Food

3 ALTERNATIF SUSU NON HEWANI, NOMOR TERAKHIR PALING VIRAL!

Gak suka susu sapi dan kambing karena aromanya yang bikin eneg dan gak berselera? Atau punya masalah kesehatan seperti alergi atau intoleransi laktosa? Tenang, masih ada alternatif susu yang rasanya gak kalah enak dan bernutrisi tinggi!

title

FROYONION.COM – Hampir setiap hari kita bisa dengan mudah menemukan minuman ini, baik di supermarket, toko kue, bahkan di warung minuman pinggir jalan seperti jus dan boba. Saking manfaatnya yang begitu banyak, susu dikategorikan sebagai minuman pelengkap nutrisi tubuh empat sehat lima sempurna untuk memelihara kesehatan.

Seperti yang dilansir dalam artikel Harvard T.H Chan School of Public Health, susu merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat tinggi, di antaranya kalsium, protein, vitamin A dan D, vitamin B2 dan B12, potassium, dan lain-lain. Untuk hasil yang maksimal, disarankan untuk minum susu tiga kali 8 ons susu per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan susu harian tubuhmu.

Namun, tidak semua orang cocok dengan kandungan protein dan lemak yang terkandung pada susu hewani, contohnya seperti intoleransi laktosa. Menurut Kementerian Kesehatan RI, intoleransi laktosa merupakan kondisi tubuh yang mengalami kekurangan tingkat enzim laktase, sehingga tubuh tidak mampu mencerna laktosa yang terkandung di dalam sebuah makanan atau minuman.

BACA JUGA: SUSU BERUANG, BUKTI MASYARAKAT MASIH BERMENTAL MITOS

Tenang, kamu tidak perlu bingung! Ada beberapa alternatif susu yang bisa dikonsumsi dengan kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

1. SUSU KEDELAI

Susu kedelai sudah dikenal cukup lama dan menjadi salah satu minuman legendaris di Indonesia. Rasanya legit, tidak berbau dan tidak asam saat diminum.

Tidak kalah dengan susu sapi maupun susu kambing, bebragai macam kandungan vitamin dan mineral pun terdapat di dalamnya, seperti kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B, vitamin D dan vitamin E. 

BACA JUGA: REKOMENDASI MINUMAN KEMASAN TERENAK DI MINIMARKET

Susu kedelai juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan cocok diminum saat pemulihan pasca sakit karena mengandung antioksidan tinggi. Buat yang sedang dalam program diet, jangan khawatir! Minuman ini hanya mengandung sekitar 100 kalori, bisa banget diminum saat sarapan.

Harga susu kedelai tergolong jauh lebih terjangkau dan lebih mudah didapatkan dibandingkan susu lainnya yang ada di pasaran. 

2. SUSU KACANG ALMOND

Selain susu kedelai, ada juga susu kacang almond yang memiliki kandungan protein dan vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh. 

Meski tidak sepopuler susu sapi dan kambing, ternyata minuman ini juga memiliki kandungan vitamin D yang tidak kalah tinggi, lho. Mungkin kalau kamu pernah dengar kalau kacang almond mengandung lebih tinggi minyak nabati, tetapi kamu tidak perlu khawatir. Setelah diolah menjadi susu, kalorinya tetap rendah dan hanya mengandung sekitar 39 kalori saja. 

Dari segi harga, susu kacang almond memang sedikit lebih mahal dibandingkan susu kedelai. Tetapi kamu bisa jadikan minuman ini sebagai opsi pengganti jika sudah bosan dengan susu nabati lainnya.

3. SUSU OAT

Kalau kamu kurang begitu suka dengan rasa susu yang berasal dari kacang-kacangan, coba susu oat yang sedang viral saat ini!

Susu ini mengandung sari gandum utuh yang dikenal dengan kandungan seratnya yang sangat tinggi namun rendah gula, sehingga bisa membuat perutmu menjadi kenyang lebih lama dibandingkan susu lainnya. Selain itu, oat juga sering dijadikan menu untuk menurunkan kolestrol sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

BACA JUGA: OATSIDE RILIS PRODUK BARU DAN TUNJUK MAUDY AYUNDA SEBAGAI BRAND AMBASSADOR

Ketiga susu tersebut tergolong dalam susu nabati yang kandungan lemaknya tidak setinggi susu hewani, sehingga aman untuk teman-teman yang sedang menurunkan berat badan ataupun yang memiliki masalah kesehatan.

Jadi, kamu paling suka susu yang mana? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Deby Priscilina

Pekerjaan utamanya bengong, nulis, repeat. Kadang ditaburi kadar kehaluan 0,01% di atasnya.