In Depth

KENAPA SIH KITA MERASA GELI KALAU MENDENGAR SUARA SENDIRI?

Suka ngerasa geli atau bahkan jijik dengar suara sendiri? Ternyata ada alasan ilmiah di balik ini. Baca selengkapnya di sini, Civs!

title

FROYONION.COMAda satu hal yang bikin lo geli bahkan jijik di dunia ini. Yap! mendengarkan suara sendiri. Kedengarannya memang aneh, tapi gue yakin lo sering ngerasa awkward ngedengerin suara lo yang terekam saat melakukan voice note di WhatsApp atau ketika lo bikin video ucapan ulang tahun–spesial untuk sang kekasih.

Sensasi mendengarkan seolah suara orang lain yang begitu cempreng atau terdengar sumbang adalah perasaan pertama yang bakal lo rasakan ketika mendengar suara lo sendiri. Padahal, sebelumnya lo pede banget dan yakin kalau suara lo merdu, apalagi ketika lo tengah asyik konser di kamar mandi atau saat lo berbicara dan menganggap suara lo itu bagus-bagus aja, eh tapi saat direkam, semuanya berubah total!

Kenapa ya hal ini bisa terjadi? Jangan-jangan cuma perasaan lo aja yang ngerasa suaranya berubah, Civs?

Ditinjau dari sudut pandang sains, ternyata suara yang mayoritas lo dengar dari mulut adalah suara yang dihantarkan langsung dengan udara menuju telinga. Ada frekuensi yang berbeda saat suara yang keluar dari mulut kemudian ditangkap oleh telinga  berupa frekuensi rendah, sehingga lo berpikir suara lo agak lebih nge-bass.

Sedangkan ketika suara lo direkam atau masuk melalui mikrofon, frekuensinya sebenarnya kurang lebih sama, tapi yang membedakan adalah adanya kecenderungan untuk berekspektasi suara lo bakal lebih bagus, sehingga lo menganggap suara lo terdengar merdu.

Namun, kayaknya kalau lo pakai mikrofon yang dibalut emas 18 karat senilai RP 80 juta milik penyanyi Syahrini, suara lo bakal tambah merdu, atau malah sama aja nih, Civs?

BACA JUGA: DENGERIN LAGU SEDIH TERNYATA BIKIN LO SENENG

Soal fenomena ini, gue jadi penasaran untuk membuktikan secara nyata, seperti apa sih suara asli kita sebagaimana orang lain dengar? Anyway, gue nemu video penjelasannya yang dibahas langsung sama Indra Aziz, pelatih vokal yang sukses ngelatih penyanyi kayak Afgan, Raisa, Rossa, Ari Lasso dan Agnez Mo.

Dalam video tersebut, dijelaskan kalau lo bisa memastikan suara lo itu terdengar seperti apa dengan cara menempelkan sisi samping kedua telapak tangan, kemudian lo bisa langsung mengucapkan beberapa kata dan coba deh perhatikan. Apakah suara lo tampak merdu sesuai dengan ekspektasi atau malah jadi cempreng? Dan itu lah bagaimana suara lo terdengar di telinga orang-orang.

“Saat orang-orang denger suara kita dan saat suara kita direkam entah itu di handphone atau video tentang diri kita. Gitu, kata orang-orang suara kita gitu, emang suara kita itu kayak gitu. Hal ini juga enggak terjadi sama kamu doang, lho! Semua penyanyi juga ngerasa kayak gini,” kata Indra Aziz dalam kanal YouTube VokalPlus miliknya.

Mas Indra, sapaan Indra Aziz, kali ini juga bakal ngasih tips supaya lo bisa pede dengan suara lo, dan bisa mencintai suara lo sendiri. Simak beberapa poin di bawah ini!

1. Sering merekam suara sendiri

Mas Indra bilang kalau cara pertama ini maksudnya adalah bukan berarti lo narsis atau harus memamerkan suara lo bak penyanyi. Namun, poin pentingnya adalah membiasakan untuk mendengarkan suara lo sendiri seorisinal mungkin. No effect apalagi no filter ya, hahaha! Jadi, dengan merekam suara sendiri, lo tambah yakin bahwa suara asli lo ya kayak gitu. Soal penyanyi yang suaranya terkenal merdu, Mas Indra juga berkomentar kalau suara bagus bisa didapatkan dengan latihan dan teknik khusus, Civs!

2. Mencintai suara sendiri

Seperti yang udah gue bilang sebelumnya, menurut Mas Indra, mencintai suara sendiri itu jadi poin utama terkait bagaimana lo bisa menerima dan mencintai suara lo sendiri. Sebab, banyak orang di luar sana yang menganggap suara penyanyi itu bagus dan merdu banget, padahal kita juga enggak tahu bagaimana perjuangan mereka dalam berlatih dan lo juga harus meyakini setiap orang punya keunikan suaranya sendiri. Jadi, jangan minder ya!

3. Jangan insecure always love yourself!

Kebiasaan membandingkan kelebihan orang lain dengan diri lo alias insecure juga patut dijauhkan. Mas Indra sebut hal ini berkali-kali karena gimana mau bisa percaya diri dengan suara sendiri, tapi masih hobi ngebandingin diri dengan orang lain yang lo pikir punya kemampuan di atas rata-rata! Kemudian, satu hal yang juga lo harus lakukan adalah mencintai diri alias love yourself, Civs!

Intinya, Civs. Lo enggak perlu khawatir tentang suara lo itu merdu atau cempreng. Semua ini adalah anugerah dari Sang Pencipta yang harus disyukuri. Kalau ternyata suara lo merdu ya bersyukur, kalau biasa aja alias cempreng ya enggak apa-apa. Karena yang paling diwaspadai bukan suara lo yang kayaknya terdengar cempreng, tapi bagaimana lo bisa meminimalisir untuk ngebandingin diri dengan orang lain. Always love yourself, ya!

Lo punya hal menggelikan lainnya, Civs? (*/)

BACA JUGA: SAINS JELASKAN KENAPA KONSER MUSIK OFFLINE TETAP TAK TERGANTIKAN

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Lukman Hakim

Penulis lepas yang menuangkan ide secara bebas tapi tetap berasas