In Depth

MUSIM HUJAN BIKIN KITA INGET MANTAN, EMANG BENER?

Pernah enggak sih waktu ngeliat tetesan hujan di jendela tiba-tiba lo kangen sama mantan? Ini lebay atau beneran sih? Cari tahu yuk, Civs!

title

FROYONION.COM - Akhir-akhir ini, hujan kayaknya lagi sering banget turun, bahkan bisa sampai seharian. Beberapa orang bilang kalau hujan itu bisa bikin kita keinget kenangan-kenangan indah, salah satunya sama mantan. Apalagi ngeliat tetesan hujan di jendela, kok rasanya jadi makin galau ya? 

Inget kenangan-kenangan indah sama mantan sebenernya wajar aja sih. Terlebih si dia adalah mantan terindah yang selalu lo rindukan, Civs. Tapi kalau flashback kenangan indah itu lebih sering dateng kalau lagi hujan dan kita malah kangen, lebay atau wajar sih? 

Nah, jadi ada sebuah penelitian menarik nih dari sekelompok psikolog dari King's College London dan University of Southampton di Inggris. Mereka nyoba meneliti, apakah cuaca buruk kayak hujan dan petir bisa bangkitin perasaan nostalgia positif, perasaan optimisme, dan kepercayaan diri seseorang.

Seperti dilansir Psychology Today, Wijnand van Tilburg, Constantine Sedikides, dan Tim Wildschut mengajukan beberapa pertanyaan kepada orang-orang yang mereka survei. Pertanyaan itu meliputi apakah cuaca buruk bisa ngingetin mereka dengan nostalgia masa lalu dan punya manfaat untuk kesehatan psikologis. 

BACA JUGA: BERTEMAN DENGAN MANTAN, BISA KOK, TAPI…

Para peserta disuruh dengerin beberapa rekaman kayak suara angin kencang, suara guntur, dan hujan lebat. Setelah itu, mereka disuruh tulis sejauh mana rekaman itu ngebuat mereka bernostalgia. Hasilnya, para peserta yang mendengar angin, guntur, dan hujan mengaku kalau mereka teringat kenangan di masa lalu. 

Selain itu, peneliti juga menggarisbawahi kalau cuaca buruk ternyata meningkatkan perasaan nostalgia masa lalu, perasaan harga diri, pengaruh positif pada diri sendiri, keterhubungan sosial, dan optimisme lho, Civs.

HUJAN JUGA BIKIN SEDIH

Meskipun hujan membawa hawa positif, tapi buat orang-orang yang enggak suka hujan—termasuk lo mungkin—suasana kayak gitu justru malah bikin makin sedih dan kurang bersemangat. Dalam makalah dari American Psychological Association, ada berbagai faktor kenapa cuaca yang gloomy bisa mempengaruhi suasana hati lo. Tapi para ilmuwan percaya kalau itu disebabkan karena kekurangan sinar matahari. 

Nah kalau kurang terpapar sinar matahari, itu berpengaruh banget sama emosi dan fisik lo. Soalnya pada dasarnya tubuh kita tuh butuh sinar matahari buat ngatur siklus bangun-tidur, dan juga buat memproduksi vitamin D. Kalau hujan terus-terusan di pagi hari, lo mungkin bakal ngerasa ngantuk banget dan males buat bangun dari tempat tidur. Ini nih yang bikin pola tidur lo bakalan kacau dan bikin lo bad mood seharian. 

Selain buat memproduksi vitamin D, sinar matahari itu bermanfaat buat ningkatin dua zat kimia di dalam tubuh seperti serotonin dan dopamin. Tanpa cahaya matahari yang cukup dan tingkat neurotransmiter yang baik, beberapa orang bisa ngerasa stres dan tertekan lho, Civs. Kurangnya sinar matahari bisa berefek pada otak dan memicu gangguan afektif musiman atau SAD. 

BACA JUGA: KUAT MENTAL BELUM TENTU SEHAT MENTAL, APA SIH BEDANYA?

Seasonal affective disorder (SAD) ini adalah sebutan buat orang-orang yang selalu ngerasa sendu kalau cuaca lagi mendung atau enggak ada sinar matahari sama sekali. Musim hujan bakal ngedorong lo untuk tetep stay di rumah, jadi bikin lo kurang aktif dan males ke mana-mana. Kurangnya sosialisasi atau olahraga, bisa bikin lo lebih kesepian atau lesu dan suasana hati makin drop. Enggak heran sih, hujan juga bikin lo inget hal-hal yang sedih.

Nah, biar lo enggak keinget mantan terus sampai ngalamin SAD, coba deh lakuin aktivitas yang menyenangkan diri lo. Misalnya nonton film yang ceria, main game, baca buku, denger musik, atau main sama hewan peliharaan di rumah. Yang penting lo bisa ngabisin waktu tanpa harus mikirin hal-hal yang mood lo drop.

Kalau pengen ketemu temen-temen tapi enggak bisa keluar rumah sama sekali karena hujan, lo masih bisa kok ngelakuin hal-hal menyenangkan lewat online. Kayak videocall sama temen, nonton film lewat online, atau main game online bareng-bareng. Jadi dengan tetep aktif walau di rumah selama musim hujan, hal tersebut bisa ningkatin endorfin yang bikin suasana hati lo lebih baik dan itu juga bisa bikin lo lupa dengan kenangan-kenangan bersama mantan, Civs. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Dian Rosalina

Penulis, Ibu-ibu, dan pecinta kucing yang suka bakso.