Lifestyle

DIYAKINI BUKAN SEKADAR BONEKA, SPIRIT DOLL JUGA BISA JADI PELIPUR KESEPIAN

Menyoal spirit doll yang booming karena Ivan Gunawan, ternyata makna dan fungsi boneka ini bisa dilihat dari banyak sisi. Salah satunya bisa jadi solusi dari masalah kesepian yang kerap dialami.

title

FROYONION.COM - Kalau ngomongin soal spirit doll pasti akan memunculkan banyak sekali opini pro dan kontra. 

Contohnya beberapa waktu lalu, Ivan Gunawan sempat jadi trending topic karena ia mengaku sudah memiliki anak. Dilansir dari video Boy William berjudul ‘IVAN GUNAWAN MEMUJI SETAN?!? ADA APA DENGAN IGUN??? | #DrinksWithBoy ‘ , Ivan Gunawan menunjukkan anak yang dimaksud dan diketahui bahwa anak tersebut adalah boneka. 

Tersinggung dengan keraguan Boy untuk mengakui boneka bayi pemberian Ruben Onsu sebagai anak beneran, Ivan tampak kesal dan menegur Boy bahwa boneka tersebut adalah anak bayi sungguhan. 

Dari video ini kemudian pembahasan soal spirit doll jadi rame diperbincangkan. Tapi sebenernya apa sih spirit doll itu? 

Dilansir dari artikel Culture Trip, spirit doll atau yang bahasa Thailandnya adalah Luk Thep dengan arti ‘Anak Malaikat’, adalah boneka bayi yang menyerupai bayi beneran yang biasanya terbuat dari plastik dan diyakini berisi roh bayi korban aborsi yang bisa membawa keberuntungan. 

Selidik punya selidik, ternyata adanya Luk Thep ini punya berbagai cerita sejarah. Salah satunya adalah sebagai hasil dari rendahnya angka kelahiran di Thailand yang menyebabkan ibu-ibu di sana rindu akan kehadiran seorang buah hati. Angka kelahiran yang rendah dibarengi sama harapan hidup bayi yang rendah pula kala itu, membuat Luk Thep hadir jadi salah satu solusi untuk menjawab kerinduan ibu-ibu ini. 

Ada juga yang lebih percaya kalau Luk Thep atau spirit doll hadir sebagai bentuk keyakinan yang emang lagi dibutuhin banget sama masyarakat Thailand saat krisis ekonomi tahun 2016. Selayaknya manusia yang selalu mencari entitas lebih tinggi untuk jadi tempat bersandar, Luk Thep lahir sebagai salah satu opsi kepercayaan yang bisa dianut. Luk Thep kemudian jadi populer karena keberadaannya yang bisa dilihat langsung. 

Punya berbagai macam sejarah, akhirnya sekarang motivasi orang-orang untuk punya spirit doll juga bermacam-macam. 

Ada yang emang niatnya menyediakan ‘rumah sementara’ bagi roh-roh bayi korban aborsi sebelum akhirnya kembali ke akhirat. Hal ini juga turut diamini sama salah satu ibu asuh dari spirit doll, Furi Harun, yang punya sebutan ‘Mother of Spirits’ karena punya 361 spirit dolls. 

Tapi ada juga yang emang niatnya hanya koleksi bonekanya aja tanpa diisi apapun. Kayak Wendy Walters yang terkenal dengan koleksi bonekanya di akun Instagram thewaltersasylum

Alt text: Foto menunjukkan koleksi spirit dolls yang dimiliki Furi Harun yang juga dijuluki sebagai ‘Mother of Spirits’ serta koleksi boneka Wendy Walters yang bukan spirit doll karena tidak berisi roh apapun. Sumber foto diambil dari Instagram @furiharun dan @thewalterasylum.
Koleksi spirit dolls Furi Harun dan koleksi boneka Wendy Walters (Foto: Instagram @furiharun dan @thewaltersasylum | Disunting oleh Grace Angel) 

Sama juga kayak Ivan Gunawan yang emang udah bilang kalau ‘anak’-nya bukanlah spirit doll karena tidak berisi roh apapun. Tujuan Igun adalah untuk merawat boneka tersebut layaknya anak manusia. Dia juga dengan keras menolak sebutan ‘memuja iblis’ atau ‘memelihara setan atau jin’ karena punya boneka tersebut. 

Terus, kenapa dong ada orang-orang seperti Ivan Gunawan rela mengeluarkan isi dompet yang nggak sedikit untuk punya boneka itu? 

PELIPUR RASA KESEPIAN

Jawabannya adalah sebagai solusi untuk menyembuhkan kesepian. Dari wawancaranya dengan Boy William, Ivan Gunawan nggak memungkiri kalau dirinya kerap merasa kesepian di tengah hingar-bingar sebagai artis. 

Dilansir dari jurnal ilmiah berjudul Loneliness Matters: A Theoretical and Empirical Review of Consequences and Mechanisms’, kesepian wajar dirasakan oleh 80% populasi dunia berusia 18 tahun ke bawah dan 40% di atas 65 tahun. 

BACA JUGA: APA IYA MASYARAKAT INDONESIA SEKARANG LEBIH BAHAGIA?

Rasa kesepian sebenarnya wajar dan berhak kok kita rasakan. Tapi yang bikin nggak wajar adalah kalau levelnya udah tinggi banget dan menyebabkan efek samping lainnya. Bahkan rasa kesepian yang berkelanjutan juga bisa mendorong orang untuk bunuh diri. 

Nah, kalau kita melihat dari sisi lain, sebenernya ‘mengasuh’ spirit doll bisa jadi sarana menghilangkan rasa sepi. Dengan memberikan sugesti bahwa sekarang udah punya ‘anak’, maka orang yang punya spirit doll juga merasa punya orang lain untuk nemenin dia. Kehadiran spirit doll ini bisa loh mengisi kekosongan yang timbul dari rasa kesepian. 

Selain itu sugesti punya ‘anak’ tadi juga mendorong pemilik spirit doll untuk berperilaku lebih baik. Makanya nggak heran kalo ada ulasan yang bilang sejak punya spirit doll mereka jadi rajin beribadah, lebih rajin kerja, bahkan ngurangin masturbasi kayak yang dibilang Ivan Gunawan. 

BACA JUGA: COWOK KUDU BACA! INILAH PENGARUH ONANI PADA KESEHATAN PROSTAT LO DI MASA DEPAN

Sebenernya sosok spirit doll untuk menghilangkan kesepian bisa digantikan sama hewan peliharaan, pasangan, punya anak beneran, dan lain sebagainya. Tapi namanya manusia yang adalah makhluk kompleks, pilihan mereka untuk lebih memilih boneka dibanding makhluk hidup lain juga harus kita hormati. 

Alt text: Foto menunjukkan tiga foto potret Ivan Gunawan bersama boneka yang disebut ‘anak’nya. Foto sebelah kiri menunjukkan potretnya bersama Miracle Putra Gunawan, tengah menunjukkan foto boneka Marvelous Putra Gunawan, dan kanan menunjukkan potret Ivan Gunawan yang menggendong boneka Miracle.
Potret Ivan Gunawan bersama ‘anak-anak’nya. (Foto: Instagram @ivan_gunawan | Disunting oleh Grace Angel)

“Banyak yang nanya kenapa Igun nggak adopsi anak yatim piatu beneran aja. Aku bukannya nggak mau adopsi anak, tapi balik lagi ke pribadi masing-masing siap atau enggak. Karena punya anak bernyawa itu berat tanggung jawabnya. Sedangkan merawat baby Miracle (nama ‘anak’ Ivan Gunawan) tanggung jawabnya nggak sebesar itu,” kata Ivan Gunawan dalam videonya yang berjudul ‘BABY EQQEL JADI TRENDING PERBINCANGAN NETIZEN?! INI TANGGAPAN FURI HARUN!!’

Dari sisi ini kita bisa melihat bahwa ada sisi lain yang mungkin sulit diterima oleh khalayak bahwa spirit doll bukan semata-mata penyembahan berhala atau musyrik, tapi ada spektrum kesehatan mental yang sangat luas dan spirit doll bisa menjadi jawaban atas masalah tersebut. 

Jadi, menurut lo sendiri gimana, Civs? Yang mungkin lagi kesepian, tertarik buat mengasuh spirit doll? (*/) 

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Bercita-cita menjadi seperti Najwa Shihab. Member of The Archipelago Singers.