In Depth

SUSAH FOKUS? SERING DIANGGAP PEMALAS? BISA JADI LO KENA ADHD

Seringkali merasa susah fokus dan gampang terdistraksi dengan hal-hal sepele, buat kalian para pekerja kreatif yang mengalami gejala seperti itu, coba gih konsultasi ke psikiater, bisa jadi lo kena ADHD?

title

FROYONION.COM - Merasa konsentrasi gampang terpecah, ngga bisa diem dan moody-an alias bosenan, serta kadang-kadang lemot untuk memahami sesuatu sehingga banyak yang ngira bahwa lo pemalas, padahal emang mageran aja wkwk, engga deng!

Tapi, jika lo merasa sesuatu itu ada dalam diri lo, segera cek dan konsultasikan ke ahlinya, jangan sampai lo mendiagnosis diri dan meng-glorify bahwa lo terkena ADHD.

Untuk mengetahui lo memiliki ADHD atau nggaK? Sebenernya lo harus tanyakan kepada seseorang yang mengerti atau paham di bidangnya seperti psikolog atau psikiater. Nah, setelah lo mengkonsultasikan problem lo, biasanya ada beberapa step by step dan pertanyaan tes psikologis yang akan diajukan kepada lo untuk make sure bahwa lo memang memiliki ADHD atau ngga. Jadi, jangan langsung menyimpulkan sendiri ya, Civs!

Kalo lo bingung atau mager pergi konsultasi ke dokter, sekarang lo juga bisa kok konsultasiin berbagai keluhan tentang kesehatan diri lo, termasuk kesehatan psikologis kalian hanya dari platform layanan kesehatan online seperti Halodoc, Klikdokter, atau Alodokter dan berbagai platform kesehatan lain, baik berbayar maupun gratis, yang dapat memungkinkan lo untuk konsultasi dengan berbagai dokter dengan spesialis dan kompetensi yang lo butuhkan dan tentunya hal ini bisa memudahkan lo juga dengan ngga perlu repot-repot pergi konsul ke rumah sakit. Civs.

Namun sebelum lanjut, apasi sebenarnya ADHD?

Melansir dari sebuah website layanan konsultasi kesehatan online yaitu alodokter.com, dr. Irma Noor Budianti mengatakan bahwa ADHD atau (Attention deficit hyperactivity disorder) merupakan suatu keadaan gangguan kesehatan mental atau kelainan perkembangan terbanyak dialami pada masa anak dan dapat berlangsung sampai masa remaja dan dewasa dimana anak mengalami gangguan dan kesulitan ketika memusatkan perhatian atau sulit fokus serta cenderung menunjukkan perilaku hiperaktif dan impulsif. 

Penyebab pasti dari ADHD belum diketahui secara pasti. Namun, diduga karena faktor genetik serta faktor lingkungan dan gangguan pada gelombang otak. Gangguan ini muncul biasanya sejak usia anak-anak dari mulai usia 3 tahun dan bisa berlanjut hingga usia dewasa jika tidak segera ditangani. 

BACA JUGA: UMUR 20-AN MASIH TINGGAL DI RUMAH ORTU TERBILANG NGGAK AMAN UNTUK KESEHATAN MENTAL?

ADHD memungkinkan para pengidapnya menjadi seseorang yang sulit untuk fokus, sedikit mengalami keterlambatan berpikir, dan cenderung gampang lupa. Selain itu, orang dengan gangguan ADHD juga umumnya nggak bisa diam dan selalu ingin bergerak. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu produktivitas dan menghambat kegiatan lo sehari-hari, Civs?

Apalagi, jika lo adalah seseorang yang bekerja dan berkecimpung di industri atau dunia kreatif anak muda, yang selalu dituntut untuk terus mengeluarkan ide-ide kreatif dan berpikir serta berinovasi tentang ide yang lo ciptakan setiap harinya. Tentu akan sangat sulit bagi lo, jika lo ternyata memiliki ADHD secara ngga sadar. 

Atau bagi lo juga sebagai seorang pelajar, sebab jika lo secara ngga sadar menderita ADHD, lo akan cukup sulit untuk memahami kegiatan pembelajaran dan hal tersebut bisa berdampak pada menurunnya prestasi akademis lo. 

Terus, gimana menanganinya? 

Ada banyak faktor seseorang memiliki masalah yang sama seperti susah fokus, gampang terdistraksi, dan masalah-masalah yang serupa. Tapi, hal ini mungkin bisa disebabkan karena seseorang memiliki masalah lain seperti stres atau karena faktor lain yang mempengaruhi yang sangat komplek. Maka dari itu, ada berbagai riset pertanyaan atau wawancara serta pengamatan mendalam oleh seorang ahli untuk memastikan dan akhirnya melakukan diagnosis kepada lo, kita ngga bisa mendikte atau menyimpulkan sendiri.

Untuk itu, salah satu jalan untuk menanganinya yaitu kita harus mengkonsultasikan masalah ini lebih lanjut kepada pakarnya untuk memastikan dan membantu lo. Civs! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Tegar Widodo

Freelancer