Movies

4 HAL MENARIK DARI DRAMA PRISON PLAYBOOK

Sering digambarkan sebagai tempat menyeramkan, drama Prison Playbook mengisahkan kehidupan penjara yang kekeluargaan, hangat dan penuh komedi sehingga sangat seru untuk kalian ikuti!

title

FROYONION.COM - Apakah kalian menyukai film dan drama dengan genre komedi yang ringan untuk melepas penat dari kehidupan sehari-hari? 

Jika iya, maka drama Korea berjudul Prison Playbook ini dapat menjadi salah satu pilihan! Namun jangan kaget ya, sebab latar tempat ceritanya adalah penjara. Penjara sendiri memang diidentikkan sebagai tempat yang menyeramkan bin menakutkan karena fungsinya sebagai tempat para kriminal yang ditahan akibat kejahatan mereka. 

Berbeda dari stigma buruk soal penjara yang beredar di masyarakat, Prison Playbook mengisahkan kehidupan dalam penjara dengan hangat dan kekeluargaan namun dibalut komedi. Prison Playbook dibintangi beberapa pemain populer seperti Park Hae-soo, Jung Kyung-ho, Lee Kyu-hyung, Jung Hae-in hingga Krystal Jung. 

Drama ini juga meraih banyak penghargaan di Korea Selatan. Beberapa penghargaan yang didapat Prison Playbook adalah Baeksang Arts Awards 2018 (Best Drama, Best Screenplay), Asia Artist Awards 2018 (Best Popular Award), Korea Drama Awards 2018 (Best Actor dan Excellence Award for Actor) serta masih banyak penghargaan lainnya.

Kisah bermula ketika pemain bisbol profesional terkenal bernama Kim Je-hyuk (diperankan oleh Park Hae-soo) yang harus masuk penjara karena melakukan kekerasan pada orang yang hendak melecehkan adiknya. Seketika hal ini membuat karir Je-hyuk sebagai pemain bisbol profesional terancam, padahal saat itu ia hendak mengikuti pertandingan bisbol Liga Mayor (kompetisi bisbol profesional terbesar di US dan Kanada). 

Je-hyuk pun memulai kehidupannya sebagai tahanan di penjara. Meski ia harus menghabiskan hari-harinya dengan tahanan lain, Je-hyuk belajar banyak nilai-nilai kehidupan dari mereka. 

Namun, apa saja hal-hal menarik dari drama Prison Playbook? Berikut adalah 4 hal menarik dari Prison Playbook yang menjadi alasan kalian wajib menonton drama ini!

1. Menceritakan Kehidupan di Penjara dengan Humor

Sang tokoh utama yang juga adalah pemain bisbol profesional, Je-hyuk merupakan pribadi yang telmi alias telat mikir. Ia juga tidak memiliki kemampuan bertahan hidup lain kecuali bermain bisbol. Hal ini kerap membuat teman-temannya gregetan terhadap Je-hyuk. Meski begitu, kita bisa melihat bahwa banyak orang dalam penjara tersebut yang selalu siap menopang Je-hyuk ketika sedang terpuruk. 

Kita juga akan disuguhkan dengan berbagai karakter yang suka bertingkah lucu hingga membuat kita tertawa terpingkal-pingkal. Salah satunya adalah karakter Haerong yang terlibat kasus narkoba. Ia lebih sering mengalami kondisi high daripada sadar, sehingga kerap berbicara dengan nada lenjeh dan suka ngawur. Akibatnya Haerong kerap diberi hadiah pukulan dari teman-teman tahanannya.

2. Meraih Mimpi dengan Kerja Keras dan Bersabar

Perjalanan Je-hyuk menjadi pemain bisbol profesional tidaklah mulus. Saat masih muda, Je-hyuk tidak mendapatkan satupun tawaran dari tim bisbol. Maka dari itu, ia bekerja keras dengan bangun lebih pagi dan berlatih lebih sering dibanding temannya. Naas, terjadi kecelakaan yang menimpa Je-hyuk dan temannya. 

Je-hyuk mendapat luka yang fatal bagi pemain bisbol dan harapan untuk bisa bermain bisbol kembali menjadi lebih kecil karena operasi. Namun, dengan semangat serta tekad kuat, Je-hyuk bisa pulih dan kembali bermain bisbol hingga diterima di salah satu tim bisbol.

Ujian kembali terjadi ketika ia berada di penjara. Je-hyuk mengalami cedera dan kejadian buruk yang beruntun hingga menjatuhkan semangatnya. Didorong oleh semangat dari teman-teman tahanannya, Je-hyuk perlahan bangkit dan dengan sabar terus berlatih secara rutin hingga bisa kembali ke dunia bisbol. Pada momen ini kita diajak untuk menyadari bahwa dalam meraih impian besar tak hanya dibutuhkan kerja keras, namun juga kesabaran dan konsistensi.

3. Manusia Tidak hanya Hitam-Putih

Drama ini juga menggambarkan bahwa manusia bersifat kompleks dan tidak bisa dikategorikan hanya dengan hitam-putih. Meski telah melakukan kejahatan dan disebut kriminal, bukan berarti mereka tidak melakukan kebaikan. Meski direpresentasikan sebagai kebaikan dan penegak hukum, penjaga lapas alias sipir juga bisa melakukan kecurangan atau melanggar peraturan. 

Pada drama Prison Playbook, kita diajak untuk melihat manusia secara utuh, yakni individu yang kerap kali melakukan kesalahan dalam hidup. Beberapa dari mereka melakukan perenungan dan bertobat, namun yang lainnya masih belum dapat melakukan introspeksi diri. Kita juga diajak untuk tidak berprasangka pada narapidana maupun penjaga lapas. Prasangka inilah yang kerap kali membuat kita terkena plot twist dari Prison Playbook. 

Beberapa contohnya, narapidana bekas mafia yang digambarkan seram ternyata telah berubah dan kerap berdoa di gereja. Di sisi lain, penjaga lapas yang kelihatan tegas dan berwibawa ternyata tidak mengutamakan kesejahteraan bersama.

Pada akhirnya, drama ini mengajarkan bahwa kita semua mengambil pilihan dan jalan masing-masing sesuai dengan hal yang kita percaya dan anggap benar. Tidak ada manusia yang sepenuhnya baik atau sepenuhnya jahat.

4. Meski Cerita Dibalut dengan Kehangatan, Namun Tetap Realistis

Prison Playbook memang menjadi drama komedi dengan yang dibalut kehangatan oleh ikatan pertemanan dan kekeluargaan yang disuguhkan. Namun meski begitu, ceritanya tetap dibuat dengan realistis sesuai dengan kondisi dalam tahanan. Drama ini tidak memanipulasi kenyataan dan memaksakan penggambaran yang indah saja.

Hal realistis yang digambarkan dari kehidupan dalam penjara adalah betapa sulitnya para tahanan untuk mempertahankan privasi. Sipir memiliki kecurigaan pada tahanan. Sehingga dengan alasan keamanan, mereka bebas untuk melakukan pemeriksaan kapanpun, meski itu artinya mengecek tempat-tempat pribadi para tahanan. 

Kedua, drama ini menggambarkan bahwa orang yang memiliki kekuasaan (dalam hal ini Je-hyuk memiliki ketenaran dan dianggap sebagai aset negara) bisa mendapatkan apapun yang dibutuhkan dan diperlakukan lebih lembut dibanding tahanan lainnya. Bahkan terkadang, ketenaran Je-hyuk digunakan untuk menaikkan nama baik lapas ke media.

Itulah beberapa hal menarik dan seru untuk diikuti dari drama Prison Playbook. Drama ini sangat ringan dan lucu sehingga cocok untuk kalian yang ingin menonton drama hanya untuk me time. Selamat menonton ya! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Kal

Seorang gadis sederhana dengan pikiran ruwet. Punya kecanduan sama film serta buku.