FroyonionHQ

SOBAT RANTAU, INI PETUAH DARI GUE YANG UDAH 'KENYANG' NGEKOS SELAMA 1 DEKADE!

Belum pernah ngerasain tinggal ngekos di luar kota sendirian? Di tulisan perdananya kali ini, Lisa ngebagiin pengalamannya menjalani kehidupan sebagai anak kos dan kiat-kiat supaya jadi anak rantau yang tangguh.

title

FROYONION.COM - Seperti yang kita ketahui semua, sekarang aktivitas belajar-mengajar tatap muka dan work from office mulai kita bisa rasakan, karena harus mulai sekolah, ngampus, atau ngantor lagi sebagian dari kita mungkin harus ngerantau karena rumahnya jauh. 

Kali ini gue Lisa Mariana, Creative Associate Froyonion, akan bagiin pengalaman gue sebagai anak rantau. Mungkin biar lebih kenal dikit, gue itu asalnya dari Cicurug-Sukabumi (buat yang tau tau aja, hehehe…) terus karena SMA gue di Bogor dan cape banget kalau pulang pergi tiap hari makanya ngekos deh sampe sekarang kerja di Froyonion, yah.. Kurang lebih 9-10 tahun lah menjadi anak nomaden.

Mungkin kalau kalian yang mau gabung ke klub anak rantau ini bakalan bertanya-tanya, gimana sih rasanya ngekos? Suka dukanya apa? Bagi tips-tipsnya dong? Nahh dari artikel ini gue akan bantu jawab beberapa yah… 


'NANO-NANO' RASANYA

Awal-awal sih pasti seru yah, apa lagi gue ngekos pertama kali tuh SMA, pulang malem gak ada yang larang, mau belajar gak belajar gak masalah, main terus kerjaannya nongkrong. 

Tapi kalau boleh jujur lama-lama kaya ada perasan sedih sih, kaya kadang pulang cape abis main kamar masih berantakan gak ada yang ngurus, atau lagi sakit gak ada yang tau gak mau ngabarin orang tua juga karena gak mau bikin panik padahal lagi gak punya stok obat, terus karena gue SMA pas ambil rapot gue itu sendiri nebeng orang tua temen buat ambilin rapot. 

Kalau ditanya kalau sekarang gimana? Kan udah lama nih jadi bocah kos? Masih ngerasa sedih dikit sih kalau sakit cuman kaya udah kebiasaan jadi yah jalanin aja, kadang kaya udah tau tubuh sendiri kalau sakit harus gimana, beli obat online, kalau udah parah yah ke rumah sakit sendiri.

PELAJARAN HIDUP NGEKOS

Kalau dibilang menjadi mandiri sih udah pasti ya,  cuman kayanya yang menurut gue pelajaran yang lebih berkesan mungkin kaya bisa mendapat momen-momen seru bareng temen-temen soalnya kaya mungkin sebagian temen yang lain jam 11 udah ada yang ditelepon disuruh pulang sementara di jam-jam 11 itu lagi deep talk. Selain itu lebih menghargai waktu bareng keluarga sih, karena biasanya gue jauh sama orang rumah.

TIPS JADI ANAK KOS STRONG

Kalian pasti pernah denger “anak kosan akhir bulan cuman bisa makan mie instan” atau yang ekstrim  “akhir bulan cuman bisa ngemilin Pr*mag” atau mungkin “anak kosan lusuh”. Sebagian orang mikir: “Masa iya sih sampe segitunya?” 

Nah ini dia tips dari gue mungkin yang bisa membantu lu jadi anak kos yang tangguh:

  • Bikin suasana kamar kosan senyaman mungkin

Kamar kosan biasanya kan template-an ya. Biasanya mirip-mirip, seragam gitu deh, boring kesannya. Biar gak jenuh-jenuh banget, gue saranin beli beberapa barang untuk dekorasi kamar kosan biar lebih nyaman. Nggak harus aesthetic banget juga kok. Bentuknya bisa aja sesimpel ganti seprai yang lebih minimalis, karpet, taman atau dekorasi kamar. Itu semua menurut gue udah cukup sih buat kita lebih nyaman di kamar. Jadi perlakukanlah kamar kosan kita seperti kamar di rumah kita sendiri. Yang nggak kalah penting adalah kebersihan kamar. Jangan lupa harus sering bersih-bersih kamarnya. Selain jangan sampe diprotes ibu kos atau tetangga gara-gara bau, juga itu kan demi kenyamanan dan kesehatan lu sendiri sebagai pemilik kamar. Kalau kotor atau berantakan, yang jadi sakit atau kesel kan diri lu juga.

  • Atur keuangan sebulan dengan cerdas

Salah satu hal yang penting dari kehidupan kosan adalah masalah keuangan, biar gak nyampe nyemilin Pr*mag. Biasanya yang gue lakuin sih misahin antara kartu debit untuk nabung dan kartu debit yang dipakai untuk sehari-hari. Sebagai contoh yang lebih baik kaya yang dilakuin temen gue di kantor Grace. Dia ngejatahin sebulan untuk jajan berapa, makan berapa, belanja belanja berapa dan nabung berapa. Setelah itu jangan lupa buat disiplin nerapin rencana tadi. Jangan sampe bikin rencana dan jatah tapi di tengah-tengahnya dilanggar sendiri.

  • Bersosialisasi tapi jangan rusuh

Bersosialisasi itu penting gaes jadi kalau ada apa-apa bisa minta tolong. Kita kan jauh dari orang tua jadi salah satu lingkungan terdekat kita ya warga kosan. Kalau kita sakit, atau kekurangan bahan makanan, dan lain-lain kita bisa saling membantu. Tapi kalau misalnya udah bersosialisasi udah akrab banget nih biasanya jadi sering nongkrong tapi inget ya jangan sampe buat rusuh nongkrong sampe malem lupa waktu teriak-teriak. Saling menghargai sesama penghuni kos. Siapa tau lagi ada yang belajar atau mau tidur pas lu ngobrol seru? Jadi usahakan tetap menjaga perilaku lu selama ngekos.

  • Gak kok apa-apa minta uang orang tua kalau udah abis

Nah ini juga, mungkin kita suka gengsi ya apalagi kalau yang udah kerja uang lagi kurang-kurangnya atau tiba-tiba ada musibah sakit atau laptop rusak. Jangan sampe nyusahin diri sendiri kaya minjem uang dari pinjol (pinjaman online) atau ngirit-ngirit sampe jadi sakit karena pasti orang tua lu juga khawatir.

Nah mungkin segitu aja ya sedikit yang bisa gue bahas kalau ada waktu senggang gue bakal sharing lagi di sini. Terima kasih ya Civs karena udah mampir dan baca. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lisa

Creative associate Froyonion, masih pengen belajar banyak tentang hal-hal baru.. asek!