Food

SIOMAY JADI STREET FOOD DAN DUMPLING TERBAIK SEDUNIA VERSI TASTE ATLAS 2023

Makanan khas Bandung ini dinobatkan sebagai salah satu jenis dumpling dan street food terbaik. Rasanya yang lezat membuatnya bisa masuk ke daftar-daftar tersebut.

title

FROYONION.COM - Daging olahan ikan tenggiri, udang maupun ayam yang dibalut kulit pangsit kemudian dikukus selama kurang lebih 20 menit akan menghasilkan sebuah hidangan super lezat yang ada di dunia. 

Ya, itu adalah siomay. Sebagai keluarga dari dumpling atau adonan daging yang dibalut kulit pangsit, siomay berhasil menempati peringkat ke-7 dari daftar 50 dumpling terbaik di dunia versi Taste Atlas edisi Maret 2023 dengan nilai 4,7/5 berdasarkan penilaian yang diberikan audience mereka. 

Perlu diketahui Taste Atlas selain memberi rating berdasarkan penilaian audience, mereka juga mengandalkan para food experts yang mereka miliki di seluruh dunia untuk memberikan saran pada daftar sajian yang mereka buat.

Siomay biasa disajikan bersama side dish seperti kentang, pare, atau telur untuk memperkaya rasa serta didampingi dengan siraman saus kacang halus juga perasan jeruk nipis yang mampu membuat siapapun terhipnotis saat mengunyahnya. Selain itu, siomay memiliki tekstur yang halus dan lembut, serta memiliki ciri khas kenyal saat dimakan. 

Siomay dikenal sebagai makanan khas Bandung yang sejarahnya bisa ditelusuri sejak zaman kolonial Belanda saat para pedagang Tiongkok menyambangi kota tersebut. Namun, sekarang ini keberadaan siomay bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. 

Tak hanya di mall atau restoran mewah saja, siomay pun mudah ditemukan di pinggir jalan. Maka dari itu selain cireng, gorengan, maupun bakso, ngomongin jajanan pinggir jalan (street food) Indonesia, nggak lengkap rasanya kalau nggak memasukkan siomay di dalamnya. 

Street food yang umumnya berupa makanan buat nyemil-nyemil nyatanya juga perlu mempunyai rasa yang lezat agar semakin menggugah selera makan dan membuat mood menjadi lebih bahagia. Siomay menyediakan syarat itu semua. 

Hal ini terbukti, lagi-lagi Taste Atlas mengkategorikan siomay sebagai salah satu street food terenak di dunia. Siomay berada di peringkat 10 besar dari 50 daftar street foods terbaik yang dikurasi Taste Atlas dari rating yang diberikan audience-nya. Rating 4,7/5 dari Taste Atlas audience berbicara soal betapa lezatnya siomay. 

Review yang membuat siomay nikmat terdapat pada tekstur dari rasa olahan daging tenggiri yang lembut, aromanya yang menggugah, serta guyuran saus kacangnya yang bikin hidangan ini makin lezat.  

Tak lupa, Taste Atlas memberikan rekomendasi tempat-tempat siomay yang nikmati di Indonesia berdasarkan advice dari para food expert-nya dari yang streets food sampai yang autentik. Berikut daftarnya:

  • Batagor & Siomay Kingsley, Jl. Veteran No.25, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.
  • Bungtagor Lecker, Jl. Sawah Kurung IV No.3, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung.
  • Batagor & Baso Tahu Apin, Jl. Cihampelas No.184, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.
  • Tulen Situ Indah. Siomay No.1 di Bandung, Jl. Pagarsih No.176, Bandung
  • Baso Tahu Mang Ade, Jl. Ternate 3, Citarum, Bandung.

Jika kalian punya rekomendasi siomay yang nikmat juga, kalian bisa berkontribusi dengan memberikan tempat siomay andalan kalian di website Taste Atlas beserta deskripsi kenapa kalian merekomendasikan tempat itu. 

Selain siomay, ada tempe mendoan, pisang goreng, serabi, dan bubur ayam yang masuk daftar street foods terbaik di dunia. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Pasthiko Pramudhito

Sedang belajar jadi Content Writer. Penggemar sepakbola dan pop culture.