In Depth

TERNYATA INTROVERT JUGA BISA LEBIH KREATIF, INILAH 5 ALASANNYA

Di balik sifatnya yang jarang ngomong dan cuek. Ternyata introvert punya kreativitas yang di atas rata-rata. Kok bisa? Cari tau alasannya di sini!

title

FROYONION.COMDi balik sifatnya yang pendiam dan cuek. Ternyata, kepribadian introvert juga bisa lebih kreatif. Terutama dalam hal yang berkaitan dengan pemecahan masalah, Civs.

Dua psikolog Mihaly Czikszentmihalyi & Gregory Feist dalam buku Quiet: The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking bahkan menyatakan orang yang memiliki kepribadian introvert memang cenderung punya pemikiran yang lebih kreatif. 

Lantas, kalau kita bicara soal introvert yang sukses menggunakan kreativitasnya, emangnya ada?

Ada banyak tokoh dunia yang terampil menggunakan kreativitasnya sebagai sosok introvert. Sebut aja penemu Microsoft, Bill Gates; aktris Emma Watson; penulis serial Harry Potter, J.K. Rowling; dan istri dari mantan presiden AS, Eleanor Roosevelt.

Kalau menurut gue sebagai orang yang punya kepribadian introvert sejak kecil, kreativitas bagi introvert itu tumbuh karena situasi yang hening saat mereka menyendiri. Logikanya, situasi yang hening ini membuat daya kreativitas juga bakal lebih melejit.

Selain punya banyak pemikiran yang kreatif, mereka juga jago dalam urusan pengambilan keputusan, penyembuhan pikiran dari hal yang bikin stres, dan tetap fokus walaupun terbiasa melakukannya seorang diri.

Kemudian, daya kreativitas unik yang mereka punya ini tentu bisa diterapkan juga dalam urusan karier. Misalnya, berkarya di industri kreatif yang nggak luput dari orang-orang berjiwa kreatif, ya kan Civs?

Lalu, apa sih yang membuat introvert itu bisa dikategorikan sebagai kepribadian yang penuh dengan kreativitas? Berikut adalah kelima alasannya, Civs!

BACA JUGA: KENAPA ADA ORANG YANG LEBIH MERASA KREATIF SAAT MALAM HARI?

1. PUNYA PEMIKIRAN YANG OUT OF THE BOX

Salah satu hal paling jelas mengenai kreativitas seorang introvert adalah punya pemikiran yang beda dari yang lain, alias out of the box. Konon, pemikiran ini tercipta dari karakteristik mereka yang nggak ingin disamakan dengan orang lain.

Dalam prosesnya, introvert akan lebih banyak mencari informasi, berkumpul hanya dengan orang-orang yang punya pemikiran sama, dan selalu kritis serta inovatif dalam memandang suatu permasalahan. 

Makanya, kalau ada rekan kerja atau teman lo introvert yang punya kelebihan ini, anggaplah suatu keberuntungan karena mereka mampu menyumbangkan banyak ide-ide kreatif saat berdiskusi ataupun berkarya, ya Civs.

2. SEORANG PENDENGAR YANG BAIK

Introvert juga dikenal sebagai pendengar yang baik. Ketika mereka diajak untuk bercerita atau sekadar curhat, mereka bakal mencerna penuh dengan perhatian dan menjaga kerahasiaan pembicaraan yang tengah berlangsung, Civs.

Begitupun ketika mereka berkarier di industri kreatif. Kelebihannya ini bakal membuat mereka bisa dipercaya untuk melakukan beberapa proyek, terlebih saat waktunya berdiskusi soal ide atau gagasan baru. 

Soal tips yang biasa dilakukan introvert dengan kemampuannya ini adalah selalu melibatkan empati dan mereka nggak akan berani untuk memotong pembicaraan. Jadi, itulah mengapa introvert kerap dijuluki si pendengar yang baik.

3. TERBIASA MANDIRI DI SEGALA SITUASI

Kreativitas seorang introvert dapat terlihat saat bagaimana mereka bisa menghadapi berbagai situasi dengan mandiri. Inilah yang membuat introvert merupakan sosok yang kuat dan hal apapun yang mereka lakukan bisa dikerjakan secara sendiri.

Canggihnya, mereka nggak perlu diperintah terlebih dahulu dalam melakukan sesuatu. Begitu pun dalam berkarya, introvert bakal menggunakan seluruh daya kreativitas dan imajinasi yang mereka punya sendiri, Civs.

Satu lagi hal yang lo perlu tau dalam poin ini, kemandirian introvert bisa terasah dari cara mereka menerima keadaan diri, belajar dalam menyelesaikan masalah, dan terbiasa memberikan self-motivation atau motivasi terhadap diri mereka sendiri.

4. SELALU BERHATI-HATI DALAM BERTINDAK

Berikutnya, introvert identik pula dengan karakteristiknya yang selalu berhati-hati dalam bertindak. Dalam urusan kreativitas, seorang introvert akan merancang sedemikian rupa karya yang akan mereka ciptakan.


 

Kelebihan ini juga menjadi suatu sinyal bahwa introvert pandai dalam melihat risiko yang bisa saja terjadi saat mereka bertindak. Namun, semuanya bakal mereka lakukan secara aman dan tetap di jalur semestinya.

Tapi, kenapa mereka bisa berhati-hati, ya? Itu karena mereka selalu ingat bahwa apa yang akan diucapkan atau dilakukan akan berdampak terhadap orang lain, dan seorang introvert juga begitu paham risiko dari setiap hal yang dilakukan. Begitu, Civs.

5. PANDAI BERPIKIR KRITIS DAN INOVATIF

Last but not least, satu alasan mengapa introvert bisa begitu kreatif disebabkan pola pemikiran mereka yang kritis dan inovatif. Contohnya, ketika ada suatu hal yang nggak berjalan semestinya, mereka akan berusaha mencari tau akar di setiap permasalahan.

Hal berikutnya juga terjadi saat introvert sedang asyik berkarya, mereka akan menggunakan segenap kreativitas dan imajinasi untuk menggapai ide, gagasan atau karya yang dibuat secara inovatif alias memperbarui dari ciptaan sebelumnya.

Keseluruhan kemampuan mereka ini tak lain tak bukan didapatkan dari kebiasaan-kebiasaan yang sudah dilakukan rutin, mulai dari mencerna informasi sedetail mungkin, aktif dalam bertanya, dan punya hobi andalan yaitu membaca buku. Mantul!

Setelah lo tau alasan di balik kelebihan introvert yang emang cocok dijuluki si paling kreatif. Sudah semestinya kepribadian introvert mendapatkan apresiasi dan atensi lebih terhadap kreativitasnya. Toh, kedepannya pasti kita bakal berkolaborasi dengan mereka, kan Civs? (*/)

BACA JUGA: BERKARYA DI INDUSTRI KREATIF, SOLUSI BAGI TENAGA HONORER SEBELUM DIHAPUS

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas