Movies

5 REKOMENDASI FILM GHIBLI UNTUK MENEMANI SELF HEALING-MU!

Rehat sejenak untuk menenangkan batin yang capek dengan menonton film keluaran studio Ghibli. Visual animasi yang memanjakan mata akan membuat mata menjadi rileks dan jiwa pun ikut tenang.

title

FROYONION.COM - Setiap orang pasti punya problem kehidupan masing-masing dan tentu saja dengan kapasitas beban yang berbeda. Maka beragam juga cara orang dalam menyembuhkan diri mereka. Tentu saja punya cara sendiri untuk menyembuhkan diri saat dilanda stress pikiran dan batin. 

Salah satu alternatifnya adalah dengan menonton. Menghabiskan waktu seharian dengan menonton terbukti dapat menyembuhkan beban pikiran. Pertanyaannya film apa yang cocok menemanimu saat self-healing?

BACA JUGA: MENGALAHKAN SELF-DOUBT SI KREATIF ALA FILM GHIBLI ‘WHISPER OF THE HEART’

FILM GHIBLI
Deretan film populer Ghibli.

Para pecinta film animasi pasti sudah tidak asing dengan sederet film keluaran studio Ghibli. Studio animasi Jepang ini sudah terbukti banyak meraih penghargaan di kancah internasional. Keberhasilan dalam alur cerita, penggambaran visual dan emosi yang tercipta menggiring penggemar film animasi untuk memasukkan film studio Ghibli ke dalam watchlist. 

Ciri khas film ini ialah adegan-adegan dan dialog-dialog yang menyentuh hati, visual animasi yang aesthetic, alur cerita yang dapat diikuti semua kalangan umur dan imajinasi yang out of the box. Maka dari itu, tidak heran menonton film Ghibli menjadi alternatif kegiatan untuk menghilangkan beban pikiran sejenakBerikut 5 rekomendasi film studio Ghibli yang dapat menemanimu saat self-healing.

1. SPIRITED AWAY (2001) 

Rekomendasi pertama dimulai dari Spirited Away yang dirilis pada tahun 2001 dan mendapatkan rating 8.6 / 10 oleh IMDb. Film ini berdurasi 2 jam 5 menit.

(Sumber: IMDb)

Film ini menceritakan tentang anak perempuan yang bernama Chihiro dan orang tuanya yang pindah ke kota kecil di pedesaan Jepang. Dalam perjalanan, ayah Chihiro salah mengambil jalan pintas menuju rumah barunya dan akhirnya Chihiro tersesat di dunia roh. Chihiro terpaksa bekerja menjadi pelayan di rumah pemandian roh yang dipimpin oleh Yubaba si penyihir jahat demi menyelamatkan orangtuanya. Kehadiran Haku melengkapi keseruan perjalanan Chihiro. 

2. PONYO (2008)

Ponyo atau Gake no ue no Ponyo dirilis pada tahun 2008 dan mendapatkan rating 7.6 / 10 oleh IMDb. Film ini berdurasi 1 jam 41 menit.

PONYO GHIBLI
(Sumber : IMDb)

Film ini menceritakan hubungan antara seorang anak laki-laki berusia 5 tahun yang bernama Sosuke dan Ponyo, seekor putri ikan mas muda. Sosuke adalah putra seorang pelaut yang hidup bersama ibunya, Lisa. Suatu hari dia menemukan ikan mas yang terjebak di dalam botol dan menamainya Ponyo. Namun ternyata Ponyo adalah putri dari seorang penyihir dan dewi laut. 

3. MY NEIGHBOR TOTORO (1988)

My Neighbor Totoro atau Tonari no Totoro dirilis pada tahun 1988 dan mendapatkan rating 8.1 / 10 oleh IMDb. Film ini berdurasi 1 jam 26 menit.

TOTORO GHIBLI
(Sumber: IMDb)

Film ini menceritakan 2 gadis muda kakak beradik, Satsuki yang berusia 10 tahun dan adiknya Mei berusia 4 tahun. Mereka bersama ayahnya pindah ke sebuah rumah di pedesaan dekat rumah sakit yang merawat ibu mereka. Satsuki dan Mei menemukan hutan di dekat rumah yang dihuni oleh roh hutan yang disebut Totoro. Mereka berteman dengan Totoro dan berpetualang bersama.

4. HOWL’S MOVING CASTLE (2004)

Film ini dirilis pada tahun 2004 dan mendapatkan rating 8.2 / 10 oleh IMDb. Film ini berdurasi 1 jam 59 menit.

(Sumber : IMDb)

Film ini menceritakan seorang wanita muda bernama Sophie yang bertemu dengan penyihir tampan bernama Howl pemilik kastil berjalan. Setelah pertemuan Sophie dengan Howl, ia dikutuk oleh penyihir jahat dari pembuangan menjadi seorang nenek berusia 90 tahun. Petualangan dimulai saat Sophie masuk ke dalam kastil berjalan milik Howl dan bertemu Calcifer, iblis api. 

5. PRINCESS MOMONOKE (1997)

Mononoke-hime atau Princess Mononoke dirilis pada tahun 1997 dan mendapatkan rating 8.3 / 10 oleh IMDb. Film ini berdurasi 2 jam 14 menit.

(Sumber: IMDb)

Film ini dimulai dengan menceritakan seorang prajurit muda bernama Ashitaka yang ingin melindungi desa dari serangan babi hutan. Saat penyerangan, Ashitaka terserang kutukan yang mematikan. Untuk menyelamatkan nyawanya, ia harus melakukan perjalanan ke barat. Di tengah perjalanan, ia bertemu dengan Eboshi perempuan ambisius dengan klannya yang ingin menyerang para dewa hutan. Serta bertemu dengan Putri Mononoke yang dibesarkan oleh serigala. 

Jadi, rekomendasi kelima film garapan Studio Ghibli mana yang akan kamu pilih untuk menemanimu saat self-healing? Buktikan apakah dengan cara menonton film dapat menghilangkan beban pikiranmu sejenak! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Nanda Rahmawati

Suka menulis, membaca dan overthinking. Tertarik dengan hal baru. Bisa banget chit-chat ato curhat lewat DM Instagram!