In Depth

APAKAH KOLEKSI BATU KRISTAL BISA NYELESAIN MASALAH HIDUP?

Banyak orang percaya bahwa mengoleksi batu kristal adalah sebuah bentuk manifesting. Tapi bener ngga sih cuma batu aja bisa wujudin keinginan kita?

title

FROYONION.COM - Belakangan ini sering banget seliweran di FYP tentang manifesting dengan cara mengoleksi batu kristal. Dengan hashtag #crystaltok, kebanyakan dari video itu memamerkan batu warna-warni yang katanya punya banyak manfaat, salah satunya yaitu menghilangkan energi negatif.

Tren ini mungkin disebabkan oleh tingginya keresahan terhadap situasi dunia yang rumit dan serba tidak pasti selama beberapa tahun terakhir. Setelah menghadapi pandemi, muncul berita bahwa tahun depan kita akan dihadapkan dengan resesi ekonomi yang akhirnya mendorong keinginan untuk mencari ketenangan melalui pendekatan spiritual.

Sebagian besar video dengan hashtag #crystaltok menyebutkan bahwa mengoleksi batu ini dapat mendatangkan energi positif, seperti keinginan yang mudah terwujud. Klaim itu memang terdengar tidak masuk akal, tetapi ada yang lebih mengkhawatirkan lagi yaitu mulai banyak yang mengaitkan batu kristal dengan mental health. Efek positif yang dirasakan dari batu ini kemungkinan hanyalah sugesti.

Yang menjadi persoalan selanjutnya ialah maraknya penjualan batu kristal palsu. Sebagai orang awam, tentu kita akan mengalami kesulitan dalam membedakan mana batu kristal asli dan mana batu kristal palsu yang biasanya terbuat dari resin atau plastik. Namun, hal ini sepertinya sudah disadari oleh para kolektor di TikTok karena mulai bermunculan video mengenai tips dan trik dalam menentukan batu kristal asli dan beberapa rekomendasi tempat untuk membeli batu kristal.

Tahun lalu, Courtney Violetta melalui akun YouTube-nya mengunggah sebuah video tentang pengalamannya mengoleksi batu kristal. Menurutnya, tren spiritualitas itu terlalu mementingkan materi. Ia mulai sadar bahwa kebanyakan orang sebenarnya membutuhkan bantuan profesional dibanding membeli batu kristal. Namun, mereka mengesampingkan fakta itu dengan memilih  pengobatan alternatif. Violetta mengaku bahwa ia masih percaya dengan pancaran energi positif dari batu tersebut, tapi tidak untuk menyelesaikan masalah hidup gitu aja.

Kalau pengen segala keinginan mudah terwujud, satu-satunya cara yang bisa lo lakuin ya berusaha. bukan malah ngoleksi batu kristal, Civs. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Maharani Safitri

Pengusaha kos-kosan 20 pintu.