Fashion

KENALI JENIS-JENIS KAIN KATUN YANG SERING DITEMUI DI TOKO BAJU BIAR NGGAK SALAH PILIH!

Di usia berapa kamu paham bedanya cotton combed 20s, 24s dan 30s?

title

FROYONION.COM Saat membeli baju secara daring, salah satu hal yang pertama kali dicek biasanya adalah material yang digunakan. Dari sekian banyak jenis kain yang umum dipakai, salah satunya yang paling sering ditemukan adalah katun.  

Jenis kain katun sendiri sangat beragam di pasaran. Namanya ada banyak banget! Mulai dari yang kita kenal seperti katun combed, fleece, dan rayon sampai kain katun yang mungkin baru pertama kali kita dengar jenisnya seperti katun ima dan supernova. 

Tiap jenis kain katun juga masih dibedakan lagi sesuai kategori yang lebih spesifik. Misalnya, katun combed 20s, 24s hingga 30s. Semua ini berbeda dan punya karakteristiknya masing-masing.  

Biar nggak bingung lagi, yuk simak penjelasan berbagai material kain katun yang sering dijumpai di toko-toko pakaian, baik online maupun offline berikut ini. 

KATUN COMBED 

Bahan satu ini paling sering digunakan sebagai material kaos oblong. Kain ini sendiri terbuat dari serat kapas murni yang lembut dan nggak berbulu. Pasalnya, pada tahap akhir pengolahan serat kapas menjadi kain akan melalui proses penyisiran atau combing.  

Jenis kain ini biasanya akan diikuti oleh angka, mulai dari 16s, 20s, 24s hingga 30s. Besaran angka tersebut menunjukkan jenis benang serta ukuran beratnya. Jika angkanya semakin besar, maka itu artinya kainnya semakin tipis. Artinya, combed 20s lebih tipis dibanding combed 30s.  

KATUN FLEECE 

Kalian mungkin sudah familiar mendengar nama kain ini sebagai material jaket, sweater atau pakaian yang bertujuan untuk menghangatkan badan. Maklum, kain ini memang memiliki dua permukaan berbeda. Bagian dalamnya memiliki bulu halus dan cukup tebal yang bisa menghangatkan tubuh. 

Sementara itu, bagian luarnya memiliki tampilan seperti kaos pada umumnya. Cotton fleece terbuat dari bahan serat kapas murni dan memiliki karakteristik elastis serta nggak akan melar walau sudah digunakan berkali-kali. Daya serapnya juga terbilang baik sehingga pakaian dengan bahan ini akan cepat kering saat dijemur. 

BACA JUGA: MACAM-MACAM WARNA HIJAU BIAR KAMU NGGAK SALAH BELI BAJU ONLINE 

KATUN SUPERNOVA 

Karakteristik dari kain katun yang satu ini adalah bahannya yang lembut, dingin, halus dan ringan. Jika diamati dengan lebih mendetail, pada permukaan kainnya akan terdapat serat-serat benang halus yang tampak terburai tipis. Hal ini merupakan ciri khas katun supernova yang nggak ditemui pada jenis kain katun lainnya. 

Karena bahannya yang dingin dan ringan, katun supernova kerap digunakan sebagai material utama untuk beragam jenis pakaian seperti gamis, tunik, baju koko hingga jilbab.  

KATUN IMA 

Berikutnya ada katun ima, salah satu jenis katun yang diimpor dari Jepang. Ketebalan kainnya hampir mirip katun supernova, namun kualitas serta ketahanan katun ima berada di atas katun supernova. Misalnya, pada katun ima nggak akan ditemukan serabut halus seperti yang biasa menjadi ciri khas dari katun supernova.

Kain katun ima terbagi lagi menjadi katun ima polos, katun ima slub dan katun ima royal platinum. Pada katun ima polos pada permukaannya tampak polos tanpa tekstur benang yang bersilangan. Katun ima slub memiliki serat garis bersilangan seperti linen namun lebih halus lagi. Ima slub seringkali digunakan sebagai material pashmina.  

Sementara kain katun ima royal platinum memiliki ciri khas dari teksturnya yang tampak seperti kotak-kotak kecil pada permukaannya. Kain ini juga terasa ringan namun nggak jatuh dan menerawang. 

KATUN MADINAH 

Karakteristik katun madinah ialah bahannya yang lembut, ringan, jatuh serta nggak menerawang. Hampir mirip seperti katun supernova, pada permukaan katun madinah juga akan ditemukan serabut halus. Namun, kualitasnya sendiri masih di atas katun supernova.  

BACA JUGA: BEBERAPA JENIS WARNA UNGU PALING UMUM DITEMUI DI OLSHOP

Karena adanya serabut halus ini, maka proses pencucian baju berbahan katun madinah harus lebih berhati-hati. Jangan menyikat secara berlebihan dan cukup mencuci dengan cara menguceknya perlahan. Tujuannya adalah agar nggak merusak kain katun ini.

KATUN LINEN EURO 

Serat benang pada jenis katun satu ini terbilang besar dan longgar jika dibandingkan dengan jenis katun lainnya. Teksturnya juga lebih kaku. 

Namun, justru hal ini merupakan ciri dari kain katun yang kualitasnya bagus. Sifat kain yang lembut serta dingin saat digunakan ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar baju sehari-hari. 

KATUN TOYOBO 

Satu lagi jenis kain katun impor dari Jepang yaitu katun toyobo. Serat kainnya rapat dan nggak menerawang. Kain ini juga tampak sedikit mengkilap serta nggak mudah lecek sehingga sangat cocok untuk pemakaian sehari-hari yang membutuhkan mobilitas tinggi. 

Kain ini terbagi lagi menjadi katun toyobo original dan toyobo fodu. Toyobo original sedikit licin namun tetap ringan, halus, nggak kaku dan nggak menerawang. Sementara toyobo fodu sedikit lebih tebal dengan permukaan yang tampak mengkilap.  

KATUN JEPANG 

Sesuai namanya, katun Jepang juga adalah kain katun yang diimpor dari negara Jepang. Teksturnya terkenal halus dan nyaman saat digunakan. Ciri lainnya adalah serat lembut dengan warna yang tampak lebih mengkilap dan lebih tahan lama.  

BACA JUGA: ANEKA NAMA WARNA MERAH YANG SERING BANGET ADA DI OLSHOP 

Pada bagian ujungnya biasanya akan ditemukan tulisan Japan design atau kode warna tertentu. Kain ini juga terkenal akan daya serap keringatnya yang cukup bagus. 

Kain ini memiliki beberapa variasi, salah satunya yang paling umum ditemukan adalah katun Jepang polos tokai senko dari pabrik lokal dengan lisensi Jepang. Bahannya cukup tebal dengan warna yang tahan lama serta serat benang nggak mudah terurai. 

KATUN RAYON

Pernah dengar nama bahan katun rayon? Jenis kain satu ini berasal dari serat semi sintetis dari polimer organik, yaitu percampuran antara dua bahan yaitu serat katun serta serat rayon. Cirinya adalah tekstur yang ringan, dingin serta sedikit licin. Daya serapnya juga terbilang tinggi sehingga nyaman saat digunakan. 

Katun rayon kerap jadi pilihan karena kainnya terasa sejuk di kulit dan harganya juga relatif terjangkau. Namun, kain ini juga mudah lecek dan pemakaian yang kurang hati-hati bisa menyebabkan robekan pada kain karena ketebalannya cukup tipis. 

KATUN FLANEL

Terakhir, ada katun flanel yang pasti juga familiar di telinga kalian sebagai bahan kemeja kotak-kotak. Seratnya sendiri terbuat dari wol sehingga ada rasa hangat saat mengenakan baju berbahan flanel. Ciri khas dari katun flanel ialah teksturnya yang tebal, lembut serta sedikit berbulu.  

Teknik pembuatan katun flanel bernama tenun plain wave serta penyikatan menggunakan mesin. Hal ini dimaksudkan supaya permukaannya terasa lembut. Bahan flanel bermotif kotak-kotak biasanya akan melalui proses pewarnaan terlebih dahulu sebelum ditenun.

Nah, itu dia beberapa jenis kain katun yang kerap ditemui sebagai material pakaian di toko-toko. Kalian paling suka yang mana, nih? (*/) (Photo credit: Engin Akyurt)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Wahyu Tri Utami

Sometimes I write, most of the time I read