Fashion

9 TIPS BERPAKAIAN UNTUK PEAR BODY SHAPE, SUPAYA PINGGUL TIDAK TERLIHAT BESAR

Sering kurang ‘pede’ karena punya pinggul dan paha yang besar? Bahkan sampai suka bingung pilih baju? Simak uraian artikel berikut ini!

title

FROYONION.COM - Berperang dengan insecurities merupakan permasalahan yang hampir semua orang miliki, terutama mengenai penampilan fisik, khususnya bentuk tubuh atau yang kita kenal sebagai body dissatisfaction (istilah untuk penilaian negatif terhadap perbedaan bentuk tubuh yang dimiliki dengan bentuk tubuh yang 'ideal').

Namun, tak sedikit pula dari kita yang sudah memahami bahwa warna dan bentuk hanyalah perbedaan yang mengandung unsur kecantikannya masing-masing. 

Pada wanita, proporsi bentuk tubuh sangatlah bervariasi. Beberapa wanita memliki kecenderungan bentuk tubuh yang membesar pada bagian tertentu, seperti di dada, pinggang, pinggul, bahkan paha. Proporsi relatif antara dada, pinggang, dan pinggul yang berbeda-beda, digambarkan melalui beberapa jenis 'body shape'. Salah satunya, yaitu 'Pear Body Shape'.

Dilansir dari Journal of Women’s Health yang dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology Information, bentuk tubuh triangle upward, atau yang sering dikenal sebagai pear or spoon body shape merupakan bentuk tubuh dengan porsi pinggul yang lebih besar dari dada, dan ukuran pinggang yang kecil (tidak mencolok). 

Pemiliki body shape ini, memilikiki besar dada, pinggang, dan pinggul, dengan perbandingan 3:2:4. Ketika berat badan kita bertambah, bagian pinggul, pantat, dan paha cenderung untuk membesar sehingga terlihat tidak proporsional. 

Tidak perlu khawatir takut terlihat gendut, pemilik ’pear body shape’ dapat mengikuti tips-tips gaya berpakaian berikut yang dapat 'menyamarkan ilusi pinggul dan paha' sehingga dapat tampil lebih percaya diri. 

1. GUNAKAN CELANA ‘WIDE LEG-HIGH WAIST’ 

Celana high waist akan memberikan penekanan pada bentuk curve pinggang yang lebih kecil dan langsing. Paha dan pinggul yang besar akan tersamarkan oleh potongan bagian bawah celana ‘wide legs’ atau ‘flare’ sehingga akan memberikan fokus pada pinggang yang lebih kecil dan terlihat lebih tinggi. 

Sedangkan, ‘skinny jeans’ ‘legging’ , maupun 'baggy pants'  hukumnya ‘haram’ untuk perempuan pemilik pinggul besar karena bentuk celana yang mengecil ke bawah akan membuat bagian pinggul ke bawah semakin terlihat penuh dan menonjol.

2. GUNAKAN ATASAN YANG LEBIH PENDEK ATAU LEBIH PANJANG DARI BAGIAN TERLEBAR TUBUH (PINGGUL).

Hal ini bertujuan untuk menyamarkan fokus di pinggul. Apabila panjang atasan mengikuti batas pinggul kalian, keseluruhan looks kalian akan terpaku pada ukuran pinggul kalian yang besar. 

3. HINDARI STRAIGHT LOOSE’ TOPS

Tops dengan cutting-an ‘straight loose’, akan membuat keseluruhan badan kalian dari bahu ke bawah terlihat besar mengikuti ukuran pinggul kalian. Oleh karenna itu, kalian dapat imbangi tops atau dress kalian dengan ikat pinggang, atau memasukkannya ke celana untuk menonjolkan curve pinggang kalian.

4. PADUKAN CELANA BERWARNA GELAP DENGAN ATASAN YANG CERAH DAN BERMOTIF

Cara ini akan membuat mata lebih tertuju ke bagian atas tubuh kalian yang lebih kecil sehingga ukuran pinggul dan paha akan tersamarkan. Menggunakan sedikit aksesoris tambahan yang tegas, seperti kalung, anting, atau bandana, akan membuat mata berpaling dari bagian tubuh yang ingin kalian tutupi, serta membuat looks kalian lebih menarik.

5. GUNAKAN A LINE’ SKIRT

Kebanyakan perempuan dengan ukuran paha yang besar memilih untuk menggunakan rok untuk menutupi ukuran pahanya. Namun selayaknya celana, tidak semua rok tepat untuk digunakan oleh pemiilik pear body shape yang ingin terlihat proporsional. Serupa dengan ‘wide legs’ atau ‘flare’ pants, rok yang berbentuk ‘A line’’, atau melebar ke bawah akan menonjolkan pinggang kalian yang langsing, menyamarkan pinggul, dan membuat kita terlihat lebih jenjang. 

Sebaliknya, rok tipe ‘span’ akan membuat keseluruhan looks mengikuti ukuran pinggul kalian. 

Jangan nanggung-nanggung! Selain membentuk “A Line”, pengguna rok juga lebih baik menggunakan maxi skirt dengan warna gelap untuk memberikan ilusi pinggul yang ramping. Jika ingin menggunakan rok bermotif, pilihlah motif yang kecil dan menyebar sehingga kalian terlihat lebih chick dan tetap ramping. 

6. GUNAKAN OUTER 

Penggunaan outer akan sedikit menambah volume badan bagian atas dan menonjolkan bahu kalian sehingga dapat menyeimbangkan ukuran pinggul ke bawah. Outer yang panjang juga akan membantu menutupi ukuran pinggul, terlebih dengan penggunaan ikat pinggal, yang sekaligus menjadi aksesoris yang menarik perhatian. Hal ini dapat membantu untuk menonjolkan pandangan mata kepada kelebihan body curve kita di bagian pinggang. 

7. GUNAKAN PAKAIAN DENGAN MOTIF YANG VERTIKAL MEMANJANG

Sebagian kita pasti suka dengan pakaian bercorak untuk menambahkan kesan chick, 'artsy', atau agar tidak terlihat boring. Pakaian bermotif memang dapat membuat penampilan kita semakin 'eye catching' dan sedang marak di berbagai fashion tren, seperti pakaian retro, berkain, dan lain sebagainya.

Untuk pemilik 'pear body shape', perlu untuk memperhatikan motif yang dipilih. Motif yang memiliki pola horizontal, seperti garis-garis horizontal, cenderung untuk membuat tubuh terlihat bervolume. Jika kalian ingin tetap terlihat ramping, usahakan untuk memilih motif dengan pola vertikal, atau yang berukuran kecil, dan menyebar . Rok, celana, dress, dan outer dengan pola motif seperti garis-garis vertikal, akan memberikan ilusi tubuh yang ramping dan jenjang. Sedangkan pakaian dengan motif yang besar dan memusat, akan membuat tubuh terlihat penuh dan menonjol.

8. LAYER IT UP!

Layering merupakan salah satu basic way of mix and match pakaian. Kunci utama dalam layering untuk tetap nyaman dan terlihat ramping adalah penggunaan pakaian yang panjang seperti dress dan long sleeves tops berbahan linen atau katun sebagai dasar, dan layer it up dengan pakaian yang pendek, seperti crop top atau vest.

Dalam layering, gunakanlah warna yang masih dalam satu hue (warna original) yang sama, dan mainkan tone atau shade warna untuk menonjolkan bagian tertentu. Untuk pemilik pinggul berukuran besar, kita bisa menggunakan bawahan, dress, atau long sleeves berwarna gelap, dan melakukan layering dengan crop top, vest, atau hoodie berwarna terang.

9. POLA HIDUP YANG SEHAT DAN PERCAYA DIRI!

“Body confidence does not come from trying to achieve the ‘perfect body’, it comes from embracing the one you’ve already got” - unknown author. 

Kepercayaan diri terhadap bentuk badan yang kita miliki harus lebih ditingkatkan, bukan dengan merubahnya. Tetapi dengan embracing it! Tak hanya gaya berpakaian, pola hidup yang sehat, mulai dari pola makan, pola tidur, dan olahraga yang teratur, akan sangat membantu kita untuk membuat kita menjadi lebih nyaman dengan bentuk badan yang kita miliki. Penampilan yang comfortable, stunning, dan percaya diri pun dapat kita dapatkan!

Itulah 9 tips berpakaian untuk para perempuan dengan pinggul yang besar atau pemilik ‘pear body shape’. Semoga membantu and don’t forget to love yourself, Civs!

BACA JUGA:  MIX AND MATCH: TIPS KOMBINASI YANG BIKIN KALIAN TERLIHAT LEBIH STYLISH

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Nadya Hiranyo

Sehari-hari hobi mikir dan nulis, penyuka hal-hal vintage.