Creative

SOBAT AIR JAKARTA AJAK ANAK MUDA HEALING SAMBIL MEMAKNAI ALAM LEWAT SENI SAMA SAMA

Lupakan healing ke tempat-tempat mahal! Karena Seni Sama Sama hadir untuk kalian yang ingin healing lewat cara yang kreatif sambil memaknai hubungan timbal balik dengan alam. Gratis!

title

FROYONION.COMPernah kepikiran buat healing tapi lewat cara yang kreatif? Daripada kalian menguras kocek untuk sekadar healing yang berujung kepala pening, lebih baik ikut healing bareng Sobat Air Jakarta sambil memaknai kembali indahnya alam dengan kegiatan seni.

For your information, Sobat Air Jakarta adalah komunitas yang dinaungi oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta. Tujuannya untuk mengenalkan sumber daya air yang ada di Jakarta melalui kegiatan menarik di Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan khususnya di Ruang Terbuka Biru (RTB).

“Sobat Air Jakarta adalah komunitas yang bergerak sebagai media komunikasi dan kolaborasi yang didirikan 2021 silam untuk mengenalkan masyarakat terhadap SDA, khususnya melalui RTB yang ada di DKI Jakarta,” terang Dirga, relawan Sobat Air Jakarta.

Untuk itu, pada Sabtu, 8 April 2023, kegiatan bertajuk Seni Sama Sama:  Makna Hubungan Timbal Balik dengan Alam Terbuka Melalui Seni yang diikuti sejumlah peserta ini diselenggarakan secara gratis sekaligus menjadi cara alternatif untuk healing.

Demi mencapai esensi dari tujuan tersebut, Sobat Air Jakarta  berkolaborasi dengan Heart of People, organisasi nirlaba di Jakarta yang memiliki misi penting sebagai tempat aman untuk mendukung kesehatan mental bagi seluruh masyarakat.

“Kali ini kita melakukan seni, kita hangout bareng, kita kembali ke alam lewat media seni dan mengekspresikan apa aja yang ada di pikiran kita. Setelah kita tenang mendengar gemericik air, melihat hewan, rindangnya pepohonan, terus kita melakukan seni, pengekspresian di dalam hati kita itu bisa lebih bebas untuk mau ngapain aja,” ujar Dirga.

Penasaran dengan kegiatannya? Tim Froyonion.com, Lukman, telah mendokumentasikan keseruan acaranya khusus untuk kalian. Yuk, kita intip di sini!

BACA JUGA: HEALING, APA YANG MEMBUAT GENERASI Z TERGILA-GILA?

MEMAKNAI KEINDAHAN ALAM DENGAN MENYUSURI RINDANGNYA TAMAN

Perjalanan pertama, kita mulai dengan kegiatan walking tour untuk menyusuri Taman Langsat yang berlokasi di Jalan Barito, Jakarta Selatan dengan ditemani hangatnya mentari pagi.

Alasan memilih Taman Langsat sebagai lokasi kegiatan karena terkenal dengan area hijaunya yang luas, plus memiliki area biru dengan keberadaan danau buatan yang bikin suasana tambah asri dan cocok untuk berekreasi.

“Karena terkenal dengan RTH yang luas, ditambah dengan RTB, dan ada pula kolam yang cantik dengan bunga teratai. Taman ini juga mudah dijangkau pakai transportasi umum lewat MRT dan Transjakarta. Terus, banyak spot favorit untuk piknik, duduk duduk, sampai gelar tikar,” ucapnya.

Hebatnya, meski sebagian peserta tengah menjalani ibadah puasa ramadan, ternyata nggak menyurutkan antusiasme dan rasa penasaran mereka ikut seluruh rangkaian kegiatan ini.

Di beberapa titik, relawan Sobat Air Jakarta ngejelasin informasi seputar taman dan perairan darat. Mulai dari fakta danau retensi, alasan sungai, danau, waduk, dan perairan daratan di Jakarta yang berbeda warna, dan istilah-istilah perairan darat yang jarang kita ketahui.

Lalu, giliran relawan Heart of People membagikan secarik kertas untuk mengisi apa yang mereka lihat, dengar, dan rasakan selama di Taman Langsat. Karena di akhir acara, kertas ini menjadi panduan mereka untuk pengekspresian diri lewat Seni Sama Sama.

Beruntungnya, peserta bisa menikmati hamparan bunga teratai yang tersebar penuh di tengah danau buatan. Terus, ketemu kawanan angsa putih yang cantik dan sama sekali nggak galak. Spontan seluruh peserta buru-buru mengabadikan momen ini.

Setelah sampai di pos akhir, relawan dari Sobat Air Jakarta dan Heart of People ajak peserta untuk nyeritain kesan mereka menyusuri keindahan Taman Langsat. Jawabannya unik-unik, ada yang bilang baru pertama kali ke sini, sampai speechless bahwa Jakarta pun punya taman rindang nan tersembunyi.

SENI SAMA SAMA LEWAT MENGGAMBAR SEBAGAI MEDIA HEALING

Biar arti healing dengan memaknai hubungan timbal balik alam makin sempurna, waktunya Seni Sama Sama! Agenda kedua ini diwakili oleh teman-teman relawan Heart of People untuk mengekspresikan diri peserta lewat seni menggambar.

“Untuk acara ini kita perdana banget kolab sama Heart of People. Dan aslinya, Heart of People dulu yg mengadakan Seni Sama Sama. Terus habis itu dengan adanya kegiatan di alam, akhirnya ada Sobat Air Jakarta dan Heart of People yang mengadakan,” terang Dirga.

Dan di sinilah gunanya secarik kertas yang dibagikan kepada peserta saat awal perjalanan tadi. Apa yang telah mereka lihat, dengar, dan saksikan, selanjutnya dituang dalam media kertas untuk peserta buat sebuah gambar ataupun coretan.

Contohnya, hasil karya yang dibuat tim Froyonion.com, Lukman, menggambarkan seseorang yang tengah duduk tenang di taman, sambil ditemani kicauan angsa, dan hijaunya bunga teratai. Bener-bener bisa jadi aktivitas self love yang sempurna!

Peserta lain pun nggak kalah jago dalam menggambarkan imajinasi serta ekspresi diri mereka. Misalnya, potret Taman Langsat yang terkenal dengan danau teratai dan pepohonan hijaunya.

Sehabis menggambar, peserta mempresentasikan gambar yang telah mereka buat. Tujuannya satu, untuk memberanikan mereka menyalurkan pendapat, unek-unek, dan curhat selama mereka menyusuri Taman Langsat.

“Aktivitas Seni Sama Sama menurut saya bisa mencurahkan semua ide. Karena hobi saya ngegambar, terus juga didukung oleh suasana taman. Ya, jadi lebih nyaman sih, terus lebih rileks,” komentar Lutfi, salah satu peserta acara.

Akhirnya, lewat Seni Sama Sama menjadi kegiatan kreatif untuk mengajak kita kembali memaknai hubungan timbal balik dengan alam, plus bisa kalian jadikan alternatif healing yang lebih bermanfaat.

Bagi kalian yang tertarik ikut keseruannya atau tertantang menjadi relawan, pantau terus informasi melalui akun Instagram @sobatair.jkt dan @heartofpeople. Salam healing! (*/)

BACA JUGA: MANFAAT POSITIF UNTUK LO YANG SUKA LIHAT MEME, SALAH SATUNYA BISA MEREDAKAN STRES

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas