In Depth

TIDAK HANYA RED FLAG! CATAT BEBERAPA MACAM ISTILAH ‘FLAG’ YANG HARUS KAMU KETAHUI

Kenali berbagai macam tanda bendera yang harus kamu ketahui sebelum melanjutkan hubungan yang lebih serius.

title

FROYONION.COM - Menjalani hubungan dengan isi kepala yang berbeda tentu bukanlah perkara yang mudah bagi seseorang. Ketika kita dihadapkan dengan satu atau lebih sifat yang bertolak belakang akan menjadi sebuah tantangan besar dalam mempertahankan komunikasi antar keduanya.

Masing-masing orang pasti memiliki kebiasaan baik dan buruk, tergantung dari beberapa faktor. Dikutip dari Wondrium Daily, kepribadian seseorang dibentuk dari dua hal, yaitu genetik dan lingkungan. Apabila keduanya berada pada kondisi yang positif, maka sifat juga akan mengikutinya secara alami. Begitupun juga sebaliknya.

Berbagai macam kepribadian ini akan sangat memengaruhi cara seseorang berkomunikasi dan memberikan respon terhadap masalah yang dihadapinya, termasuk dalam menjalin hubungan. Hal ini juga dapat membantu saat menyeleksi orang-orang yang memiliki kepribadian yang sesuai dengan diri kita agar tidak membuang waktu lebih lama dalam memilih pasangan.

Dilansir dari Well and Good, ada beberapa indikator ‘warna bendera’ pada seseorang berdasarkan kepribadian dan kebiasaannya, salah satu istilah yang paling populer adalah ‘red flag’ atau istilah yang merujuk pada kepribadian seseorang dengan perilaku merugikan dan tidak jarang cenderung manipulatif, seperti melakukan kekerasan, berkata kasar, gaslighting, dan sebagainya. indikator red flag akan tercipta dalam insting secara alami ketika salah satunya merasa mulai tidak nyaman dalam suatu hubungan.

BACA JUGA: MEMAHAMI CINTA MELALUI LAGU ‘NYAMAN TAK CUKUP’ OLEH RAISA ANDRIANA: CERMINAN HUBUNGAN JANGKA PANJANG

Selain red flag, ada juga istilah green, yellow dan orange flag. Green flag adalah lawan dari red flag yang merujuk pada kepribadian yang sehat dan positif. Indikator ini menunjukan bahwa kamu menemukan pasangan yang sesuai dengan kepribadianmu. 

Lalu, apa itu yellow flag dan orange flag? Kedua indikator ini sebenarnya sama-sama menandai kondisi ‘tengah-tengah’. Yellow flag merujuk pada istilah kepribadian yang mungkin tidak begitu kita sukai namun masih bisa dimaklumi. Namun, kondisi ini tetap harus diwaspadai karena suatu saat akan menimbulkan pertengkaran kecil hingga perdebatan jika tidak dikomunikasikan dengan baik.

Sedangkan orange flag merupakan indikator yang cenderung lebih mengarah pada ketegasan atau control dalam suatu hubungan. Sedikit berbeda dengan yellow flag yang lebih ‘menerima’ keadaan yang terjadi, orange flag membatasi apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. 

CONTOH STUDI KASUS

Kita ambil contoh dengan kebiasaan merokok seseorang. Orang tersebut bisa menjadi red flag di mata seseorang yang sangat tidak menyukai perokok dan menganggap rokok adalah sebuah benda yang merugikan dan tidak bermanfaat. Namun, bisa saja kondisinya menjadi green, yellow maupun orange flag tergantung bagaimana pasangan menilai dan menerima kebiasaan tersebut.

Indikator green flag saat menjalani hubungan dengan seorang perokok bisa terlihat pada pasangan yang memang tidak masalah dengan rokok, atau bisa jadi ketika pasangannya juga seorang perokok.

Seorang perokok juga bisa masuk kategori yellow flag apabila pasangan sebenarnya tidak suka dengan rokok, namun ia lebih memilih pasrah dengan keadaan dan menerima hal tersebut. Sedangkan hal ini bisa menjadi orange flag jika pasangan mau lebih tegas tentang batasan merokok, seperti jumlah batang rokok yang dikonsumsi dalam sehari, atau mengatur kapan waktu yang dibolehkan dan tidak dibolehkan untuk merokok. 

BACA JUGA: SEMENJAK RAMAI ISTILAH RED FLAG, KINI BARE MINIMUM TERLALU DIANGGAP SPESIAL? 

Perspektif red, orange, yellow, dan green flag ini memang bisa berbeda tiap individu. Apabila kondisinya masih memungkinkan untuk dipertahankan, segera komunikasikan dengan pasanganmu dan bentuklah boundaries agar mengurangi tingkat perdebatan di masa yang akan datang. Namun, jika hal itu dirasa sudah mengganggumu sejak awal (dalam hal ini sudah masuk kategori orange atau red flag), menyudahi hubungan dengannya akan jauh lebih baik.

Kita berharap semoga hubungan dengan pasangan selalu dalam kondisi green flag yang berarti saling memberikan support dan selalu menjaga komunikasi yang baik. Atau dari perspektif lain, indikator green flag juga bisa menandakan bahwa pasanganmu selalu memahami setiap keputusan masing-masing dengan memberikan prioritas pada kepentingan bersama. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Deby Priscilina

Pekerjaan utamanya bengong, nulis, repeat. Kadang ditaburi kadar kehaluan 0,01% di atasnya.