Creative

INDONESIA KAYA MEMBUKA KELAS PELATIHAN MUSIKAL BUAT KALIAN PARA TALENTA MUDA SECARA GRATIS!

Kelas Pelatihan Musikal oleh Indonesia Kaya meliputi tiga disiplin seni, yaitu akting, musik, dan tari. Sejumlah 45 peserta yang lolos seleksi dapat mengikuti keseluruhan kelas secara gratis!

title

FROYONION.COM  Indonesia Kaya membuka program Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya (RK IMB), sebuah kelas pelatihan bagi peserta yang memiliki minat untuk menjadi seniman panggung. Kelas tersebut dibuka secara gratis.

Kalian yang tertarik bisa mendaftar pada periode 20 Juni - 21 Juli 2024. Kelas pelatihan ini mengintegrasikan tiga disiplin dalam seni panggung, meliputi akting, musik dan tari dengan kurikulum yang menggabungkan disiplin teknik berstandar internasional dan muatan Nusantara serta menghadirkan para pengajar terbaik.

“Program Ruang Kreatif Intensif Musikal Budaya dirancang bagi para seniman panggung yang berkeinginan untuk menjadi seniman profesional dan ingin segera menginjakkan kaki ke industri seni pertunjukan musikal,” ujar Billy Gamaliel, Program Manager www.indonesiakaya.com. 

KELAS PERSIAPAN GRATIS BAGI PENDAFTAR

Sebelum mendalami materi, semua peserta akan mengikuti sesi Kelas Persiapan terlebih dahulu untuk menyamakan kemampuan dasar yang mereka miliki.

Kelas Persiapan akan berlangsung mulai September 2024 hingga Mei 2025. Pada sesi tersebut, semua peserta tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis!

BACA JUGA: KISAH DALAM LAGU TULUS HADIR DI PANGGUNG MUSIKAL ‘INTERAKSI’

Program RK IMB diharapkan bisa menciptakan seniman baru yang bisa maju ke kancah seni internasional.

Billy menjelaskan bahwa para peserta akan dididik demi meningkatkan kemampuan dan skill dasar dari tiga disiplin seni yang telah disebutkan. Kelas ini menjadi wadah bagi calon seniman untuk bersinar di industri seni yang sesungguhnya. 

“Melalui program ini, [kami] juga membuka koneksi untuk terjun langsung ke dalam industri seni pertunjukan, ” tambah Billy.

BERLATIH BERSAMA PENGAJAR KOMPETEN

Setiap kelas dalam program RK IMB akan dibawakan oleh pengajar terbaik di kelasnya. Di antaranya adalah Pasha Prakasa, seorang penampil, koreografer, dan sutradara yang telah berkecimpung di dunia musikal Indonesia serta mancanegara. Salah satu karyanya adalah film Petualangan Sherina 2. 

Turut mengajar Ufa Sofura. Ia akan mendampingi Pasha untuk membimbing seni tari. Ufa sebelumnya telah berkolaborasi bersama Eko Supriyanto dan Didik Nini Thowok seperti Indonesia Menari 2020, Culture Mission Tour Indonesia di USA 2013, Opening Miss World di Bali 2013, dan banyak lagi. 

Ayu Gurnitha juga akan hadir mengajar peserta. Ia memiliki banyak pengalaman di dunia koreografi, kehadirannya menjadi peran penting dalam musikal di Indonesia seperti Musikal Keluarga Cemara, Film Petualangan Sherina 2, dan lainnya.

BACA JUGA: 'MUSIKAL KELUARGA CEMARA' PANTAS DINOBATKAN SEBAGAI MUSIKAL TERBAIK TAHUN INI

Peserta juga akan menjumpai Andrea Miranda, salah satu pengajar di Purwa Caraka Music Studio. Ia memiliki andil pada pelatihan program ini dalam bidang vokal. 

Pengalamannya di bidang seni panggung sebagai pemain, vocal director, dan guru akan memoles kemampuan para peserta lebih hebat lagi. Andrea akan ditemani oleh Dani Dumadi. Dani adalah vocal coach dengan latar belakang dan pengalaman belajar dengan banyak pengajar. 

Lalu yang terakhir adalah Venytha Yoshiantini dan Putri Indam Kamila yang melatih peserta dalam dunia akting. Selama berkarir, Venytha telah bekerja sama dengan Universal Studios Singapore, Trans Studio, dan Metro TV. 

Semenara Putri, ia merupakan peserta IMB 2019 dan lolos beasiswa untuk mengikuti pelatihan singkat di New York. Putri juga terlibat di beberapa pertunjukan dan film, seperti Musikal Keluarga Cemara, Hairspray the Musical, Serial Musikal Nurbaya, Serial Musikal Payung Fantasi dan film Petualangan Sherina 2.

“Untuk melahirkan seniman baru yang siap tampil di panggung nasional maupun internasional, kami menyiapkan kurikulum berstandar internasional yang digabung dengan muatan nusantara,” ujar Pasha Prakasa, pengajar akting.

“Kami percaya, perpaduan kurikulum ini akan membentuk dan mematangkan skill set para peserta yang dibutuhkan di panggung-panggung musikal sekarang ini,” tambahnya. “RK IMB menjadi kesempatan emas bagi para seniman muda untuk turut serta ke dalam industri pertunjukan musikal.” 

KETENTUAN MENJADI PESERTA RK IMB

Kalian yang tertarik menjadi peserta program RK IMB bisa melakukan registrasi dengan membuat video audisi sesuai ketentuan dan mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap. 

Informasi lengkap terkait registrasi, periode pendaftaran, dan panduan video audisi bisa kalian akses melalui www.indonesiakaya.com/ruangkreatifimb.

Syarat Peserta

Periode pendaftaran

● Periode Registrasi – 20 juni 2024 – 21 juli 2024

● Audisi offline - 10-11 Agustus 2024

● Pengumuman Penerimaan - 16 agustus 2024

Periode kelas

● Kelas Persiapan –  14, 15 dan 21,22 September 2024

● Term 1 – 5 Oktober – 21 Desember 2024

● Term 2 – 4 Januari – 22 Maret 2025

● Term 3 – 21 April – 2 Mei 2025

Sejak tahun 2019, Indonesia Kaya telah menyelenggarakan program serupa yang diikuti oleh 672 peminat seni dengan 70 peserta terpilih. 

Lalu pada tahun 2021-2022, program RK IMB diperbarui dengan konsep hybrid yang intensif dengan limitasi 100 peserta.

Kalian para Gen Z dan Millennial, yang berusia 16-30 tahun, silakan langsung mendaftar karena kesempatan kelas pelatihan gratis seperti ini jarang sekali ditemui. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Fadhil

Content writer Froyonion, suka pameran seni dan museum, sesekali naik gunung