In Depth

KENAPA IBU-IBU SUKA NGE-GAS SAMA ANAK SENDIRI??

Ibu-ibu emang dikenal punya segudang kemampuan. Dari bisa masak sambil ngurus anak, kerja sambil ngurus suami, sampe bisa bersikap baik ke anak orang tapi galak bener sama anak sendiri. Hebat kan bisa berubah-ubah. Ultramen aja kalah!

title

FROYONION.COM - Bertepatan sama Hari Ibu Nasional hari ini (22/12), gue jadi pengen flashback ke momen-momen seru sama emak.

Seorang emak, nggak bisa dipungkiri, pasti pengen yang terbaik deh buat anaknya. Dari kecil pasti beliau kasih susu terbaik, perawatan terbaik, sampe kita udah segede gaban begini pasti dia juga masih pengen kasih yang terbaik.

Nah, karena inilah kadang-kadang emak-emak suka keliatan agak nge-gas sama anaknya sendiri.

Yah misal, ada momen dimana gue dimarahin di sekolah karena telat ngumpulin tugas. Eh, tapi waktu temen gue lewat, emak gue bisa merubah raut wajahnya jadi ramah banget dan nanya, “Haloo, temennya anak saya yaa? Gimana anak saya kalo di kelas?” katanya sambil senyum manis.

Gue yang di sampingnya jelas terkejut abang terheran-heran dong???

Perasaan satu menit lalu emak gue masih darah tinggi ngomelin gue. Lah, sedetik kemudian berubah jadi manis banget perkataannya kayak cowok waktu PDKT-in cewek (cielah).

Disclaimer, nggak semua emak-emak di Indonesia kayak gini ya. Ada yang punya sistem parenting sendiri dan nggak pernah bentak anaknya sama sekali kok. 

Tapi, lo sendiri pernah nggak ngalamin hal serupa? Kalo iya, berarti sudah sepatutnya kita bersyukur

Hah? Kenapa malah bersyukur??

Tinggal jauh dari orang tua selama bertahun-tahun kadang bikin gue kangen sama omelan emak gue. Rasanya hampa aja udah nggak sering dengerin ocehan beliau yang kadang bikin telinga kita pengak.

Tapi, ada loh orang-orang di luar sana yang mendambakan diomelin sama emaknya. Mungkin mereka yang terlalu jauh dengan orang tuanya, atau mungkin yang belum pernah merasakan punya ibu sama sekali. 

Kenapa gue bisa bilang gini? Karena temen deket gue sendiri bilang, “Lo tuh masih beruntung bisa diomelin emak lo. Gue pengen loh digituin. Sayangnya, emak gue ninggalin gue dari kecil, hehe.

Waktu gue dengerin perkataan itu, gue jadi merenung lagi. Dan ternyata, bener juga. 

Mungkin, hidup yang kita jalani saat ini adalah mimpi bagi orang lain. 

Jadi, kalo suatu saat emak lo ngomelin lo, sudut pandang ini mungkin malah bisa bikin lo makin sayang sama beliau. 

Jawaban dari judul artikel ini nggak lain dan nggak bukan adalah karena beliau sayang sama kita. 

Mereka juga manusia yang bisa salah. Cara mereka mendidik kita mungkin banyak bopengnya dan nggak sempurna. Tapi, mungkin itu semua karena mereka sendiri nggak tahu cara lain buat ngedidik anaknya. 

Toh, walaupun suka nge-gas, masih ada segudang kebaikan yang beliau lakukan buat kita, kan? 

Jadi, selamat Hari Ibu buat semua emak di luar sana. 

Walaupun kalian suka nge-gas, tapi kita tetep lop yu so much!

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Grace Angel

Sehari-hari menulis dan mengajukan pertanyaan random ke orang-orang. Di akhir pekan sibuk menyelami seni tarik suara dan keliling Jakarta.