Creative

REBRANDING EXSPORT: BRAND LAMA YANG KINI LEBIH TRENDI

Di umur berapa kamu tahu brand tas Exsport itu dari dalam negeri dan sudah ada selama 44 tahun?

title

FROYONION.COM - Kalau ngomongin tentang brand tas, pasti kalian sudah tidak asing dengan merek ini. 

Tas Exsport adalah salah satu brand tas lokal yang cukup terkenal pada masanya. Brand yang masih di bawah naungan Eiger ini sudah lama ada di Indonesia sejak tahun 1979. 

Brand ini awalnya mengangkat konsep tas untuk campus life hingga sekarang berubah menjadi tas cheerful feminine untuk anak muda.

Brand asal Bandung ini awalnya dipegang sendiri oleh pemiliknya yaitu Ronny Lukito, selaku pemilik dari Eiger. 

Awalnya ini brand ini bernama Exxon. Namun karena terganjal lisensi, brand ini diganti nama menjadi Exsport dan merupakan brand tas pertama yang dimiliki oleh Ronny. 

Bisa dikatakan, Exsport ditujukan untuk anak-anak muda yang sportif. Berkat image tersebut, tas ini berhasil memenangkan persaingan di antara brand tas lain karena memang memberikan kualitas yang terbaik. 

BACA JUGA: SEBERAPA BANYAK PENGARUH BARANG BRANDED PADA KARIERMU?

Tas Exsport sudah banyak mengalami rebranding ketika masih dipegang oleh Ronny. Namun, eksistensi dan ketenarannya masih saja bertahan dan tetap menjadi favorit untuk orang-orang. 

Semenjak kemunculan beberapa brand lokal terbaru akhir-akhir ini, brand Exsport namanya mulai meredup. Tapi, itu tidak menjadi masalah dan membuat brand ini berhenti begitu saja. Justru, brand ini malah melakukan transformasi. 

Exsport melakukan perubahan besar-besaran, mulai dari mengubah bisnis model, restrukturisasi, dan mengembangkan DNA produk. 

Mendapatkan amanah dari sang ayah Ronny Lukito, brand Exsport diberikan kepada anaknya Angel Lukito yang sekarang menjadi Brand Director Exsport pada tahun 2020.

Angel Lukito mencoba rebranding Exsport agar terus berkembang dan tidak lekang oleh zaman. 

Menurutnya, identitas baru Exsport kali ini bisa relevan dengan target marketnya dan bisa fokus untuk mendukung anak muda agar dapat berekspresi dengan bebas dan jujur lewat produk dan movement yang dilakukan oleh Exsport. 

Dengan menggunakan branding baru yang mengusung tagline #BringYourSelfOutbrand ini mampu membuat orang-orang membuka kenangan lama dengan Exsport dan membuat memori baru dengan brand ini. 

Exsport yang memiliki produk terkenal dengan tas ransel yang awet ini menghadirkan bermacam-macam produk lain dalam rebranding kali ini seperti tote bagrucksackwaist bagsling bagpouchhandbag, dan masih banyak lagi.

Selain memiliki banyak produk, brand ini juga melakukan beberapa kolaborasi dengan seniman dan juga brand lain. 

Exsport bekerja sama dengan penyanyi Raisa dengan mengusung konsep berani bermimpi besar, serta ini juga menjadi salah satu official merchandise Raisa Live in Concert di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada bulan Februari 2023 kemarin. 

Selain itu, Exsport juga berkolaborasi dengan brand Yupi yang mengusung konsep bernostalgia ke masa kecil pada tahun lalu, dan masih banyak kolaborasi yang lain.

Exsport juga telah membuka flagship store di kota kelahiran asal brand ini, yakni Bandung, tepatnya di Jalan Bahureksa. 

Toko ini baru saja dibuka pada tahun 2021 dan menampilkan dan menjual produk dari Exsport. Dengan mengusung konsep self-service dan juga semi-exhibition, pembeli bisa merasakan sendiri produk yang memang disukai. 

Selain di toko, produk Exsport juga bisa didapat di website dan e-commerceSo, jangan lupa mampir dan pakai produk Exsport! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dhimas Risky

Penulis pemula yang menulis semua bahasan, mulai dari trend, olahraga, jagat dunia maya, hingga pengembangan diri.