In Depth

YUK KENALAN DENGAN SHIO: ZODIAK DARI ASTROLOGI TIMUR!

Nyari kecocokan dan membuka obrolan dengan zodiak emang udah jadi salah satu hal yang umum. Tapi, gimana kalau kita membuka obrolan dengan membicarakan shio? Bagi beberapa orang hal ini adalah obrolan yang asing, tapi bagi beberapa keturunan Tionghoa di tanah air, obrolan ini menjadi satu basa-basi yang seru seperti berbasa-basi dengan membicarakan zodiak!

title

FROYONION.COM - Bosan dengan cocoklogi zodiak di tiap pertemuan dengan teman-teman? Masih asing dengan shio? Canggung untuk basa-basi di ruang obrolan saat mengucapkan Selamat Imlek kepada teman? Yuk, kenalan dengan shio, sistem zodiak dari Astrologi Timur!

Horoskop yang kita kenal merupakan satu sistem zodiak yang berasal dari Astrologi Barat. Menurut American Federation of Astrologers, horoskop merupakan sebuah peta lingkaran zodiak dengan Bumi sebagai pusatnya. Terdiri dari 12 zodiak, horoskop ditentukan dengan memetakan posisi relatif Matahari, Bulan, planet, dan bintang pada waktu dan tempat tertentu. Dari keduabelas zodiak tersebut, masing-masing memiliki elemen, yakni air, tanah, api, dan udara. Umumnya, kita biasa menentukan zodiak kita berdasarkan tanggal dan bulan kita lahir.

Berbeda dengan Astrologi Barat, Astrologi Timur memiliki shio! Menurut Feng Shui Institute, Astrologi Cina adalah salah satu bentuk astrologi yang paling akurat karena memiliki hampir 13 juta variasi bagan yang membuka peluang ketepatan perhitungan yang lebih besar buat lo. Sama seperti horoskop yang memiliki 12 zodiak, Astrologi Timur juga terdiri dari 12 shio. Keduabelas shio tersebut ditentukan berdasarkan Kalender Lunisolar Cina dan siklus 60 tahun yang berperan untuk menentukan kualitas unsur dan zodiak tertentu. Astrologi Timur (Astrologi Cina) memuat lima elemen, yakni api, air, logam, tanah, dan kayu yang diwakilkan dalam simbol Yin dan Yang.

Nah, kalau lo rajin cek peruntungan horoskop tiap bulan, mendekati Imlek, lo bisa banget nih cek hogi (keberuntungan) dan jiong (kesialan) lo atau doi lewat ramalan shio 2023 yang gue rangkum berikut:

1. Tikus

Kecerdasan dan kemampuan bersosialisasi lo yang baik akan berbuah, karena tahun ini, lo menjadi salah satu shio yang hogi! Banyak keberkahan yang menunggu lo di tahun ini. Salah satunya, lo diprediksi bakal menemukan pujaan hati yang udah lo tunggu-tunggu kehadirannya. Selain itu, kesehatan dan finansial lo juga cukup stabil, sehingga lo nggak perlu worrying too much things dan bisa fokus ke hal-hal yang lagi lo bangun dan tekuni!

2. Kerbau

Orang-orang yang memiliki shio Kerbau dipercaya adalah seorang yang tidak akan ingkar janji. Oleh karena itu, lo pasti sangat sering diandalkan dan dipercaya untuk jadi seorang pemimpin. Sayangnya, tahun ini lo perlu memperteguh diri lo karena bakal ada beberapa gangguan dalam perjalanan karir loKayanya, gangguan di karir lo sedikit memengaruhi pemasukan lo. Jadi, gue harap lo bisa lebih bijak buat spending uang yang lo punya. Selain itu, kayanya tahun ini juga belum jadi tahun yang baik untuk masalah asmara lo. Tapi jangan khawatir, dari banyaknya hal yang harus lo perhatiin, masalah kesehatan bukan jadi hal besar yang bakal menghambat lo tahun ini!

BACA JUGA: MENATA ULANG KAMAR TIDUR: LANGKAH KECIL UNTUK SEBUAH PERUBAHAN BESAR DI TAHUN BARU

3. Macan

Selamat pemberani! Berkat keberanian dan ambisi lo di setiap urusan, tahun ini lo jadi salah satu orang yang bakal punya banyak hogi! Asmara hingga karir, bakal mulus karena lo punya banyak dukungan yang bakal bantu jalan lo makin mulus. Tapi, hal-hal tersebut nggak serta merta bisa mendongkrak keadaan finansial lo. Jadi, gue saraninlo mulai cari pendapatan sampingan buat jaga cashflow tabungan loEits, meski harus cari peluang lain buat mencari pendapatan sampingan, lo jangan lupa buat tau batas ya! Meski diprediksi bahwa lo nggak akan memiliki masalah serius di kesehatan lo, tapi sakit juga nggak enak kan?

4. Kelinci

Meski tahun ini merupakan Tahun Kelinci, tapi lo yang punya shio Kelinci perlu waspada! Tahun ini bukan saatnya lo menjadi pribadi yang lembut seperti biasa, karena lo adalah salah satu orang yang berpotensi tertimpa jiong di tahun ini. Umumnya emang shio yang berkuasa di tahun itu bakal berpotensi besar untuk tertimpa jiong. Tapi jangan khawatir, urusan asmara lo tahun ini bakal berjalan cukup baik, meski akan menemui beberapa masalah di tengah hubungan. Kesehatan lo perlu dapet perhatian ekstra dan karir lo bakal kalem dan terhindar dari beberapa masalah yang berarti. Tapi, keadaan itu nggak serta merta membuat keadaan finansial lo tahun ini ikut ademLo perlu bijak untuk melakukan investasi dan pengeluaran lainnya, supaya keuangan lo tetap aman sepanjang tahun!

5. Naga

Jaga terus sifat lo yang menjunjung tinggi kejujuran, karena gue yakin itu salah satu yang ngebuat hubungan lo tahun ini berjalan dengan baik! Performa karir lo yang baik itu juga perlu dipertahankan karena jiong lo kemungkinan besar bakal menimpa aspek finansial. Meski lo akan tertimpa kesialan dalam hal finansial, kehilangan itu bakal segera kembali kok. Jadi, nggak usah terlalu overthinking biar lo punya cukup waktu dan tenaga untuk berolahraga supaya semakin sehat!

6. Ular

Lo perlu inget buat memahami dan menolong diri sendiri juga penting, di samping memahami dan menolong orang lain. Tahun ini lo perlu menjaga kesehatan mental dan fisik supaya bisa mewujudkan rencana-rencana besar lo. Dengan keadaan mental dan kesehatan yang stabil, gue yakin lo pasti bisa menghadapi persaingan di kantor lo tahun ini. Selain itu, kalau hati lo tenang, lo bisa lebih baik menjaga pengeluaran lo agar bisa membuat keadaan finansial lo baik sepanjang tahun dan bisa menikmati indahnya cinta, yang katanya, tahun ini lo bakal kasmaran bangetxixixi.

7. Kuda

Keceriaan dan kemampuan untuk menghibur orang lain bakal menghantarkan lo ke jodoh yang udah lo tunggu! Buat lo yang udah punya gandengan, juga akan memiliki hubungan yang baik tahun ini. Selain itu, tahun ini dompet lo berpotensi bisa tebel banget, selama lo juga selalu waspada agar tidak terjebak di dalam krisis keuangan. Nggak hanya itu, kabar baik juga akan menunggu lo dalam urusan karir. Jadi, lo nggak perlu menaruh banyak pikiran biar bisa memperbanyak olahraga supaya nggak gampang sakit!

8. Domba/Kambing

Ketulusan dan perhatian lo bakal ngebuat doi betah sama lo, selama lo bisa memberi ruang yang cukup diantara kalian. Selain menjaga hubungan, lo juga perlu menjaga kesehatan dan keuangan loLo perlu buat anggaran keuangan, supaya bisa melihat cashflow lebih jelas dan membelanjakannya dengan bijak. Apalagi, gue denger, karir lo tahun ini bakal memberikan hasil yang memuaskan, sehingga berpotensi memengaruhi pendapatan lo!

9. Monyet

Terima kasih buat semua lelucon dan humor-humor yang lo bagi ke tongkrongan loGue harap sikap humoris lo bakal tetap bertahan meski tahun ini lo diprediksi untuk bertemu penyakit. Meski begitu, gue harap itu bukan penyakit yang serius ya. Tahun ini, lo lebih baik fokus ke urusan kesehatan dan nggak perlu terlalu worry buat urusan karir dan keuangan yang bakal mulus-mulus aja. 

10. Ayam

Si paling modis, kayanya tahun ini harus banyak bersabar. Karena, lo harus tetap selektif dan bijak buat belanja meski diprediksi dompet lo cukup makmur. Tahun ini, lo bakal berpotensi terjebak jiong di beberapa aspek, salah satunya adalah asmara. Lo bakal menemui beberapa masalah, jadi lebih baik buat lo banyak ngobrol dan punya quality time yang banyak bareng doi. Di samping itu, gue harap tahun ini lo betah dengan pekerjaan lo dan mampu berusaha lebih keras lagi.

11. Anjing

Adil dan selalu mencegah terjadinya konflik, adalah sifat lo yang membawa lo untuk bisa menjaga dan melanggengkan hubungan lo di tahun ini. Nggak cuma itu, karir lo juga akan memiliki beberapa peluang yang bisa lo pertimbangkan untuk meraih masa depan yang lebih baik. Meski begitu, keadaan finansial lo kurang mulus. Namun, kesehatan menjadi satu hal baik yang bakal ngebuat lo sedikit lega, karena tahun ini, lo diprediksi untuk tidak memiliki penyakit yang serius!

12. Babi

Ringan tangan, membuat lo yang ber-shio Babi dihormati oleh orang lain. Hal itu membantu lo tahun ini memiliki karir yang baik dan menyenangkan! Tapi, buat lo yang hidup sebagai pebisnis, perlu waspada agar tidak terjebak pada kerugian. Maka, salah satu hal yang bisa lo lakuin adalah tetap berhati-hati untuk mengeluarkan uang, meski tahun ini lo lagi banyak hogi. Tak hanya itu, lo juga harus memperhatikan kesehatan lo agar tidak terserang penyakit yang berat. Eits, jangan khawatir untuk urusan asmara, tahun ini lo diprediksi memiliki hubungan yang harmonis lho!

Nah, kalau lo udah tahu peruntungan lo tahun ini, lo bisa nih basa-basi dengan bahas shio! Lo bisa memulai percakapan dengan mengucapkan Selamat Imlek dan melanjutkannya dengan:

“Semangat buat hadapi tahun ini dan reach target tahunan ya! Gue yakin lo pasti bisa. Katanya sih, shio Macan karirnya lagi lancar!”, yang pas buat lo kirim ke kolega, supaya makin semangat kerja dan kejar target.

“Eh, gue liat shio Ular tahun ini bakal kasmaran banget nih. Lo udah ada gandengannya belom?”, buat lo yang mau coba peruntungan asmara lo.

Ntar jangan kebanyakan makan Sate ya, makan sayur juga biar nutrisinya seimbang. Gue baca-baca shio Monyet tahun ini sedikit rentan buat sakit.”, yang cocok buat lo kirim ke temen, supaya lo bisa jaga tali silaturahmi yang baik bareng bestie lo.

Xi nian kuai li, ‘ai. ‘Ai shio Kuda kan? Pasti tahun ini banyak hogi! Semoga rezekinya lancar ya.”, buat lo yang berusaha mendorong tante atau om buat kasih angpao yang tebel!

Gimana Civsudah siap basa-basi pakai shio belum? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Arvy

Musisi kamar mandi, suka Reality Club dan 1975