In Depth

SELF-REWARD MEMANG PENTING TAPI PAHAMI BATASANNYA

Self reward memang sangat penting untuk mendorong motivasi agar bisa bekerja lebih baik. Namun, jangan sampai self reward ini malah jadi alasan agar bisa melakukan pemborosan.

title

FROYONION.COM - Belakangan ini pasti sudah tidak asing dengan istilah self reward. Singkatnya, self reward adalah bentuk kegiatan yang dilakukan untuk mengapresiasi pencapaian yang telah sudah dicapai diri sendiri. Karena itu, self reward ini bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk self love

Self reward atau aktivitas menghadiahi diri sendiri bagi sebagian besar orang mungkin terkesan terlalu memanjakan diri dan mementingkan diri sendiri. Padahal, jika menyikapinya dengan benar, kegiatan ini dapat membantu menjaga kesehatan mental dan memotivasi diri untuk bekerja lebih keras dan lebih baik. Aktivitas ini bahkan bisa meningkatkan kepuasan diri sendiri.

Namun, ingat ya, kalian juga perlu tahu batasan untuk memberikan hadian pada diri sendiri. Meskipun punya banyak manfaat, akan tetapi jika dilakukan berlebihan, ini malah bisa berujung pemborosan atau merugikan diri sendiri

BACA JUGA: 5 HAL YANG BIKIN ANAK MUDA MAKIN TEKOR KELOLA KEUANGAN

Sebelum memahami batasan-batasan dari self reward, berikut ini adalah beberapa manfaat dari self reward untuk kesejahteraan diri sendiri:

1. MENCIPTAKAN RASA BAHAGIA

Bayangkan jika mendapatkan hadiah barang yang sudah diidam-idamkan, seperti makanan di restoran mahal atau liburan ke luar negeri selama sepekan. Bagaimana perasaannya? Pasti senang bukan? 

Itulah yang akan dirasakan saat melakukan self reward, perasaan akan jadi lebih bahagia.  Saat mendapatkan hadiah, nantinya otak akan melepaskan zat kimia yang disebut dopamin. Senyawa ini yang nantinya membuat kalian merasa lebih positif dan bahagia. 

Ingat, perasaan bahagia dan positif adalah hal yang sangat perlu untuk memicu produktivitas. Jika kalian terus merasa negatif selama bekerja, maka bukan tidak mungkin ini akan mempengaruhi hasil kerja kalian juga.

Jadi, pastikan untuk memberikan hadiah pada diri sendiri, setidaknya sebulan sekali.

2. MEMBERI KEKUATAN POSITIF

Hadiah nyatanya bisa  menjadi salah satu cara bagus untuk memotivasi dalam bekerja lebih keras lagi untuk bisa mencapai tujuan tertentu.

Hal ini mungkin sudah pernah dilakukan sejak kecil, seperti orang tua yang memberikan hadiah ketika berhasil lulus tes masuk perguruan tinggi negeri. Bedanya, kali ini kamu sendiri yang memberikan hadiahnya.

Selain itu, saat suatu perilaku diikuti oleh hasil yang menyenangkan, kalian cenderung akan mengulangi perilaku tersebut dan inilah yang disebut sebagai penguatan positif. 

Jadi, saat usai bekerja keras dan mendapatkan hadiah menyenangkan, pastinya akan mengulangi sikap kerja keras tersebut untuk mendapatkan penghargaan lainnya di kemudian hari. Ini pun sudah terbukti sangat baik untuk memberikan motivasi positif.

3. MENINGKATKAN HARGA DIRI

Tak hanya membuat perasaan lebih bahagia, self reward nyatanya juga bisa membantu meningkatkan harga diri (self-esteem). Sebab, memberikan reward bisa sebagai langkah memvalidasi harga diri.

Ini memberitahu bahwa diri kalian berharga dan perasaan senang itu layak diterima. Jadi, memberikan hadiah kecil pada diri sendiri bisa membantu meningkatkan harga diri sendiri.

4. MELEPAS STRES DAN PENAT

Melakukan self reward juga bisa menjadi salah satu cara tepat untuk membantu melepaskan penat dan stres kerja.

Setelah memanjakan diri, pastinya akan mendapat perasaan dan energi positif yang bisa membuat diri merasa lebih siap beraktivitas lagi. Pastinya kali ini dengan pikiran yang lebih segar, lebih fokus, dan lebih percaya diri. 

Itulah beberapa manfaat dari self reward. Namun mesti ingat, jika dilakukan dengan benar, maka self reward yang dilakukan bisa memberi manfaat positif.

Sementara jika salah menyikapinya, bukan tidak mungkin malah akan mendapatkan efek negatifnya. Nah, berikut ini adalah batasan-batasan agar self reward yang dilakukan tetap bisa memberikan manfaat:

5. JANGAN MENURUTI KESENANGAN YANG BERDAMPAK NEGATIF

Seperti yang disebutkan sebelumnya, menghadiahi diri sendiri bisa memberikan dampak positif untuk kesehatan fisik dan mental. Namun, perhatikan lagi dengan hal yang lakukan sebagai bentuk self reward.

Jika melakukan self reward dengan cara menghamburkan uang, belanja, atau bahkan minum alkohol, maka ini bukan self reward yang tepat untuk dilakukan.

Ingat, kesenangan juga ada batasnya. Jangan sampai apa yang lakukan malah merugikan diri sendiri atau malah orang lain.

6. JANGAN MEMBELI BARANG YANG TIDAK PERLU

Rasanya semua orang pasti sangat suka memanjakan diri dengan berbelanja? Bahkan kini bisa dengan mudah berbelanja secara online.

Sayangnya, dengan kemudahan berbelanja ini, pasti jadi lebih sering untuk belanja impulsif atau bahkan belanja barang yang sebetulnya tidak diperlukan. 

Memang belanja bisa jadi kegiatan self reward, tetapi kalian juga perlu mengontrolnya. Membeli barang untuk menyenangkan diri boleh-boleh saja, akan tetapi pastikan barang yang  dibeli ini punya manfaat jangka panjang dan tidak menjadi barang yang berakhir sia-sia.

7. JANGAN SAMPAI MENGURAS TABUNGAN

Hal yang paling penting juga saat melakukan self reward adalah tahu batasan dan jangan sampai menguras tabungan.

Memanjakan diri memang perlu, tetapi harus ingat anggaran. Jangan sampai niat untuk memanjakan diri malah menghabiskan seluruh tabungan sehingga kondisi finansial malah jadi kacau. 

Jadi, pastikan self reward yang lakukan adalah hal yang bertanggung jawab dan sesuai dengan anggaran. Jangan pernah melakukan pemborosan dengan kedok self reward, ya!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Rizky Setiawan

Penulis dan editor. Tertarik dengan isu-isu seputar gaya hidup.