Kreatif

PAMERAN ‘ALL THE SMALL THINGS’ JADI WADAH BAGI SENIMAN MUDA UNTUK TAMPIL

‘All The Small Things’ oleh Muklay menghadirkan berbagai jenis karya seni, mulai dari karya 2D hingga 3D. Pameran ini sekaligus menjadi bagian dari rangkaian acara Jakarta Doodle Fest 2024.

title

FROYONION.COM - Kalian para pencinta pameran seni gak bakal kehabisan agenda. Karena pada besok, Sabtu tanggal 8 Juni, pameran All The Small Things (ATST) oleh Muklay bakal digelar selama satu bulan ke depan.

Pameran karya seni tersebut akan berlokasi di Artloka, Wisma GEHA, Jakarta. ATST kali ini merupakan pameran edisi ke-6. Melanjutkan ATST tahun sebelumnya yang berhasil menarik lebih dari 5.000 pengunjung. 

BACA JUGA: PERUPA INDONESIA MUKLAY GELAR PAMERAN TUNGGAL DI JEPANG BERTAJUK ‘DISTRACTION’

Kehadiran ATST edisi extended ini berkolaborasi dengan Jakarta Doodle Fest (JDF). Perayaan seni visual tahunan tersebut akan terselenggara pada 1-3 November 2024 mendatang.

ATST hadir sebagai wadah bagi para seniman untuk menampilkan karya mereka, yang mana karya-karya ini juga dapat dibeli oleh publik. 

YANG BERBEDA DARI ATST SEBELUMNYA

ATST versi extended yang terlaksana tahun ini memiliki perbedaan dengan ATST biasa seperti pada edisi-edisi sebelumnya. 

“Pada All The Small Things biasa, kami lebih mengutamakan invitation dan open submit, dengan [komposisi] masing-masing 50% dari seniman yang ikut,” terang Muklay. 

“Kalau yang extended, bedanya adalah kami mengambil invitation-nya dari artists yang kemarin sudah submit. Kami nggak ingin mereka cuma ikut sekali, jadi ikut dua kali,” tambahnya dalam press conference di Artloka pada Jumat (7/6).

Pameran All The Small Things
Muchlis Fachri aka Muklay, kurator pameran All The Small Things extended. (Foto: Fadhil/Froyonion.com)

BACA JUGA: MANJAKAN MATA DENGAN ‘HEALING’ DI 4 PAMERAN SENI GRATIS DI WISMA GEHA JAKARTA

Muklay lanjut menjelaskan bahwa open submission yang diterima adalah yang belum pernah mengikuti ATST atau pameran lainnya. 

“Kita bahkan nemu ada seniman yang baru pameran pertama kali di sini, di ATST. Itulah [alasan] mengapa untuk extended kita memilih berskala kecil,” ucapnya selaku kurator.

SHARING SESSION BERTAJUK ‘CREATIVE SPEED DATING’

Creative Speed Dating adalah upaya dari ATST dan JDF untuk memberi ruang bagi para kreator (meliputi seniman, ilustrator, brand founder, dsb.) untuk bertemu dan saling berbagi cerita tentang iklim industri kreatif saat ini.

“Kami sengaja membuat acara tersebut supaya kreator bisa berkumpul dan bercerita. Pada sesi ini, kalian bisa ngobrolin pekerjaan dan kehidupan [sebagai kreator],” terang Christine Laifa, Cofounder of Jakarta Doodle Fest and TFR.

BACA JUGA: HOTEL FOR PLAY, PAMERAN SENI BERKONSEP SEX EDUCATION DI JAKARTA

Creative Speed Dating nantinya akan berlangsung pada Sabtu, 15 Juni di Artloka, Wisma GEHA, Jakarta. Kalian yang tertarik untuk bergabung bisa mengisi form yang akan rilis pada hari ini di media sosial Instagram @allthesmallthings.ext.

“Karena mereka [kreator] kebanyakan introvert, inilah cara supaya mereka mau ke luar dari sarangnya dan bertemu dengan orang baru,” tambah Christine.

Deretan seniman yang ikut memeriahkan ATST 6 antara lain Ahadi Bintang, Aliefya Stann, Arfie, Diana Rikasari, Ermisa, Irfan Hore, Isa Indra Permana, dan Jaimee Maulana. 

Hadir juga Jul Hendri Steven, Marrsudi, Miranda Pranoto, Muhiqballs, Muna Diannur, Mustafa Kamal, Naela Ali, Onkogx, Rei Fahrej, dan Wickana Laksmi Dewi.

Pameran All The Small Things Extended terbuka untuk umum dan gratis. Pembukaan hari pertama pada Sabtu (8/6) dibuat seru dengan opening party yang dimeriahkan oleh Replay Repliy, Pemuda Sinarmas, Iqbal Djha, dan Gilang Fitz. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung