Design

MENERAPKAN WARNA HITAM PADA SEBAGIAN DINDING INTERIOR

Dengan trik khusus, sebagian dinding interior yang berwarna hitam bisa menciptakan kesan visual yang atraktif. Bagaimana triknya?

title

FROYONION.COM - Warna dinding menjadi salah satu bagian penting dari desain interior ruangan. Umumnya dinding rumah berwarna terang seperti putih. Padahal, dinding ini pun sebenarnya bisa juga berwarna hitam. 

Namun, orang umumnya memang menghindari mengaplikasikan warna gelap pada dinding interior. Sebabnya, menjadikan ruangan cenderung gelap. Bila ruangan gelap, tentunya memunculkan ketidaknyamanan. Hal ini memang benar adanya. 

Namun, dengan sedikit trik, dinding warna hitam sebenarnya bisa menciptakan kesan visual yang menarik. Selain itu, menjadikan interior tak terlihat terlalu umum. 

Selain bisa diterapkan di seluruh dinding interior, kita pun bisa juga mengaplikasikan warna hitam ke bagian dinding interior tertentu. Tulisan ini akan membahas bagian dinding apa saja yang bisa diaplikasikan warna hitam.  

BACA JUGA: JANGAN PAKAI 8 WARNA INI UNTUK KEPENTINGAN KOMERSIAL, ADA PEMILIKNYA!

Sebelum membahas trik menerapkan warna hitam pada sebagian dinding interior, perlu diketahui bahwa warna hitam tak cocok diterapkan di dinding rumah yang berukuran kecil. Tak cocok juga diterapkan di ruangan yang berjendela kecil. 

Warna dinding yang hitam pada rumah berukuran kecil menjadikan interior terasa lebih sempit. Sedangkan warna dinding yang hitam pada rumah berjendela kecil menjadikan interior menjadi lebih gelap.  Kita tentunya tak ingin merasakan dua hal tersebut.  

Kembali ke pembahasan sebelumnya. Bagian dinding interior apa saja yang sebenarnya cocok diaplikasikan warna hitam? Berikut bagian-bagian dinding tersebut. 

PERTAMA: DINDING DI BELAKANG TELEVISI

Dinding di belakang televisi sebenarnya cocok diaplikasikan warna gelap. Dengan mengaplikasikannya, menciptakan kesan visual tersendiri yang atraktif. Selain itu, tayangan televisi lebih terasa lebih mewah dan modern. 

Terlebih, bila layar televisi berukuran begitu besar dan televisi digantungkan pada dinding. Membantu juga pandangan kita untuk tetap fokus menyimak tayangan televisi. Nah, bila kamu senang menonton televisi dan menginginkan kesan visual interior ruangan tersendiri yang atraktif, tak ada salahnya melakukan trik pertama ini.  

KEDUA: DINDING DEKAT JENDELA DAN DINDING YANG DIPASANG JENDELA

Warna hitam pun cocok juga diaplikasikan pada dinding yang dekat dengan jendela dan dinding yang dipasang jendela. Saat tirai jendela dibuka siang hari, sinar matahari akan memasuki ke dalam rumah. 

Saat sinar matahari masuk ke dalam rumah, menerangi bagian rumah-rumah termasuk dinding yang berwarna hitam. Pada titik inilah, akan menciptakan kesan visual yang atraktif saat siang hari. Sebabnya, ada perpaduan bagian terang dengan bagian gelap di dalam interior ruangan. 

KETIGA: BAGIAN ATAS DINDING 

Perpaduan dinding gelap dengan cahaya lampu pun memunculkan kesan visual yang mewah di dalam interior rumah. Terlebih bila bentuk wadah lampu menarik. Misalnya, berbentuk floral atau bundar. 

Kita pun dapat mencoba menerapkanya. Aplikasikan warna hitam pada bagian atas dinding dengan jarak antara 10 hingga 20 sentimeter dihitung dari langit-langit dinding. Dengan adanya bagian dinding berwarna hitam pada bagian atas pun menegaskan batas yang jelas antara interior dengan langit-langit. Karenanya, memberikan kesan mewah dan menawan. Agar kesan visual lebih menarik, gunakan beberapa lampu yang lebih terang.  

KEEMPAT: AREA DINDING YANG DIGANTUNG FOTO ATAU LUKISAN

Apakah terdapat foto atau lukisan di ruangan? Bila ya, tak ada salahnya mengaplikasikan warna hitam sebagai warna background dinding. Terlebih bila foto atau lukisan berjumlah begitu banyak. Dengan trik ini, menjadikan foto atau lukisan menjadi lebih hidup. 

Selain itu, kita akan lebih fokus saat memandangnya. Warna hitam diaplikasikan pada dinding di belakang area yang digantung foto atau lukisan. Bisa berbentuk garis strip atau bentuk lainnya seperti bentuk oval atau lingkaran. Untuk menambahkan kesan dramatis, bisa memasang lampu tambahan berupa lampu dinding untuk menyinarinya.  

KELIMA: DINDING DI BELAKANG FURNITURE BERWARNA TERANG

Perpaduan dinding berwarna hitam dengan furniture berwarna terang pun menciptakan kesan visual yang menarik di dalam  interior ruangan. Perpaduan keduanya menghasilkan warna kontras atau gelap terang. Mata kita umumnya senang memandang warna kontras. Contoh prakteknya, umpamakan kamu menggunakan sofa berwarna abu-abu terang. 

Untuk memunculkan nuansa kontras, aplikasikan warna hitam pada dinding di belakang sofa. Contoh praktek lainnya, kita menggunakan tirai berwarna putih. Untuk memunculkan nuansa kontras, aplikasikan warna hitam pada dinding di belakangnya. 

KEENAM: BEBERAPA BAGIAN SISI DINDING RUANGAN

Seperti yang sudah disebutkan, kontras menciptakan kesan visual yang menarik. Mata kita umumnya nyaman memandangnya. Nuansa kontras pun bisa juga kita terapkan pada dinding. Dengan kata lain, kita padukan dinding berwarna hitam dengan dinding berwarna terang. 

Agar ruangan tak terlalu gelap, porsi warna hitam lebih sedikit dibandingkan warna terang. 

Contoh praktiknya, umpamakan ada ruangan yang luas setiap dinding sama. Kita dapat mengaplikasikan warna hitam kepada salah satu dinding tersebut. 

KETUJUH: DINDING INTERIOR TERLUAR

Warna gelap pun dapat juga diaplikasikan di dinding interior terluar. Menerapkan cara ini pun memberikan kesan mewah di dalam interior. 

Lalu, mengapa mengaplikasikan hitam pada dinding interior terluar memberikan kesan mewah di dalam interior? Sebabnya, menegaskan batasan interior rumah. 

Ada batasan ini memberikan ilusi bahwa kita sedang berada di rumah yang begitu besar. Menerapkan cara ini pun menciptakan nuansa kontras. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mata kita umumnya nyaman memandangnya. 

Itulah, trik mengaplikasikan warna hitam pada dinding interior ruangan. Saat memilih warna untuk dinding interior, kita sebenarnya tak perlu takut dengan warna hitam. 

Kita sebenarnya bisa berkreasi dengan dinding warna hitam untuk menciptakan kesan visual yang menarik di dalam interior ruangan. 

Tertarikkah mencobanya? Bila ya, selamat mencoba. (*/)

  • whatsapp
  • twitter
  • facebook
  • remix
Penulis

Rahadian

Sarjana hubungan internasional yang kecanduan menulis artikel dan berbisnis kreatif.