In Depth

PEMULA DALAM PEMILU? PILIH PILAH PILIHANMU!

Menginjak usia 17 tahun menandakan kamu sudah mulai memasuki usia dewasa, tidak hanya harus bijak dalam memilih teman dan pergaulan, kamu juga harus bijak dalam memilih siapa calon presiden di masa depan.

title

FROYONION.COM - Kampanye sudah mulai terdengar. Nama pasangan calon presiden sudah mulai bersaut-sautan dijagokan. Momen pesta politik menjadi momen besar bagi seluruh rakyat Indonesia. Bagaimana tidak? Pilihan kita menentukan siapa pemimpin kita untuk 5 tahun ke depan. Jangan meremehkan kekuatan dalam satu hak suara! Setiap satu suara sangatlah berharga! 

Nah buat kamu yang baru saja menginjak usia 17 tahun, itu tandanya 2024 akan menjadi pemilu pertama kamu nih hehehe…Kira-kira apa saja yang perlu disiapkan supaya suara kamu bermanfaat dan tidak salah pilih?

Memilih pemimpin itu sama seperti memilih pacar, harus hati-hati dan perlu mengenal lebih dalam lagi.

Bagaimana cara kita mengenalnya? Ini beberapa poin yang mungkin bisa kamu terapkan nanti :

1. CARI TAHU VISI DAN MISI 

Setiap orang pasti mempunyai Visi dan Misi dalam hidup, kan? Apalagi para calon pemimpin. Kamu perlu mencari tahu Visi dan Misi pasangan calon yang sedang ramai digadang-gadang. Apa yang ingin mereka tuju dan bagaimana mereka akan mencapainya. 

5 tahun bukan waktu yang singkat. Perubahan bisa banyak terjadi. Bisa perubahan baik, namun bisa juga perubahan buruk. Oleh sebab itu, kita perlu kritis dalam mencari tahu visi dan misi dan apakah terdengar meyakinkan. Tidak hanya memberikan impian-impian saja.

2. CARI TAHU REKAM JEJAK TIAP PASLON

Kita pasti sering mendengar kata “People change”, tapi “Some people don’t”. Semua orang mungkin saja berubah dan berhak mendapat kesempatan kedua. Namun, rekam jejak yang kurang baik bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih paslon yang ingin kita pilih. 

Kita bisa tanyakan dan renungkan kepada diri sendiri resiko-resikonya. Pikirkan “bagaimana jika dia mengulangi hal yang sama?” mungkin dapat membantu kita lebih berhati-hati dalam memutuskan.

“SEE THE GOOD THING IN PEOPLE”

Nah, selain melihat rekam jejak yang kurang baik, tentu kita perlu melihat proses dan prestasi apa saja yang pernah dilakukan oleh setiap pasangan calon. Lalu kita bandingkan setiap pasangan calon yang maju. Siapa kiranya yang paling banyak memiliki program dan prestasi berhasil. Siapa tahu, hal-hal serupa akan diadopsi ketika mereka memimpin nanti. 

3. KENALI DIRIMU SENDIRI

Pikirkan dan kenali dirimu. Sosok pemimpin seperti apa yang kamu butuhkan dan ingin kamu cari dalam diri seseorang. Terkadang, mengenal orang lain itu perlu, tapi jangan lupa bahwa kita juga perlu mengenal diri kita sendiri. 

Setiap orang pasti memiliki gambaran masing-masing dalam menentukan “pemimpin ideal”, maka kenali dirimu dan calon pasangan yang menurut kamu paling dekat dengan kata “pemimpin ideal” menurutmu.

Ingat ya, memilih adalah hak kita semua. Tapi memilih dengan bijak membutuhkan tanggung jawab. Karena setiap pilihan yang kita buat akan menentukan masa depan bangsa. Jadi, sudahkah kamu mengenali calon pasangan jagoanmu? (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Annya Leonny

Gemar membaca dan menulis sambil menyulam mimpi.