FroyonionHQ

BELAJAR MEMAHAMI ALAM DARI NAIK GUNUNG

Setiap tanggal 11 Desember, dunia memperingati Hari Gunung Internasional dengan tujuan meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya menjaga alam. Tapi dari naik gunung, gue juga belajar memahami hubungan timbal balik antara manusia dengan alam.

title

FROYONION.COM - Civs, lo tahu nggak kalo hari ini (11/12) diperingati sebagai Hari Gunung Internasional?

Awalnya tahun 1992, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi Chapter 13 of Agenda 21 “Managing Fragile Ecosystems: Sustainable Mountain Development” di Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Lingkungan dan Pembangunan.

Sejak saat itu, tanggal 11 Desember jadi Hari Gunung Internasional deh.

Nah, tahun ini Hari Gunung Internasional mengangkat tema ‘Wisata Gunung Berkelanjutan’. Tema ini diusung supaya bisa mempromosikan gunung sebagai objek wisata tapi di saat yang bersamaan juga ngajak kita untuk melestarikan alam.

Kalo dilansir dari situs Food and Agriculture Organization (FAO) ada beberapa hal yang bisa kita lakuin untuk turut berpartisipasi dalam Hari Gunung Internasional. Salah satunya ceritain pengalaman berwisata di gunung dan pake #MountainsMatter.

Gara-gara ini, gue jadi flashback ke masa-masa gue masih aktif banget di organisasi pecinta alam. Yah walaupun sekarang badan udah jompo, tapi gini-gini dulu gue juga pernah ngerasain susah payah naik gunung yang tentunya punya banyak cerita.

Jadi ceritanya gue pertama kali kenal dengan aktivitas naik gunung waku kelas 7 SMP atau 10 tahun yang lalu. Semuanya berawal karena gue waktu SMP termasuk siswi yang pengen ikutan banyak kegiatan. Jadilah gue ikut organisasi bernama Pasukan Khusus yang disingkat Passus.

Dari namanya kayak keren-keren membingungkan gitu kan ya. Tapi sebenernya ini kayak tim Pramuka yang sengaja dibentuk untuk memperdalam ilmu-ilmu kepramukaan serta belajar banyak hal tentang cara bertahan hidup di alam.

Buat gue yang masih bocah waktu itu, kegiatan kayak gini rasanya seru banget. Tapi yang gue pikirin waktu itu bukan soal naik gunungnya, tapi soal berlibur bareng temen-temen. Bisa dibilang motivasi gue naik gunung waktu itu masih cetek banget deh.

Sampe akhirnya gunung pertama yang gue daki adalah Gunung Ungaran di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Gue mendaki bareng sama temen-temen satu organisasi yang tentunya ditemani juga sama beberapa guru.

Gue inget banget waktu pertama kali mencoba naik gunung, gue masih awam sama peralatan-peralatan gunung yang seharusnya digunakan. Misal kayak tas. Kalo naik gunung kan disarankan pake tas carrier yang kuat dan muat banyak. Kapasitasnya juga bermacam-macam, dari 30 liter sampai 80 liter juga ada.

Alih-alih pake tas carrier, waktu itu gue cuma pake tas punggung yang biasanya gue pake buat berangkat sekolah. Awam banget kan? Padahal tas carrier memang sengaja diciptakan dengan desain yang se-ergonomis mungkin untuk ngebantu para pendaki bisa bawa banyak muatan sekaligus menjaga postur badan.

Selain itu, sepatu yang gue pake juga sepatu sekolah biasa tanpa sol yang bergerigi. Kalo dipikir-pikir, dulu gue nekat juga. Karena seharusnya pake sepatu gunung atau minimal sendal gunung deh. Soalnya, sol yang bergerigi yang ada di sepatu atau sendal gunung juga bertujuan untuk membantu pendaki supaya nggak gampang jatoh atau kepeleset.

Waktu itu gue sama sekali nggak kebayang kalo gunung bisa jadi tempat paling indah sekaligus membahayakan.

Tapi balik lagi ke cerita pertama kali gue naik gunung, mendaki Gunung Ungaran waktu itu terasa lancar banget. Apalagi gue nggak harus bangun tenda untuk tidur karena gue bisa tidur di rumah warga yang udah bekerja sama dengan pihak sekolah gue.

Kegiatan gue di Gunung Ungaran kala itu nggak lebih dari sekedar menikmati alam. Bisa dibilang, pengalaman pertama gue masih belom ada kendala yang berarti. Tapi sejak inilah, gue jadi ketagihan buat naik gunung lagi.

HAMPIR NGGAK BISA PULANG DARI LAWU

Akhirnya waktu gue SMA dan ikut organisasi pecinta alam bernama Loyola Pecinta Alam (Lopala). Alasan gue ikut organisasi ini sebenernya karena pihak sekolah mewajibkan semua murid untuk ikut satu ekstrakulikuler  berkategori olahraga dan seni.

Sebagai background, gue bukan tipe orang yang suka olahraga. Bahkan sampai sekarang kalo ada yoga di kantor pun gue jarang ikut. Bagi gue, olahraga itu bukan passion gue banget deh.

Tapi karena kewajiban, akhirnya gue mencari ekstrakurikuler olahraga apa yang sekiranya masih bisa gue nikmati. Dan setelah membaca brosur sekolah yang ngejabarin berbagai ekstrakulikuler yang ada, pilihan gue jatuh ke Lopala.

Gue pikir kalo mau ikut organisasinya ya udah ikutan ada. Ternyata kalo mau jadi anggota harus lolos proses seleksinya terlebih dahulu. Seleksi terbagi jadi dua bagian yaitu fisik dan pengetahuan. Singkat cerita, gue lolos seleksinya dan bergabung di Lopala.

Oh ya, mungkin masih ada yang mikir kalo ikutan organisasi pecinta alam itu serem. Entah serem karena resikonya atau serem karena rumor anak-anak pecinta alam itu sangar-sangar.

Beruntungnya, temen-temen gue semuanya baik-baik. Kalaupun terlihat sangar, bukan untuk pamer kekuatan atau malah menindas yang lemah. Budaya perpeloncoan di organisasi gue juga nggak ada. Karena bagi kami, solid itu bisa diraih tanpa kekerasan atau bullying. Justru kita banyak ketawa dan nangis bareng yang bikin kita jadi makin deket satu sama lain.

Nah, di organisasi ini gue baru ngerasain jadi pecinta alam yang lebih baik dibanding waktu SMP. Karena gue bener-bener belajar tentang peralatan yang harus dipake kalo mau naik gunung, gue belajar caranya bertahan hidup, cara bangun tenda tapi pake jas ujan ponco (bivak), belajar ngebedain tanaman yang bisa dimakan dan beracun, cara nolongin temen kalo ada yang hipotermia, belajar tentang jalur pendakian, wah banyak deh.

Untuk kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) angkatan gue waktu itu bakal diadain di Gunung Lawu di Karanganyar, Jawa Tengah.

Buat yang mungkin nanya kenapa gue naik gunung yang ada di Jawa Tengah melulu, karena sekolah gue ada di Semarang. Jadi kita pilih gunung yang sekiranya nggak terlalu jauh dari sekolah.

Akhirnya sekitar bulan September 2014, gue bersama organisasi gue naik Gunung Lawu. Kita memilih jalur Cemoro Kandang karena jalurnya lebih bagus walaupun waktu pendakiannya relatif lebih lama.

Kita mulai naik sekitar jam 5 sore supaya malemnya bisa nyampe di pos terakhir dan pagi hari bisa muncak. Di sinilah gue ngalamin pengalaman mendaki yang ada aja kendalanya.

Buat lo yang udah familiar sama mendaki gunung, pasti lo tahu kalo ada beberapa etika yang sudah semestinya kita jaga saat naik gunung. Misal kayak jangan ngomong kasar, jangan nyorot pohon di kejauhan pake senter, jangan ngomong hal-hal buruk, jangan bohong, jangan ambil sesuatu dari daerah gunung tanpa izin, jangan buang sampah sembarangan, jangan buang air besar atau kecil sembarangan, dan masih banyak lagi.

Semua itu supaya kita nggak kena bala dan sebisa mungkin serupaya untuk jalin relasi yang baik sama semua makhluk yang ada di gunung tersebut. Karena percaya deh, gunung tuh ada kekuatan magisnya tersendiri.

Waktu mendaki, gue jadi rombongan paling akhir yang terpaksa ditinggal sama rombongan induk gue. Soalnya salah satu temen kita ada yang nggak enak badan dan gue memutuskan untuk nemenin dia jalan pelan-pelan. Alhasil, kita nyampe paling akhir di tempat bangun tenda.

Tugas gue buat jagain temen gue yang sakit ini masih berlanjut sampe akhirnya malem itu gue nggak bisa tidur karena dia bolak-balik muntah dan gue harus ngurusin. Jadinya gue kurang tidur dan badan rasanya remuk banget.

Setelah jalanin LDK dan foto-foto di Tugu Hargo Dumilah sebagai penanda puncak Gunung Lawu, tiba saatnya gue turun untuk pulang. Di sini deh gue ada cerita hampir nggak bisa balik karena kesesat.

Temen-temen gue cuma butuh 3-5 jam untuk turun dari puncak ke basecamp. Sedangkan gue dengan dua temen gue butuh 6-7 jam untuk nyampe. Waktu jalan, gue ngerasa kalo gue nggak lewat jalur ini sebelumnya.

Semua pohon dan rumput keliatan asing banget. Jalan beberapa kilometer rasanya kayak balik lagi ke tempat yang sama. Apalagi waktu itu kondisi gue udah capek banget karena sama sekali nggak istirahat malamnya.

Jadilah gue mulai overthinking dan mikir gimana kalo gue nggak bisa balik, nggak bisa ketemu orang tua gue, nggak sempet minta maaf sama mereka, wah banyak deh. Hahahaha, kalo dipikir-pikir gue berlebihan sih. Cuma beneran deh, rasanya waktu itu putus asa banget!

Gue juga sempet nangis karena pikiran gue tadi. Rasa takut bikin pikiran gue kalut dan pesimis. Sampai akhirnya gue dan dua temen gue memutuskan untuk berhenti sebentar dan merenung. Bener-bener mikir kita salah apa sampe alam seakan nggak ngizinin kita balik dulu.

Setelah nenangin diri, akhirnya kita coba buat bilang, “Lawu, kami minta maaf kalo ada perbuatan kami yang salah. Sekarang kami mau pulang, izinkan kami pulang ke keluarga kami masing-masing.”

Serius, gue bilang gitu. Ini terserah kalian percaya atau enggak, tapi setelah ngomong gitu perjalanan pulang gue dilancarkan. Udah nggak ngerasa diputer-puter lagi, jalurnya diperjelas, dan akhirnya gue ketemu temen-temen lain yang udah nungguin gue.

Sampe sekarang gue nggak tahu apa alasannya gue diputer-puter waktu itu. Mungkin juga cuma perasaan gue aja. Tapi yang jelas, naik gunung ngajarin gue beberapa hal.

YANG GUE PELAJARI DARI NAIK GUNUNG

Pertama, meraih hal yang besar butuh persiapan yang matang juga. Waktu gue mau naik Gunung Lawu, gue harus persiapan fisik dan pengetahuan selama 6 bulan. Lari keliling lapangan bola berpuluh-puluh kali pernah gue lewati. Pernah sampe mau pingsan saking panas dan capek.

Tapi ternyata semua berdampak baik saat gue naik gunung. Karena udah terbiasa olahraga, fisik gue nggak kaget waktu mendaki. Apalagi track pendakian lawu cukup panjang dan lama. Kalo nggak latihan fisik dulu, pasti udah tepar duluan.

Kedua, belajar untuk mengenal diri sendiri. Karena naik gunung gue jadi lebih bisa mengenal karakter diri sendiri yang selama ini nggak gue sadari. Misalnya, gue jadi sadar respon gue saat ada orang yang kesusahan. Gue menyadari respon gue saat gue terkena masalah. Gue menyadari di saat-saat genting, hal apa yang jadi prioritas gue.

Emang bener kata orang kalo kembali ke alam itu bisa ngebantu kita untuk menemukan diri sendiri. Dan gue udah ngalamin langsung. Buat kalian, cobain deh sekali-sekali naik gunung. Melepaskan diri dari kepenatan kota dan menyatu dengan alam bisa jadi pilihan buat healing sekaligus berefleksi.

Ketiga, gue sadar kalo omongan ‘kita dan alam itu hidup berdampingan’ bukan sekedar omong kosong. Ada momen di mana gue naik Gunung Ungaran lagi tapi di waktu yang berbeda dan semua pohon bahkan kebun teh di puncak gunung waktu itu terbakar habis.

Potret kondisi hutan Gunung Ungaran yang terbakar tahun 2015 (Foto: Grace Angel)

Memang alasan kebakarannya bukan karena ulah manusia, tapi karena musim kemarau. Tapi gue ngeliat dampaknya kepada warga sekitar yang bergantung banget sama kondisi alam di Gunung Ungaran.

Gue juga sempet naik Gunung Merbabu dan selama pendakian gue selalu ngeliat sampah bungkus makanan. Percaya deh, miris banget liatnya. Karena di gunung nggak ada tukang sampah yang akan mungutin itu semua. Kalo bukan kita sebagai pendaki yang sadar sendiri untuk memelihara alam, ya siapa lagi?

Makanya campaign #MountainMatters yang digaungkan hari ini bukan sekedar upaya untuk viral aja, tapi jadi pengingat buat kita kalo hidup di dunia ini juga berdampingan sama alam.

Itu tadi Civs cerita yang bisa gue bagikan tentang pengalaman gue naik gunung. Seru dan juga menantang tapi di sisi lain bisa ngajarin gue banyak hal. Kalo lo sendiri jadi tertarik nggak untuk coba naik gunung? (*/Foto: Unsplash.com)

• remix
Penulis

Grace Angel

Bercita-cita menjadi seperti Najwa Shihab. Member of The Archipelago Singers.