Food

REKOMENDASI 4 COKELAT KHAS INDONESIA YANG BISA JADI OPSI KADO VALENTINE

Ngasih kado cokelat buat valentine itu udah jadi tradisi yang biasa. Tapi bisa jadi nggak biasa kalau lo ngasih cokelat khas dari berbagai daerah di Indonesia. Nah, gue punya rekomendasi 4 cokelat khas daerah-daerah di Indonesia yang bukan hanya bikin ngiler, tetapi juga punya cerita yang dalem.

title

FROYONION.COM - Bulan cinta harus dirayakan dengan gembira. Yah, meskipun perayaan valentine terkadang berkebalikan dari kisah nyata Valentine yang harus meninggal dengan tragis. Terlepas dari itu, kematiannya memantik nada puitis untuk semua manusia di bumi agar lebih mengenal apa itu cinta. Dalam artian bahwa, cinta harus dimaknai dengan sesuatu yang lebih dari sekadar hal biasa.

Cokelat seringkali menjadi simbol dari penyampaian perasaan cinta ini. Mengapa demikian? Cokelat memiliki aroma dan rasa yang terbukti membawa penenang perasaan, sudah seperti anestesia. Bedanya, cokelat bukanlah obat-obatan terlarang. Anestesia yang terkandung di dalamnya menjadi sebuah ja yang ditularkan kepada siapa saja yang memakannya.

Nah, kalau lo punya gebetan, pacar, istri, atau siapa aja yang pengen mood-nya ditingkatin agar gak resah mulu, bisa nih dikasih cokelat sering-sering. Tapi, jangan lupa cek gula darah ya!

Kali ini, biar gula darah naik sesekali tak apalah sebab bulan cinta sedang datang dan cokelat yang biasa dijual di supermarket udah jadi komoditas mainstream. makanya, gue kasih lo rekomendasi cokelat-cokelat khas Indonesia ini biar semakin nasionalis dalam mengungkapkan perasaan.

BACA JUGA: MAKAN COKELAT SAAT SARAPAN BISA MENINGKATKAN KREATIVITAS LO

1. CHOCOLATE MONGGO AGAR LEGOWO

Cokelat khas Yogyakarta ini benar-benar menunjukkan identitas khas Jawa. Nama Monggo sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti "silakan". Makna kata tersebut merujuk pada sikap sopan santun, keluwesan, dan kelapangdadaan. Seolah, siapa yang membeli cokelat ini memiliki sikap-sikap tersebut. Lebih-lebih, kalau cokelat itu dikasihkan ke orang terkasih, sifat yang serupa pun ikut tertularkan.

Nah, dalam plesetannya, cokelat ini juga menunjukkan bahwa pemberi cokelat ini siap menerima balasan apapun dari yang terkasih. Bahkan, kalau balasannya adalah penolakan cinta pun akan dijawab dengan kata "Monggo".

2. BATU CHOCOLATE YANG CINTANYA BUTUH KEHANGATAN

Seperti namanya, cokelat ini berasal dari Kota Batu. Bagi yang lagi di Kota Batu, pernah tinggal barangkali, atau hanya sesekali main—tentu kalian tahu dinginnya Kota Batu itu kayak apa. Rasa-rasanya pakai jaket tebel di malam hari itu udah kurang. Bajunya harus dobel dong!

Kalau cinta lo butuh kehangatan seperti dinginnya Kota Batu, maka produk khas dataran tinggi keempat di Indonesia ini bisa jadi cara lo ngungkapin perasaan. Kenapa kok bisa hangat kalau lagi makan cokelat ini? Gue ngajak lo membayangkan perbukitan di Jalur Cangar yang terkenal angker dan serem. Tiap pagi dan sore tiupan anginnya dingin banget. Tapi, di jalur ini pulalah cokelat dan apel tumbuh subur berdampingan dengan beragam sayuran.

Cara mereka hidup berdampingan, saling bahu-membahu, bercengkrama meskipun berbeda—di situlah letak kehangatan dari cokelat ini. Tak heran, apel pulalah yang menjadi bahan campuran khas dari cokelat ini agar lo selalu ingat nuansa perbukitan Kota Batu itu.

3. CHOCOMORY CHOCOBAR BIAR CINTA ITU BERWARNA

Banyak orang mengira kalau Cimory itu produk luar negeri. Nyatanya, pabrik dari yogurt terbesar di Indonesia itu berkembang megah di Pasuruan, tersebar ke Ungaran dan Bogor. Tak heran, salah satu theme park terbesar di Indonesia itu telah menjelma sebagai ikon wisata edukatif dengan melibatkan satwa dan nilai-nilai ekologis dalam pembangunannya.

Kalau lo lagi main ke Cimory Dairyland, lo bakal nemu sebuah toko oleh-oleh yang nempel dengan resto bernama Chocomory. Dalam toko itu lo bisa nemuin beragam jenis cokelatbaik yang masih orisinal ataupun yang udah diolah jadi cake dan cracker. Kalau perasaan cinta lo butuh warna-warni di dalamnya, maka Chocobar dari Chocomory bisa jadi rekomendasi buat ngehidupin cinta lo lagi. 

Dengan varian rasa strawberry yogurt, matcha green tea, rice bubbles, almond, dan cashew bar—cinta lo bukan hanya bakal berwarna tapi juga bertekstur. Dengan sajian warna yang disesuaikan bungkusnya, juga sebuah semboyan “where happiness comes alive” — produk dari Cimory ini bisa bikin cinta lo ngerasain pengalaman baru setiap gigitannya.

4. CHOCODOT BIAR GAK GAMPANG NYESEK

Hidup di momen quarter life crisis memang butuh keterampilan dan motivasi tiap harinya, begitu pula dengan cinta. Kadang, kehidupan seorang pasangan harus menemukan batu besar yang membuat langkah terhalang. Stres pun datang, apalagi galau, nyesek semua lah.

Tapi, gue punya rekomendasi cokelat dari Garut yang pastinya udah dikenal banyak orang. Chocodot, itulah namanya yang bertuliskan macam-macam motivasi agar hidup nggak nyesek. Beberapa jenis cokelat yang membawa nilai perasaan tu misalnya Cokelat Obat Stress, Cokelat Hati Rindu, Cokelat Rasa Sayang, dan Cokelat Tahan Baper.

Jika pasangan lo lagi stres karena pekerjaannya, kasihlah Cokelat Obat Stress biar hidupnya tenang lagi. Nah, kalau lo pengen ngasih kode biar pasangan tambah sayang, bisa tuh dikasih Cokelat Rasa Sayang. Beda ceritanya kalau lo lagi LDR-an ya, Cokelat Hati Rindu bisa jadi pilihan buat dikirimkan ke orang terkasih. Sementara itu, yang menjawab semua kegundahan quarter life crisis ada Cokelat Tahan Baper—soalnya hidup semakin hari rasanya kayak dibecandain aja kan ya!

 Itulah beberapa cokelat khas Indonesia yang cocok buat kado valentine biar bulan cinta ini lebih berwarna. Kini semua cokelat itu bisa di-surfing secara daring, jadi jarak dan waktu udah bukan lagi halangan buat ngungkapin cinta dengan beragam kisahnya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Hamdan Mukafi

Selamanya penulis