Fashion

DASTENDER: CLOTHING BRAND ASAL JAKARTA YANG KOLABORASI DENGAN BANYAK MUSISI

Dastender adalah clothing brand asal Jakarta yang merilis berbagai merchandise original dan kolaborasi dengan band-band hardcore lokal dan internasional. Dastender turut merilis kaos band Anxious!

title

FROYONION.COM- Dastender pertama kali merilis dua artikel pakaian yang merupakan desain debut original mereka dengan nama artikel “Shaolin at Colchester & Robert Capa of the War” pada tahun 2020. 

Sebagai sebuah clothing brand yang dijalankan secara kolektif, Dastender memang belum banyak dikenal secara umum di industri brand lokal. 

Karena, selain hanya diketahui oleh circle mereka saja informasi tentang Dastender tidak banyak tersebar luas. Namun, mereka aktif mempromosikan koleksinya dengan menjadi media partner di berbagai acara musik underground.

Meskipun begitu, sampai saat ini Dastender telah merilis berbagai artikel rilisan mereka seperti, baju, jaket, dan topi dengan desain yang tentunya tidak kalah menarik dari rilisan brand lokal lainnya.

BRAND LOKAL UNDERRATED

Dastender memang merupakan brand yang cukup underrated karena usaha ini dijalankan secara kolektif melalui lingkup pertemanan mereka dan media promosi yang mereka gunakan juga hanya terbatas melalui sosial media instagram di @Dastender saja.

Meski merupakan brand lokal baru, Dastender tetap menawarkan kualitas baju yang bagus dan sablon yang gak asal nempel. Dengan ciri khas siluet oversize yang mereka gunakan serta bahan yang cukup tebal yaitu, cotton 24s dan rubber screen print sebagai media sablon desain mereka.

Desain-desain yang mereka buat juga sangat eye-catching dengan perpaduan grafis dan font tulisan yang keren abis.

Dastender juga memiliki branding tersendiri dengan slogan Unwilling Competitive yang menandakan mereka tidak ingin ada persaingan yang tidak sehat dalam menjalankan usaha mereka.

KOLABORASI BERSAMA BAND LOKAL DAN INTERNASIONAL

Meskipun awalnya hanya merilis desain original mereka saja seiring berjalannya waktu Dastender juga berkolaborasi dengan beberapa band punk-hardcore lokal untuk merilis merchandise band mereka.

Diantaranya ada beberapa band hardcore lokal yang telah berkolaborasi dengan Dastender yakni, Tough Love, Take ‘Em Down, dan Flesh.

Selain melakukan kolaborasi bersama beberapa band lokal di atas pada tahun 2023 lalu mereka juga berhasil melakukan kolaborasi bersama band internasional asal Amerika, Anxious.

FYI, pada 23 juli 2023 lalu band asal Amerika yakni, Anxious menggelar konser pertama mereka di Jakarta. Fakta menariknya, sebelum Anxious memulai tur ke Jepang dan Asia Tenggara salah satu orang yang mendesain baju dari Dastender membuat sebuah desain fan art untuk band idolanya, Anxious.

Tanpa disangka desainnya yang dibuat sebagai sebuah fan art dan diposting melalui story instagram di repost oleh akun resmi instagram @weareanxious. 

Pada akhirnya, mereka melakukan kerjasama dan mendapat lisensi resmi untuk merilis merch bersama dan tentunya desain ini juga dipakai dan dirilis secara resmi oleh Anxious melalui halaman website resmi mereka di www.anxious.com.  

PARTISIPASI DI ACARA MUSIK UNDERGROUND

Untuk mempromosikan koleksi artikel pakaian yang mereka punya, Dastender biasanya hadir sebagai media partner di beberapa acara musik underground. 

(Foto: Instagram @poktacollective)

Di sana mereka hadir untuk memamerkan koleksi pakaiannya dengan membuka booth stand di dekat pintu loket acara. 

Berbagai koleksi yang diproduksi secara terbatas dipamerkan seperti baju, jaket, dan topi.

(Foto: Instagram @direct_jkt)

Selain menjadi tempat untuk mempromosikan koleksi pakaian mereka, sebagai media partner Dastender tentunya hadir untuk turut mengapresiasi acara musik lokal underground tersebut.

BEBERAPA KOLEKSI BAJU DASTENDER

(Foto: @Dastender)

Artikel di atas adalah hasil kolaborasi Dastender dan Tough Love. 

Merupakan merch kolaborasi pertama dastender dengan band hardcore lokal yang menjadi awal mula mereka merilis artikel kolaborasi dengan band-band lainnya.

Tough Love sendiri merupakan band lokal asal Tangerang Selatan yang memulai debutnya pada sekitar tahun 2022 lalu dan saat ini sudah merilis album EP berjudul “There Are Something Worse Than Dying”.

(Foto: @Dastender)
(Foto: @Dastender)

Artikel di atas merupakan hasil kolaborasi Dastender dan Take ‘Em Down. 

Take ‘Em Down sendiri merupakan band alternative-Hardcore asal Jakarta. Kolaborasi ini merupakan kolaborasi ke-2 dengan band lokal hardcore lainnya yang bahkan didesain dengan dua varian warna yang berbeda yakni, hitam dan abu-abu.

(Foto: @Dastender)

Artikel di atas merupakan hasil kolaborasi Dastender dan Anxious. 

Anxious sendiri adalah band asal Connecticut, Amerika. Kolaborasi dengan Anxious ini merupakan salah satu pencapaian terbesar dari Dastender karena mereka mendapat lisensi resmi untuk merilis merchandise dari desain yang mereka buat untuk salah satu band punk-hardcore yang cukup populer saat ini pada akhir tahun 2023 lalu.

Selain baju, mereka juga telah merilis artikel lainnya berupa topi dan jaket yang bisa kalian miliki dengan berkunjung ke instagram resmi mereka.

Tapi sayangnya, karena merupakan brand kolektif beberapa artikel pakaian yang telah mereka rilis memang hanya diproduksi secara limited dan kemungkinan besar tidak akan restock lagi namun jangan khawatir karena kalian bisa pantau terus instagram mereka untuk menunggu rilisan merch terbarunya.

So, tunggu apalagi langsung aja kepoin instagram mereka di @Dastender! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Pandu Akram

Anak sastra yang suka baca buku karena memang sudah kodratnya.