In Depth

INI DIA BEBERAPA ALTERNATIF YANG BISA DICOBA JIKA KAMU BELUM MAU KE PSIKOLOG

Ingat, pilihan alternatif berikut hanya untuk gejala ringan. Segera konsultasikan ke psikolog jika kondisi kamu serius.

title

FROYONION.COM - Konsultasi psikologis merupakan pilihan yang tepat untuk menangani masalah kejiwaan. Layanan ini dapat membantu kamu pulih dari trauma masa kecil, mengurai beban batin yang bersarang di hati, dan mempersiapkan diri menghadapi stres dengan lebih baik. Solusi yang tersedia juga telah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.

"Seseorang harus melalui program pendidikan dan pelatihan profesional yang panjang untuk menjadi seorang terapis," jelas psikolog Mary Grace Orquiza dilansir dari laman VICE Indonesia. “Sementara itu, terapi dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip psikologis ilmiah dan berbasis penelitian untuk membantu meringankan penderitaan seseorang.”

Sayangnya, konsultasi dengan psikolog atau psikiater di rumah sakit relatif mahal. Biaya terapi di Jakarta misalnya, berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 605.000 per sesi. 

Tinggal di kota dengan biaya hidup yang tinggi dan upah minimum Rp 4,6 juta, cukup berat mengeluarkan uang sekitar satu juta untuk merawat kesehatan jiwa. Kamu menyadari bahwa membutuhkan bantuan profesional, tetapi kamu terpaksa mengurungkan niat karena kendala keuangan.

BACA JUGA: BINGUNG MAU PERGI KE PSIKOLOG APA NGGA? COBA DEH BACA INI

Selain itu, menemukan psikiater yang kompeten itu sulit dan tidak mudah. Kesehatan mental telah menjadi masalah serius dalam beberapa tahun terakhir, namun menurut data terbaru dari Ikatan Psikiater Indonesia, saat ini mereka hanya memiliki 1.221 psikiater di seluruh negeri. 

Jumlah ini tentu tidak cukup untuk sebuah negara dengan jumlah penduduk lebih dari 270 juta jiwa. Selain itu, masih ada dokter yang kolot dan suka menghakimi ketika menghadapi konflik batin pasien. Tidak jarang kita mendengar cerita orang yang tidak puas dengan pelayanan kejiwaan di Indonesia.

Untungnya, kini sudah ada pilihan yang bisa dijadikan sebagai terapi alternatif. Namun perlu diingat, opsi tersebut hanya untuk gejala ringan. Kondisi kejiwaan yang serius hanya dapat ditangani oleh praktisi berlisensi.

Terapi terkadang hanya merupakan pilihan dan bukan keharusan dalam situasi tertentu. Misalnya saat kamu harus mengambil keputusan, membutuhkan bimbingan, atau menghadapi masalah yang belum terselesaikan.

Orquiza menjelaskan, setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam menghadapi masalah hidup dan ada kalanya masalah tersebut dapat diselesaikan hanya dengan meminta saran dari orang lain. Di saat-saat seperti ini, jasa life coach sangat membantu.

"Life coach mungkin bukan profesional berlisensi seperti psikolog, psikiater, dan konselor, tetapi mereka memiliki peran mereka sendiri," kata Orquiza, menambahkan bahwa life coach dapat membantu seseorang meningkatkan kualitas hubungan, harga diri, dan peluang karier.

Life coach akan menemukan solusi yang tepat untukmu setelah mereka mendapatkan informasi yang cukup tentang masalah yang kamu miliki. Apakah kamu mengalami masalah di tempat kerja? Atau apakah kamu kesulitan menghilangkan kebiasaan menunda-nunda? Life coach dapat membimbing kamu ke arah yang lebih baik.

Terapis umumnya menyarankan pasien untuk bermeditasi atau melakukan latihan pernapasan untuk menenangkan pikiran. Kamu harus pandai mengelola emosi agar kondisi mental tetap stabil.

“Meditasi dapat mengatur respons fisiologis tubuh sehingga pikiranmu menjadi lebih jernih saat rileks,” jelas Orquiza. “Selain itu, melalui meditasi kamu juga lebih menyadari apa yang terjadi pada dirimu sendiri. Kamu dapat berefleksi untuk memahami diri sendiri dan mengurangi perasaan terancam.”

Sudah tersedia aplikasi yang menawarkan panduan meditasi yang bisa dilakukan secara gratis di rumah. Saat kamu mulai merasa gelisah, kamu bisa memanfaatkan fitur latihan pernapasan untuk menenangkan diri. Coba unduh Headspace atau aplikasi serupa yang memiliki metode meditasi yang terbukti secara ilmiah.

Kita bisa menjaga pikiran tetap positif ketika tubuh kita cukup istirahat dan selalu terhidrasi.

“Merawat diri sendiri sangat penting untuk kesehatan mental,” kata Orquiza. Menurutnya, kita bisa menjaga kewarasan dengan menyeimbangkan waktu istirahat dan bekerja.

Kita harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan, tetapi kita berisiko mengalami kelelahan dan stres jika kita mengabaikan kebutuhan lain. Penting bagi kita untuk mengetahui kapan waktunya istirahat dan bersenang-senang.

Hingga saat ini, Indonesia belum memiliki hotline yang khusus menangani masalah kejiwaan. KamU sebenarnya bisa menghubungi Halo Kemenkes 1500-567, tapi itu bukan hanya untuk melayani kesehatan mental. Terkadang nomornya juga susah dihubungi karena sibuk. 

Untungnya sekarang sudah ada konsultasi online dengan harga yang lebih terjangkau, dan kamu bisa langsung chat dengan dokter melalui aplikasi. 

Namun, kamu harus tetap waspada saat menggunakan jasa konsultasi murah, karena kamu tidak bisa memastikan bahwa orang yang kamu ajak bicara benar-benar psikolog yang memiliki izin praktik atau dokter palsu.

Jika ingin lebih yakin, kamu bisa mengunjungi website lembaga yang peduli dengan masalah kesehatan jiwa di Indonesia. Into the Light telah menyediakan informasi layanan konseling terpercaya yang bisa kamu hubungi. Ada pula Yayasan Pulih yang memberikan tips mengelola emosi.

BPJS sekarang sudah menanggung perawatan kejiwaan dan kamu bisa mengunjungi puskesmas terdekat untuk berobat soal kondisi psikis. (*/) (Photo credit: Shvets Production)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Maharani Safitri

Pengusaha kos-kosan 20 pintu.