Design

ULIK INSPIRASI DESAIN WARNA-WARNI DARI ALBUM K-POP

Bosan memantau media sosial dari kompetitor atau scroll Pinterest untuk mendapatkan referensi desain yang keren dan hidup? Sesekali kita cari inspirasi dari warna-warni cover album K-Pop untuk memperkaya ide-ide cemerlangmu, yuk!

title

FROYONION.COM – Mencari inspirasi desain yang sedang tren saat ini sebenarnya memang cukup mudah namun juga ‘menantang’, apalagi kalau kamu tipikal desainer grafis yang idealis dan terkesan ingin menciptakan identitas yang berbeda dengan yang lainnya.

Ada sebagian orang mencari inspirasi desain dari akun-akun media sosial kompetitor, alih-alih ingin mendapatkan ciri khas yang mungkin bisa sedikit ditiru. Tidak jarang juga bolak-balik halaman Pinterest ataupun website referensi desain lainnya di Google.

BACA JUGA: DI BALIK KEUNIKAN LOGO DAN DESAIN ALBUM (G)I-DLE

Kalau kamu merasa ‘bosan’ dengan tren media sosial yang cenderung monoton, tidak ada salahnya jika kita sedikit menoleh ke beberapa referensi desain yang fresh dari idol K-Pop yang pernah merilis album dengan penuh warna seperti berikut ini:

1. NCT Dream – Hot Sauce

Image

Apabila kamu suka dengan desain yang bernuansa kartun dengan warna terang dan berani, kamu bisa mengulik desain album dari NCT Dream “Hot Sauce” berikut ini. Ilustrasi album ini memperlihatkan sebuah karakter dengan bentuk botol saus yang memiliki wajah, sepasang tangan dan kaki. Latar belakang tempatnya digambarkan seperti sebuah padang pasir yang ditumbuhi banyak pohon Kaktus.

Album Hot Sauce dari NCT Dream ini memadukan beberapa warna yang kuat dengan dominan merah dan hijau. Warna-warna seperti ini cocok diaplikasikan pada desain yang ingin menonjolkan kesan semangat dan antusias di dalamnya.

2. Red Velvet – ReVe Festival Finale

The ReVe Festival' Finale (Versión Finale) – DOOLSET

Sedang mencari desain yang cocok dengan konsep festival? Mungkin desain cover album girlgroup Red Velvet ini bisa menjadi salah satu referensi desain warna-warni yang sedang kamu butuhkan. Cover album tersebut menyuguhkan komposisi warna yang lebih ‘adem’ dengan menonjolkan warna hijau sebagai latarnya.

Album Reve Festival Finale ini menggambarkan situasi dunia imajinasi yang penuh dengan misteri dan kejutan. Kamu bisa menggunakan konsep desain seperti ini untuk poster acara yang syarat akan petualangan dan hiburan, seperti pameran istana boneka ataupun pasar malam.

3. SNSD – FOREVER1

Girls Generation Alias SNSD Ultah ke 15 Rilis Album 'Forever 1'

Masih butuh referensi desain dengan konsep festival? Tenang, ada lagi nih dari albumnya SNSD “Forever 1” yang penuh warna dengan ciri khas perpaduan warna neon layaknya lampu-lampu pasar malam yang meriah. Di dalam desain tersebut terlihat beberapa macam objek seperti taksi, balon-balon, tenda warna-warni, pemutar piringan vinil, es krim, dan beberaepa makanan lainnya.

4. Oh My Girl – Nonstop

Girlgroup Oh My Girl juga dikenal memiliki berbagai desain album yang menarik, salah satunya adalah album yang bertajuk “Nonstop” ini. Konsep permainan seperti dadu, kartu, dan papan catur ditampilkan pada cover album yang dirilis pada tahun 2020 lalu tersebut.

Memiliki konsep album yang ceria dan penuh harapan, desain ini sangat cocok untuk menggambarkan nostalgia masa kecil yang seru dan menyenangkan. Warna kuning dan hijau pada papan catur memberikan makna suasana bahagia sekaligus antusias yang sangat besar untuk menyambut suatu kegiatan.

BACA JUGA: DI BALIK KEUNIKAN LOGO DAN DESAIN ALBUM (G)I-DLE

5. SEVENTEEN – Heng:garae

SEVENTEEN 7TH MINI ALBUM - HENG:GARAE – SubK Shop

Jika tiga album sebelumnya mengusung tema kartun dan permainan, di album SEVENTEEN “Heng:garae” ini menerapkan desain vektor dengan konsep olahraga dan alam. Warna yang dipadukan pun beragam, mulai dari biru, oranye, hijau, kuning dan putih. Suasana yang tergambar seolah membawa kita pada ketenangan hidup dengan berbagai latar belakangan cerita.

Konsep vektor seperti ini sudah cukup umum ditemui pada berbagai penerapan seni, seperti desain pada cover buku, poster, dan juga animasi.

6. TWICE – What Is Love?

Image

TWICE (트와이스) 5TH MINI ALBUM - [WHAT IS LOVE?] – EVE PINK K-POP

TWICE dikenal dengan konsep-konsep musiknya yang sangat berwarna dan segar, begitu juga pada desain cover album mereka yang penuh warna dan ceria. Album “What is Love?” dari TWICE adalah satu dari sekian album yang menerapkan konsep imut dan cerah. 

Selain dari konsep lagu yang mereka suguhkan, desain cover album ini juga menarik perhatian dengan perpaduan warna pastel, yaitu ungu, kuning, dan hijau. Tidak begitu banyak ornamen yang ditambahkan pada desain tersebut, sehingga masih nyaman dilihat

Perpaduan warna yang soft dan foto real pict seperti pada konsep album TWICE “What is Love?” sering digunakan pada desain-desain kampanye produk seperti makanan, pakaian, dan kecantikan. Konsep ini banyak dipilih dengan tujuan agar produk yang ditampilkan dapat memberikan kesan hidup dan fokus.

7. IZ*ONE – HEART*IZ

Image

Konsep desain album dari girlgroup IZ*ONE yang satu ini mungkin sedikit berbeda dengan album-album lainnya yang sudah dibahas sebelumnya. Konsep bunga dan dedaunan layaknya Disney Princess sangat kental ditampilkan pada cover album “HEART*IZ” ini. Meskpun tidak begitu banyak kombinasi warna yang mencolok, namun kesan elegan dan manis mampu disampaikan dengan baik dengan visualisasi album yang cantik dan simple.

Itu dia beberapa referensi desain penuh warna dari beberapa grup idola K-Pop yang mungkin bisa dijadikan inspirasi untuk memperkaya ide-ide cemerlang dalam membuat konsep materi komunikasi visual yang baru. Kamu tertarik dengan konsep desain yang seperti apa, nih? Warna-warna pastel, kartun, festival, atau vektor? Jangan lupa share, yuk! (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Deby Priscilina

Pekerjaan utamanya bengong, nulis, repeat. Kadang ditaburi kadar kehaluan 0,01% di atasnya.