Kreatif

PODFEST 2024: DUA TAHUN BERJAYA, PODCAST FESTIVAL TERUS BERKEMBANG

Podfest 2024 hadir dengan tema ‘Bersafari’. Menghadirkan beragam kolaborasi dan kejutan menarik, mulai dari kemunculan Raisa, hingga kali pertama Grind Boys tampil secara live setelah tidur panjang.

title

FROYONION.COM - Menjadi festival podcast pertama di Indonesia, Podcast Festival (Podfest) berhasil disambut baik oleh khalayak yang hadir pada Sabtu (22/6). 

Brickhall Fatmawati Jakarta menjadi tuan rumah Podfest pada tahun ini, setelah pada tahun sebelumnya diadakan di M Bloc Space Jakarta. 

Animo pengunjung yang hadir berhasil meludeskan 3.000 tiket pada Hari-H. Ramainya pengunjung tampak memenuhi 3 Stage yang ada, yaitu HIHI Stage, HAHA Stage, dan HEHE Stage.

Setiap Podcaster berhasil menghibur dan mendulang gelak tawa dengan gimik dan kejutan yang ditampilkan. Berikut momen yang berhasil penulis rekam dalam ingatan pada Podfest 2024.

KOLABORASI BERSAMA MUSISI

Podcast Ancur x Bernadya menjadi penampil pembuka di HAHA Stage. Naik ke atas panggung pada 15.30 WIB. 

Tanpa babibu; trio Randika Jamil, Patra Gumala, dan Diaz Danar berhasil membuat venue indoor itu penuh dengan penonton yang sudah bersila, siap menantikan jokes om-om mereka.

Tampak dibuka dengan gimik menggunakan kostum harimau yang digunakan Randika Jamil. Lalu disusul Bernadya yang menjadi kolaborator. Keduanya berbincang terkait perilisan album penuh perdana milik Bernadya. 

POSCAST FESTIVAL
Penampilan Podcast Ancur x Berndaya. (Foto:Froyonion/Andhika Pratama Tieyadh)

BACA JUGA: HARUMKAN INDONESIA, SICKZOMBIES TAMPIL DI FESTIVAL EDM TOMORROWLAND BELGIA PADA JULI INI

Setelah berbincang singkat, Bernadya pun menyanyikan 4 lagu andalannya: “Apa Mungkin”, “Satu Bulan”, “Kata Mereka Ini Berlebihan”, dan “Kini Mereka Tahu”.

Lalu pada 17.30 WIB, penampil selanjutnya di stage yang sama, yaitu RAPOT; empat sekawan itu hadir dengan riasan musisi idola. 

Mulai dari berdandan ala K-pop hingga Dangdut, mereka juga didampingi oleh para translator sebagai perantara untuk Teman Tuli yang hadir pada Show mereka. 

Di tengah pertunjukan tiba-tiba hadir Raisa yang juga menjadi kolaborator menjadi kejutan bagi pengunjung yang hadir.

GIMIK MERIAH ALA PODKESMAS

Bisa dibilang menjadi pentolan Podcaster di Indonesia, Podkesmas memeriahkan HAHA Stage dengan menghadirkan Singa Depok/Sisingaan. 

Venue HAHA Stage penuh sesak hingga area outdoor. Beberapa penonton yang penasaran menyaksikan aksi Omesh, Surya, dan Angga Nggok menaiki kesenian khas Subang, Jawa Barat.

BACA JUGA: 4 POIN PENTING WAWANCARA ALA PODCASTER MAKNA TALKS IYAS LAWRENCE

PODFEST
Angga Nggok menaiki Singa Depok/Sisingaan (Foto:Instagram/Podkesmas)

Lalu timbul pertanyaan: “Di manakah Darto?” 

Setelah dikabarkan tidak bisa hadir, ternyata pertanyaan tadi terjawab, bahwa badut berkostum singa yang sedari awal hadir di antara para personil adalah Imam Darto.

Penampilan Podkesmas kurang lebih berlangsung selama satu jam, mulai dari 19.45 WIB sampai 20.45 WIB. Tak heran podcaster yang personilnya diisi para artis ini berhasil mengocok perut penonton dengan maksimal.

KEMBALINYA GRIND BOYS TAMPIL SECARA LIVE

Setelah Gofar Hilman diterpa kabar miring pada 2 tahun lalu, Grind Boys hadir kembali secara live bersama sobat mereka, yaitu BKR Brothers

Bak susunan yang solid, kehadiran Wanda, Molen, Gofar, Rio, Rico, dan Bobby berhasil menjadi penutup pada HIHI Stage yang tak habis-habisnya melempar punchline yang kena terus.

Bercandaan tongkrongan khas ala Wanda “Oke” alias “Si Dia” berhasil membuat semua penonton yang hadir tertawa lepas. Bahkan bisa dibilang menjadi Spotlight selama Podfest berlangsung pada hari tersebut.

BACA JUGA: RADO ARDIAN, CEO NOICE: PODCAST AKAN TERUS DIMINATI DI INDONESIA

PODFEST 2024
Penampilan BKR Brothers x Grind Boys. (Foto:Froyonion/Andhika Pratama Tieyadh)

Memang Grind Boys memiliki tempatnya sendiri di hati para penggemar berat mereka. Terbukti dengan fans mereka yang militan duduk bersila di paling depan.

Obrolan yang ngalor ngidul dan bahkan tak jarang celetukan Wanda yang melenceng jauh hingga bernyanyi asal bunyi, malah membuat penonton kian terhibur. 

Jokes internal para teman masa sekolah ini pun melesat tepat tanpa meleset menjadi kelucuan yang tak terbendung.

Keberhasilan Podfest di tahun kedua menjadi bukti bahwa peminat Podcast di Indonesia begitu masif dan beragam. Terlepas dari tema yang dihadirkan tiap Podcaster, semua pengunjung terlihat senang dan terhibur. Jadi siapa yang udah gak sabar buat Podfest 2025 tahun depan? (*/)  

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dikok

Peduli apa terjadi, Terus berlari tak terhenti.