In Depth

EMANG IYA ORANG KIDAL LEBIH PINTAR?

Ada beberapa orang yang bilang kalo orang kidal itu lebih kreatif, lebih pintar, dan lebih mudah untuk belajar hal baru. Emang beneran begitu?

title

FROYONION.COM - Kalian pernah dengar mitos bahwa orang kidal lebih pintar dan kreatif dibandingkan dengan orang yang tangan kanannya lebih dominan?

Sebenarnya, mitos tersebut memiliki beberapa dasar penelitian yang menunjukkan bahwa orang kidal memang memiliki kelebihan dalam kemampuan verbal dan spasial.

Ini ditunjukkan oleh penelitian kalo orang kidal memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan orang dengan tangan kanan dominan. Salah satu penelitian yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh University of Toledo di Amerika Serikat.

Dalam penelitian tersebut, mereka menemukan orang kidal memiliki kemampuan verbal dan spasial yang lebih baik dibandingkan orang yang tangan kanannya lebih dominan.

Peneliti lain dari Fujita Health University di Jepang melakukan riset terhadap 2.300 siswa kidal dan kanan. Usianya 6 sampai 17 tahun. Riset ini dilakukan di Italia untuk melihat bedanya mereka dalam mata pelajaran matematika.

Meski tidak ada perbedaan yang menonjol, siswa kidal memiliki keunggulan signifikan pada penyelesaian masalah yang lebih sulit, seperti mengasosiasikan fungsi matematika ke sekumpulan data.

PUNYA OTAK YANG LEBIH ‘FLEKSIBEL’

Tapi kenapa bisa begitu ya? Nah, ada beberapa teori yang bisa menjelaskan fenomena ini. Salah satu teori adalah kalo orang kidal memiliki otak yang lebih 'fleksibel' dibandingkan orang yang tangan kanannya lebih dominan.

Hal ini karena pada orang kidal, kedua sisi otaknya bekerja sama dalam melakukan tugas-tugas tertentu, sementara pada orang yang tangan kanannya lebih dominan, hanya satu sisi otak yang lebih aktif.

Selain itu, ada juga teori yang mengatakan kalo orang kidal lebih terlatih dalam menghadapi perubahan dan tantangan. Karena mereka harus selalu beradaptasi dengan dunia yang didesain untuk orang yang tangan kanan. 

Akibatnya, otak mereka terbiasa untuk berpikir secara lebih fleksibel dan kreatif dalam menyelesaikan masalah.

PERCAYA NGGAK PERCAYA KALO ORANG KIDAL LEBIH PINTAR

Beberapa pertanyaan disampaikan kepada anak muda, soal mitos orang kidal lebih pintar. Mereka pun menjawab tanpa ragu sesuai pandangan masing-masing. Apa kata mereka?

Salah satunya Krisna (25 Tahun) calon dokter yang kini sedang Koas di salah satu rumah sakit swasta, dia nggak percaya kalo orang kidal lebih pintar dibanding dengan orang dominan kanan. Menurutnya ada faktor tertentu yang bisa mempengaruhi.

"Menurut gua sih, gak bisa dibilang gitu aja. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kemampuan seseorang. Mungkin iya ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa orang kidal memiliki kemampuan lebih baik, tapi itu gak bisa jadi patokan yang mutlak sih,” ucapnya saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Sabtu (25/3/2023)

Kata Krisna, nggak ada hubungannya antara kidal atau tangan kanan dengan kecerdasan atau kreatif seseorang. Kecerdasan dan kreativitas seseorang lebih dipengaruhi faktor-faktor lain seperti lingkungan, pendidikan, genetik, dan sebagainya.

Berbeda dengan Krisna. Mutiara (26 Tahun) setuju kalo orang kidal lebih pintar dan kreatif. Menurutnya orang kidal memiliki kelebihan dalam kemampuan berbicara, membaca, menulis, dan juga kemampuan memvisualisasikan objek dalam ruang tiga dimensi.

“Ada kok penelitiannya. Kalau nggak salah orang kidal itu terpaksa adaptasi dengan lingkungan orang tangan kanan, makanya bisa lebih kreatif,” jelasnya.

Tapi, kata Mutiara, nggak semua orang kidal itu pintar dan kreatif secara otomatis. karena setiap orang itu unik dan punya kemampuan serta kelemahan masing-masing.

“Yang pasti, kita bisa memaksimalkan potensi yang kita punya, apapun tangan yang lebih dominan kita pakai,” katanya.

Wawancara ini berlanjut ke salah seorang penggiat sosial. Kebetulan ia dominan tangan kiri. Sebut aja Yolan (27 tahun). Sebagai orang kidal, ia merasa bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang didominasi orang otak kanan dengan cukup baik.

“Kita sering ngalamin situasi di mana kita harus pakai alat tulis atau peralatan lain yang dirancang khusus untuk orang tangan kanan, dan awalnya gua ngerasa sulit. Tapi, seiring berjalannya waktu, otak otomatis menyesuaikan sih,” katanya.

Nggak jarang, Ia harus mengembangkan cara-cara sendiri untuk bisa memakai peralatan tersebut dengan lebih efektif. “Misalnya, gua biasanya menempatkan kertas dalam posisi tertentu biar tulisan gua lebih rapi, atau mutar buku catatan agar tulisan gua nggak keliatan miring,” jelasnya sambil tertawa.

Ia bilang awalnya ngerasa kalo kegiatan tersebut butuh usaha lebih, tapi sebagai orang kidal, mau tak mau harus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada.

Nah, bukan berarti kalo semua orang kidal pasti lebih pintar dari orang yang tangan kanannya lebih dominan ya. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan yang terpenting adalah bagaimana kalian mengembangkan potensi yang dimiliki.

Jadi, buat kalian yang kidal atau tangan kanan, terus berkembang dan jangan berhenti belajar! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Abdurrahman Rabbani

Cuma buruh tinta yang banyak cita-cita.