nonton series sudah jadi hiburan atau bahkan kebiasaan buat sebagian orang. Bukan hanya series yang baru tayang tapi juga series lawas yang membawa nostalgia. 

Buat kalian yang kehabisan stok tontonan atau bingung mau ngapain sambil menunggu musim terbaru series kesayangan tayang, mencoba nonton ulang series lawas di bawah ini bisa jadi pilihan. 

Semuanya sudah mencapai ending, jadi tidak perlu lagi menunggu tahun depan untuk menyaksikan kelanjutan ceritanya. Bahkan, mungkin kalian akan menemukan series favorit baru dari daftar ini. 

1. FRIENDS (1994)

Siapa tidak tahu Friends? Series legendaris ini pertama kali tayang pada 1994 dan mencapai musim terakhirnya pada 2004 lalu. Dengan total 10 musim dan 236 episode yang sudah tayang, Friends bisa dibilang telah menjadi bagian hidup penonton setianya. 

Membawa genre komedi dengan format sitkom, Friends menceritakan enam orang sahabat yaitu Rachel, Phoebe, Monica, Ross, Joey dan Chandler yang tinggal di Manhattan, New York. Lika-liku kisah cinta dan persahabatan mereka mewarnai masing-masing episodenya. 

BACA JUGA: SERIAL JOKO ANWAR’S NIGHTMARES AND DAYDREAMS DIYAKINI BAKAL POPULER DI INDONESIA 

Diciptakan oleh Marta Kauffman dan David Crane, series ini didapuk sebagai salah satu serial komedi terbaik Amerika di era 1990-an. 

Selama 10 tahun penayangannya, total Friends telah mendapatkan 6 piala bergengsi Emmy termasuk satu untuk serial komedi terbaik pada tahun 2002. 

Tiap episodenya sendiri berdurasi pendek, sekitar 22 menit saja. Menontonnya secara beruntun di akhir pekan bisa jadi pilihan aktivitas menyenangkan. 

2. 2 BROKE GIRLS (2011)

Satu lagi series dengan format sitkom yang bisa jadi pilihan mengisi akhir pekan. Pertama tayang pada 2011 dan telah mencapai musim terakhirnya di tahun 2017, series ini mengambil setting lokasi di Williamsburg, Brooklyn, New York. 

Plotnya mengikuti kehidupan dua gadis muda yang bekerja sebagai pelayan di sebuah kedai makanan lokal. 

Max Black, putri dari ibu kelas bawah dan ayah tidak dikenal serta Caroline Channing, gadis yang dulunya kaya raya namun jatuh miskin karena sang ayah melakukan penipuan. 

BACA JUGA: 6 REKOMENDASI FILM DAN SERIES BERTEMA ZOMBIE PALING WORTH WATCHING 

Walaupun memiliki kepribadian dan perspektif hidup yang berbeda, Max dan Caroline akhirnya menjadi sahabat. Mereka juga berinisiatif untuk mengumpulkan uang demi mendirikan bisnis cupcake sendiri. 

Karakter lain yang turut menghiasi di tiap episodenya adalah para pekerja di kedai makanan tersebut. Chemistry antar pemain terutama mendapat pujian dari para kritikus, walau porsi humor terkait seksual, narkoba dan rasisme terkadang ditampilkan secara berlebihan. 

Dengan durasi sekitar 21 menit tiap episode, rasanya tidak akan lama bagi kita untuk menonton seluruh 138 episode yang terbagi dalam 6 musim ini. 

3. LOST (2004)

Kalau kalian menggemari Manifest, Lost tidak boleh kalian lewatkan. Kedua series ini sama-sama berkaitan dengan kecelakaan pesawat dan kejadian berbau supernatural yang mengikutinya. 

Dikisahkan, pesawat Oceanic Airlines penerbangan 815 mengalami kecelakaan dan terdampar di sebuah pulau misterius yang tampaknya tidak berpenghuni. 

Jack Shepard, seorang dokter, akhirnya menjadi pemimpin dan berusaha mencari cara untuk bertahan hidup di pulau itu yang ternyata dihuni kelompok jahat bernama The Others. 

Konflik dalam Lost tidak hanya terjadi antara penyintas kecelakaan pesawat dan The Others, tapi juga di antara para penyintas itu sendiri. Makin lama, series ini turut menampilkan konsep alternate universe dan time travel yang cukup bikin melongo sepanjang episodenya. 

Ada banyak karakter dalam Lost. Tiap karakter memiliki kisah latar belakangnya masing-masing yang saling bersinggungan satu sama lain. 

Kilas balik dari masa lalu mereka sebelum kecelakaan pesawat juga ditampilkan yang nantinya akan berkaitan dengan kejadian di masa kini. 

Menonton Lost ibarat menyatukan kepingan demi kepingan puzzle besar. Kita akan dibawa pelan-pelan untuk menyelesaikan gambar penuh dari puzzle tersebut sembari dibuat mikir, “oh jadi dia sebenarnya begini, jadi yang ini kejadiannya begitu”, dan seterusnya. 

Tayang perdana pada 2004, series ini telah mencapai finalnya pada musim keenam di tahun 2010. Total ada 121 episode yang terbagi dalam 6 musim, masing-masing berdurasi sekitar 47 menit. 

Fun fact, karena banyaknya jumlah pemain dan lokasi pengambilan gambar yang sebagian besar bertempat di Oahu, Hawaii, Lost menjadi salah satu acara televisi termahal yang pernah dibuat. 

Kritikus juga secara konsisten menilainya sebagai salah satu serial televisi terbaik sepanjang masa. 

4. HEROES

Sama seperti Lost, Heroes juga menampilkan banyak karakter yang saling berkaitan satu sama lain dan tiap karakter memiliki kisahnya masing-masing. 

Ceritanya berpusat pada sekelompok orang yang memiliki kemampuan super, mulai dari regenerasi super cepat, bisa terbang, telekinesis, menjelajah ruang waktu dan lain-lain. 

Pada akhirnya, para Heroes ini sadar bahwa keberadaan mereka adalah demi menolong sesama manusia. 

Konsep manusia berkekuatan super ini pasti mengingatkan kita pada film-film superhero, namun Heroes bisa mengemasnya secara berbeda.  Selain itu, ada banyak plot twist seru sepanjang ceritanya yang akan membuat kita tidak bisa berhenti menonton. 

Tayang perdana pada 2006, series ini resmi dihentikan pada 2010 setelah mencapai 4 musim dengan total 77 episode. Pada 2015 lalu, ditayangkan mini seri Heroes Reborn dengan total 13 episode sebagai kelanjutan ceritanya. 

5. BREAKING BAD

Kalian mungkin pernah mendengar judul ini. Breaking Bad memang menjadi salah satu serial paling populer dan mendapat pujian tinggi baik dari pemirsa maupun kritikus. Walter White, seorang guru kimia SMA, didiagnosa menderita kanker. 

Demi bisa mengobati penyakitnya sembari menjamin kesejahteraan hidup keluarganya andai ia meninggal, Walter bekerja sama dengan mantan muridnya, Jesse Pinkman, untuk memproduksi dan menjual narkoba jenis kristal metamfetamin. 

Tidak disangka bisnis kotor ini sukses besar. Walter, yang menggunakan nama samaran Heisenberg, kemudian mengembangkan kristal meth biru yang sangat murni dan diminati pasar. 

Bisnis mereka bukan tanpa halangan. Saudara ipar Walter, Hank Schrader, adalah anggota Drug Enforcement Administration (DEA), sebuah lembaga hukum yang bertugas memerangi perdagangan dan distribusi obat-obatan terlarang. 

Kerja sama Walter dengan kartel narkoba Meksiko juga berpotensi menempatkan keluarganya dalam bahaya. 

Breaking Bad tayang perdana pada 2008 dan resmi berakhir di tahun 2013 setelah menayangkan 62 episode dalam 5 musim. Series ini juga mencatatkan pencapaian luar biasa dengan memenangkan 16 penghargaan bergengsi Emmy Primetime Awards. 

Itu dia lima rekomendasi series lawas yang  bisa jadi pilihan marathon. Mana yang akan kalian tonton lebih dulu? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read