In Depth

PAKE DANA DARURAT BUAT BELI TIKET KONSER, AMAN GAK YA?

Mau nonton Coldplay, tapi tiketnya dijual tengah bulan banget. Apa pake dana darurat aja ya? Sebenarnya, boleh gak sih pake dana darurat buat beli tiket konser?

title

FROYONION.COM - Rame konser Coldplay di Indonesia, informasi penjualan tiketnya sudah bisa dibeli mulai 17 Mei 2023. Banyak netizen +62 yang pusing mikirin gimana beli tiketnya, sampai-sampai berpikiran buat make dana darurat. Hayoo, kamu termasuk juga gak nih?

Dana darurat merupakan dana yang disisihkan seseorang untuk digunakan saat kondisi darurat misalnya saat sakit, di PHK atau pas artis dan band idola tiba-tiba konser dadakan (hehe).

Dana darurat ini haruslah berupa dana likuid ya Civs, yaitu dana yang mudah untuk dicairkan baik itu uang cash maupun aset seperti reksadana.

Sebenarnya, dana darurat aman gak ya kalau dipakai buat beli tiket konser?

Dilansir dari Medcomm, Melvin Mumpuni yang merupakan Founder Finansialku.com mengatakan, kalau sebenarnya memakai dana darurat untuk beli tiket konser bukan sesuatu yang tepat. Seharusnya, alokasi dana darurat tersebut dipakai dalam keadaan yang genting. Hitungannya, konser itu kan bukan keadaan genting dan masuknya ke kebutuhan tersier.

Namun, kalau memang terpaksa daripada bela-belain pakai pinjol, ya gak masalah. Asalkan, setelah itu kamu langsung isi ulang tuh dana daruratnya. Supaya aman, besar nominal dana darurat adalah 6-12 kali lipat pengeluaran perbulan.

Misalnya, kamu belum menikah dan punya pengeluaran bulanan sebesar 3 juta/bulan. Berarti, kamu harus bisa siapin setidaknya 18 juta untuk tabungan dana darurat.

  1. Individu belum menikah/single: 6 kali lipat dari pengeluaran bulanan
  2. Individu yang sudah menikah: 9 kali lipat  dari pengeluaran bulanan
  3. Individu yang sudah menikah dan memiliki anak: 12 kali lipat  dari pengeluaran bulanan

TIPS NABUNG DAN BELI TIKET KONSER TANPA PUSING

Kalau gak kepepet banget, sebenarnya gak perlu sampai ngorbanin dana darurat ya, Civs. Lebih baik, simak tips beli tiket konser dibawah ini. Bisa diterapin biar gak kalang kabut kalau artis favorit kamu dikabarkan datang ke Indonesia.

1. Pikirkan kembali keputusan membeli

Sebelum beli, pikirin lagi apakah kamu benar-benar pengen dan perlu banget dateng konser itu atau cuma FOMO doang. Dengan berpikir matang, kamu bisa mengambil keputusan bijak dan mempertanggungjawabkannya.

2. Siapkan tabungan terpisah

Sebaiknya buat tabungan sesuai dengan kebutuhannya. Kamu bisa memanfaatkan beragam fitur di aplikasi bank digital yang sekarang mempermudah nasabah buat nabung dan mencapai tujuan, salah satunya nabung konser. Jadi, uangnya lebih gampang di track.

3. Investasi 

Selain menabung, kamu bisa investasi untuk dapat passive income yang nantinya berguna buat kebutuhan, salah satunya buat beli tiket konser. Investasi reksadana untuk pemula bisa dilakukan dari jauh-jauh hari, kamu tinggal cairin aja kalau udah dekat hari ticketing.

4. Hindari pengeluaran tidak penting

Hindari kebiasaan impulsif dalam membeli sesuatu, kurang-kurangin deh nonton Live TikTok atau cek marketplace saat tanggal kembar. Kurangin juga nongki-nongki di kafe biar uangnya bisa masuk ke alokasi tabungan.

Dimana ada niat, di situ ada jalan. Jadi, kesimpulannya sebenarnya bukan hal yang disarankan buat makai dana darurat untuk keperluan konser semata.

Tapi, kalau kamu sudah mempertimbangkan matang-matang dan gak langsung menguras habis dana daruratmu, go ahead. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Anisa Ramadhani

Sibuk menjalani dan menikmati hidup di dunia yang seru tapi fana ini. Menulis adalah salah satu dari hobi selain bersosialisasi, travelling dan ngecekin playlist Spotify orang lain.