Esensi

MENGENAL 3 FORMAT KOMEDI YANG ADA DI INDONESIA

Jauh sebelum Oza Rangkuti becandain Jaksel dan  Gen Z, nyatanya di Indonesia terdapat berbagai format komedi. Apa sajakah format tersebut?

title

FROYONION.COM - Komedi di Indonesia pada dasarnya selalu mengalami perubahan. Sama seperti musik yang seringkali mengalami perubahan format bermusik, seperti band menjadi boyband, boyband kembali menjadi band, dan sekarang band menjadi solois. 

Dan rasanya, perubahan format ini pun terjadi juga terhadap format komedi di Indonesia. Misalnya, di era orang tua kita mereka mengenal grup komedi seperti Srimulat, kini kita justru lebih mengenal pelawak perorangan seperti stand up comedy atau comic seperti Raditya Dika, Oza Rangkuti, dan lain sebagainya.

Perubahan format komedi di Indonesia pun tentunya berpengaruh terhadap genre komedi di Indonesia. Mulai dari jokes sexist, berubah menjadi jokes slapstick, sampai kini menjadi dark jokes ataupun jokes yang memiliki kritik tersirat di dalamnya.

Lantas, ada komedi dalam format apa sajakah di Indonesia? 

1. KOMEDI DENGAN FORMAT GRUP 

Salah satu format komedi yang cukup populer di Indonesia adalah komedi dengan menggunakan format grup. Nama-nama grup komedi seperti Srimulat, Warkop, Bagito, dan lain sebagainya menjadi bukti bahwa komedi adalah hal yang sistematis.

Komedi pada dasarnya adalah hal yang sistematis, dalam komedi yang dilakukan dalam suatu grup, semua personil memiliki porsinya masing-masing. Ada yang menjadi ‘keset’ atau korban, ada yang menjadi pemantik komedi, dan tentunya ada pula yang bertugas sebagai pencipta kelucuan. 

Terlebih, dalam komedi yang menggunakan format grup ini, biasanya terdapat tema atau sebuah cerita yang menjadi pijakan untuk membangun suatu situasi komedi. Maka dari itu, meskipun merupakan sebuah pertunjukan komedi, para penonton juga mendapatkan sebuah cerita yang menjadi pijakan para pelawak tersebut untuk memberikan lawakan mereka. 

Sebagai contoh, Warkop DKI misalnya. Sosok yang seringkali menjadi keset adalah Dono dan yang menjadi pelempar lawakan adalah Kasino. Di sisi lain, Indro bertugas sebagai sosok yang menetralkan. Namun, posisi tersebut pun bisa berubah-ubah, semua kembali lagi ke situasi komedi yang tercipta. 

Komedi dengan format grup biasanya memiliki jenis komedi yang dibuat sesuai dan sejalan dengan cerita yang sedang dibawakan sehingga variasi genre dalam satu pertunjukan pun sangat beragam.

2. ERA KOMEDI SKETSA 

Salah satu format komedi yang kini mulai terlupakan di Indonesia adalah komedi sketsa. Komedi sketsa ini sendiri memiliki format yang cukup unik. Pada dasarnya, komedi sketsa merupakan bentuk perpanjangan dari komedi dengan format grup, namun jokes yang keluar biasanya berbentuk one liner. 

One liner sendiri adalah sebuah joke yang singkat tanpa adanya eskalasi. Misalnya, kalian tentunya pernah menonton acara tv ‘SKETSA’. Komedi dalam acara TV tersebut merupakan bentuk dari komedi dengan menggunakan teknik one liner. Sebuah joke akan ditaruh di akhir setelah setup sudah terbentuk. Efek komedi yang diberikan adalah kita tidak akan menyangka dengan tingkah laku yang dilakukan oleh para komedian tersebut.

Selain itu, jokes komedi di era sketsa ini biasanya merupakan komedi yang sudah ada di dalam script. Namun, eksekusi komedian dalam memperkuat setup untuk menciptakan komedi yang sebenarnya ringan inilah yang menjadi tantangan. 

Meskipun menggunakan komedi ringan, nyatanya era komedi dengan format sketsa ini selalu sukses menghibur masyarakat Indonesia.

3. ERA STAND UP COMEDY

Dan format komedi yang kini menjadi populer di Indonesia adalah stand up comedy. Stand up comedy pada dasarnya adalah pertunjukan komedi tunggal yang di dalamnya seorang komika akan menarasikan suatu materi yang didasari oleh keresahan mereka, namun diselimuti dengan bumbu komedi.

Singkatnya, stand up comedy merupakan bentuk komedi yang paling jujur. Karena, materinya didasari oleh keresahan si komedian itu sendiri. Dan didasari oleh keresahan pribadi inilah yang akhirnya membuat stand up comedy menjadi salah satu format komedi yang dicintai oleh masyarakat Indonesia karena nyatanya keresahan yang diangkat oleh para komik seringkali relatable dengan apa yang mereka rasakan. 

Stand up comedy mulai dikenal di Indonesia pasca munculnya berbagai kompetisi stand up comedy di TV nasional. Selain itu, seorang komedian yang berasal dari stand up comedy pun dirasa sangat mudah beradaptasi dengan format komedi lain.

Mereka bisa memainkan komedi dalam bentuk grup, bisa juga menjalankan komedi skrip, dan bahkan mampu menciptakan situasi komedi tersendiri. Selain itu, genre jokes yang ditawarkan pun sangat beragam. Berbeda dengan format komedi grup ataupun sketsa yang seringkali dibatasi. Stand up comedy nyatanya sukses mendobrak batasan-batasan dalam komedi sehingga setiap harinya selalu ada batasan baru dalam komedi itu sendiri. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Radhytia Rizal Yusuf

Mahasiswa semester akhir yang hobi menonton anime dan memiliki ketertarikan dalam berbagai budaya populer seperti, anime, J-pop, K-Pop