In Depth

BELAJAR NILAI KEHIDUPAN MELALUI BAK TRUK

Kita tau terkadang hidup kita ini memerlukan motivasi dari luar agar kita bisa lebih semangat dan produktif. Nah Civs, ada salah satu cara yang unik untuk memperoleh motivasi, dan ini patut teman-teman coba. Simak tulisan ini untuk mengetahui lebih lanjut, Civs.

title

FROYONION.COM - Akehono anggene nyukuri nikmat, supoyo lali carane sambat” (perbanyak syukuri nikmat, supaya lupa caranya mengeluh) ini adalah cuplikan kata mutiara dari motivator andal, bukan Merry Riana, juga bukan Mario Teguh, melainkan kata-kata mutiara dari bak truk. 

Civillions pasti pernah berada di titik paling malas, atau mungkin merasa galau karena ditinggal mantan pas lagi sayang-sayangnya. Mungkin banyak di antara kita yang bisa bangkit dari keterpurukan itu hanya dengan menunggu waktu, atau mungkin atas gebrakan diri kita sendiri. 

Namun, tak sedikit pula di antara mereka yang bisa bangkit setelah mendengar atau melihat motivasi dari pihak lain. Nah terkadang kita memerlukan biaya yang mahal untuk bisa mengikuti seminar-seminar motivasi yang bisa benar-benar mengena dan bisa mengubah cara pandang kita terhadap sesuatu. 

Sumber: Iqra

Namun, tak sedikit pula, motivator yang tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melihatnya. Seperti melihat video motivasi melalui YouTube, dimotivasi oleh orang terdekat atau bahkan yang unik termotivasi gara-gara baca kata mutiara di bak truk. 

Ini adalah cara unik untuk memperoleh motivasi. Kalau Civs memperhatikan, di bak truk bagian belakang biasanya ada kata-kata mutiara. Bisa di pojok kanan, atau kiri, ada juga yang secara penuh menutupi bagian belakang. 

Tak jarang kata-kata ini mengena dan bisa memotivasi kita, bahkan mengubah cara pandang hidup kita. Walau tak selalu, tapi gue kira ini adalah cara yang patut dicoba untuk menghilangkan gundah hati, Civs. Terlebih cara ini unik dan berbeda dari biasanya. Siapa tau bisa memotivasi teman-teman.  

1. BIAYA MURAH

Kita tau bahwa kegiatan seminar motivasi memerlukan biaya yang banyak untuk mengikutinya. Hal ini menjadikan kita malas untuk mengikuti, alih-alih ikut seminar, justru kita semakin tenggelam dalam kegundahan kita. Nah, tidak seperti kegiatan seminar motivasi pada umumnya, kita tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk memperoleh motivasi dari bak truk. 

Hampir di setiap jalan kita bisa menemuinya. Setiap kali kita berhenti di rambu lampu merah, kita bisa dengan mudah menemuinya. Ketika ada truk yang berhenti di depan kita, kita bisa langsung mendapatkan motivasi. Memang kita tidak selalu beruntung, namun hal ini lebih mudah dilakukan dan biayanya pun cukup murah. Ketika kita berpergian, bisa saja dengan tidak sengaja kita menemuinya. 

2. CARA UNIK DAN BEDA

Memang benar melihat motivasi melalui kanal Youtube juga terbilang murah, cukup modal paket data ataupun wifi numpang pun sudah bisa. Namun, cara ini lebih unik dan berbeda dari yang lainnya. Terkadang cara yang unik lebih mengena dan memiliki kesan sendiri. Alhasil teman-teman bisa langsung termotivasi. 

Sumber: Dream

3. MENGANDUNG NILAI-NILAI POSITIF 

Kenapa kata mutiara di bak dikatakan bisa memotivasi teman-teman, karena memang tulisannya sering kali memuat nilai-nilai kehidupan. Hal ini bisa jadi karena pengendara truk memiliki jam kerja yang tinggi, dan bahkan jarang pulang. Hal inilah yang melandasi truk-truk seringkali diberi kata-kata mutiara untuk menyemangati supir dan bahkan pengguna jalan lainnya. 

Selain itu, jam terbang yang tinggi membuat mereka merasakan asam garam jalanan, alhasil hal ini membuat mereka jauh lebih berpengalaman atas beratnya kehidupan. Bisa jadi kata-kata mutiara itu juga merupakan hasil pengalaman mereka. 

“Juara sejati orang yang mampu mengalahkan diri sendiri.”

Kata-kata tersebut memuat arti bahwa dengan mengalahkan ego, kemalasan diri, maka bisa menjadikan kita kuat dan sukses. Seperti yang dialami oleh para sopir, mereka mengalahkan ego diri untuk bekerja di jalan, jarang pulang dan menemui keluarga, ini ditujukan untuk kesuksesannya dalam meraih mimpi, bisa jadi membahagiakan diri sendiri, atau bahkan membahagiakan keluarga. 

4. SERING MENAMPAR

Banyak kata mutiara yang dimuat adalah kata-kata ajakan yang bijak. Namun tak sedikit pula kata-kata yang bisa menampar kita. Dalam artian membuat kita tersadar dan kembali merenungi. Contohnya seperti, gua pernah liat, kata-kata mutiaranya “hidup itu tidak berat, kamunya aja yang lembek”. 

Kata-kata ini memang menohok, namun ada benarnya, dari sini membuat kita berpikir bahwa kalau kita ingin kuat menjalani kehidupan, maka kita harus kuat dan jangan lembek, dengan lembek maka kita tidak bisa menghadapi kenyataan. Dan justru kata-kata yang menampar seperti itu sering kali lebih mengena dan masuk ke sanubari kita.

5. MENDORONG BERKONTEMPLASI

Berkendara jauh membuat kita lelah dan jenuh, sering kali dengan berkendara bisa membuat kita melamun atau bahkan kalau beruntung bisa membuat kita merenungi sesuatu. Hal ini berlaku pula ketika kita sehabis membaca kata mutiara di bak truk. Karena perjalanan panjang dan kita habis membaca kata mutiara, membuat kita merenung dan bahkan bisa mengubah cara pikir kita. Maka kenapa cara ini adalah cara yang ampuh untuk memotivasi diri. 

Civillions yang sedang butuh motivasi, atau sedang galau bisa nih  dicoba, dari pada galau kemudian naik motor seperti alap-alap, mending naik motor untuk cari truk, siapa tau dapat kata-kata motivasi yang bagus, dan entah mengapa gara-gara ini, menjadikan gua tertarik untuk mencari kata-kata yang ada di bak truk, di lain sisi memang kata-katanya sering kali menarik, dan juga untuk mencari motivasi diri. Namun ingat, walaupun seperti itu harus tetap fokus, dan jangan sampai melamun atau bahkan membahayakan diri dan pengguna jalan lainnya. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Muhamad Asad

Warga biasa yang selalu out of the box dan suka nyeni